Pengertian Indeks Buku

1 min read

Pengertian Indeks Buku – Saat Anda membuat buku, Anda harus mengaturnya agar dan teratur. Salah satu bagian terpenting dari sebuah buku adalah indeks sebuah buku.

Karena kadang-kadang istilah dalam sebuah buku disusun dalam urutan abjad sehingga istilah tersebut dapat dengan mudah ditemukan menggunakan indeks buku.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Indeks Buku. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Indeks Buku ?

Pengertian Indeks Buku merupakan termasuk dalam suatu istilah penting atau kata alfabet yang berisi informasi tentang jumlah halaman tempat istilah itu ditemukan atau tentang kata tersebut.

Biasanya, dalam indeks buku yakni dapat ditempatkan di akhir buku untuk mempercepat pencarian istilah-istilah dalam buku sehingga Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu mencari istilah.

Pengertian-Indeks-Buku

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, indeks berarti bahwa daftar kata / istilah penting dalam buku cetak (biasanya bagian belakang buku) dalam urutan abjad dan berisi informasi tentang halaman tempat kata atau istilah itu berada.

Informasi atau penjelasan kata tertentu dalam sebuah buku cukup berani ditemukan dengan cepat dengan membaca indeks pemindaian indeks. Singkatnya, indeks buku adalah daftar kata atau istilah penting yang terkandung dalam buku, biasanya di akhir buku dalam urutan abjad, yang berisi informasi tentang halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Bagian-Bagian Indeks Buku

Indeks buku dibagi menjadi beberapa bagian, termasuk indeks topik, indeks nama, rincian indeks topik, dan jumlah halaman di mana nama atau detail topik tersebut berada. Ini adalah bagian yang membuat indeks buku. Untuk detail lebih lanjut, pertimbangkan hal berikut:

Baca Juga :  Pendidikan Non Formal

a. Indeks Nama (Pengarang)

Indeks nama (penulis) ialah dapat ditentukan dalam sebuah bentuk indeks atau nama grup.

b. Perincian Indeks Topik

Perincian indeks topik adalah istilah atau topik yang berkaitan dengan topik dalam indeks topik.

c. Indeks Topik (Subjek/Istilah)

Indeks Topik (Subjek/Istilah) adalah kumpulan abjad topik atau istilah yang disebutkan dalam buku atau yang berhubungan dengan konten. Buku-buku geografi menghubungkan indeks topik yang biasanya merupakan istilah geografis.

d. Nomor Halaman

Nomor halaman adalah direktori buku yang merujuk ke nomor halaman yang memiliki terminologi.

Macam-Macam Indeks Buku

Indeks dibagi menjadi dua yakni indeks pengarang dan indeks subjek. Berikut ialah penjelasannya:

  • Indeks Subjek, dengan daftar istilah dalam buku.
  • Indeks Pengarang, dengan nama penulis atau pemimpin opini atau pendapat buku.

Aturan untuk menulis indeks penulis:

  • Jika nama penulis adalah sebuah kata, nama penulis ditulis apa adanya. Nama depan ditulis dengan huruf besar.
  • Jika nama penulis terdiri dari lebih dari dua kata, nama tersebut pada akhirnya akan diletakkan di depan nama depan dan belakang. Tanda koma diberikan setelah nama belakang.
  • Jika nama penulis terdiri dari dua kata, nama kedua diletakkan di depan nama depan. koma diberikan antara nama kedua dan pertama.
  • Nama kedua dan ketiga dalam teks dapat disingkat menjadi satu atau keduanya.
  • Nama judul tidak boleh dicantumkan.

Contoh Indeks Buku

A

Akustik, 217
Aku tak sertaan, 80
Aku sertaan, 79
Ali, Sutan Takdir, 55, 57
Alisjahbana, Muhammad, 24, 41, 50, 53, 65, 76, 82

B

Bachri, Toto Sudarto, 31, 41, 54, 77, 87
Bachtiar, Sutarji Colzoum, 22, 43, 44, 95, 99
Badudu, J. S., 40
Balera, 45-46, 48, 62-64

Baca Juga :  Pengertian Diskusi

Untuk membuat buku, buku harus disusun dengan rapi dan berurutan. Satu hal yang harus ada dalam buku adalah indeks buku. Karena kadang-kadang ada istilah dalam buku yang berada dalam urutan abjad, dan jika Anda mencari istilah-istilah itu, mudah untuk menemukan mereka menggunakan indeks buku.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Indeks Buku. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Konjungsi Kausalitas

Evitasari
1 min read

Kalimat Imperatif

Evitasari
2 min read

Pengertian Memo

Evitasari
1 min read