Pengertian Kas Kecil Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Kas Kecil Menurut Para Ahli – Dalam bisnis, uang tunai digunakan sebagai memenuhi sebuah kebutuhan dan melakukan sejumlah transaksi terhadap keuangan. Dalam posisi uang tunai tersebut sangat penting.

Uang tunai yang telah siap untuk membayar dengan sejumlah pengeluaran yang nilainya relatif rendah dan tidak ekonomis ketika dibayar dengan cek.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Khas Kecil Menurut Para Ahli, beserta tujuannya. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Kas Kecil ?

Pengertian Kas kecil merupakan sebuah dana dalam perusahaan khusus yang disediakan dengan perusahaan sebagai biaya operasional di perusahaan yang harus segera membayar dalam biaya ini dengan tidak ekonomis dan jumlah relatif kecil.

Bisnis sering membayar dengan cek atau giro untuk lebih praktis. Uang tunai di perusahaan mempunyai sebuah fungsi yang digunakan untuk cadangan jika suatu hari terdapat beberapa transaksi yang mempunyai nilai nominal kecil dan ekonomis jika dalam pembayaran dilakukan dengan cek atau uang jaminan.

Pengertian-Kas-Kecil-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Kas Kecil Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian kas kecil dengan menurut para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Menurut Horngren

Charles Thomas Horngren atau Horngren merupakan seorang ahli akuntansi dari negara Amerika Serikat yang lahir dalam tahun 1926 dan telah meninggal pada tahun 2011. Horngren yakni telah mengatakan akan sangat tidak ekonomis bagi perusahaan untuk mengeluarkan cek untuk kotak pensil, membayar taksi manajer, atau dalam pengiriman dalam pesanan khusus di luar kota.

Baca Juga :  Pengertian Frontliner

b. Menurut Henry Simamora

Henry Simamora merupakan seorang ahli akuntansi yang telah menulis banyak buku tentang akuntansi dan manajemen. Menurut Henry dalam buku Akuntansi untuk Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Kas kecil merupakan termasuk uang tunai yang dalam pengeluarannya dengan nilai yang relatif rendah untuk dibayarkan.

c. Menurut Johar Arifin

Johar Arifin merupakan seorang pakar akuntansi dari Indonesia yang telah begitu banyak buku mengenai ekonomi dan akuntansi. Menurut Johar, uang tunai adalah dana yang disediakan dalam perusahaan untuk membiayai pengeluaran yang relatif kecil atau tidak besar

d. Menurut Kieso dan Weygandt

Kieso dan Weygantd merupakan adanya seorang dua profesor ekonomi Amerika. Nama-nama populernya yakni Jerry J. Weygandt dan Donald E. Kieso. Cukup banyak buku yang telah mereka edarkan melalui akuntansi, dalam duet maupun bahkan perorangan.

Kas-Kecil

e. Menurut Soemarso

Soemarso Slamet Rahardjo atau Soemarso merupakan seorang pakar akuntansi yang dikenal dengan bukunya Accounting An Introduction. Ongkos kirim kePengertian kas menurut Soemarso merupakan dengan sejumlah uang tunai yang disediakan terhadap perusahaan sebagai menutup biaya-biaya tersebut.

f. Menurut Kusnadi

Kusnadi merupakan penulis buku dan seorang ahli akuntansi Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Interim, dan buku-buku akuntansi yang lain. Kusnadi mengatakan dalam bukunya yakni Akuntansi Keuangan Menengah bahwa Kas Kecil merupakan adanya sebuah dana yang dapat mencakup dalam pembayaran yang menggunakan uang tunai dari pada cek.

g. Menurut Mardiasmo

Mardiasmo merupakan profesor akuntansi, yakni telah lahir di daerah Solo pada tahun 1958. Saat ini ia adalah wakil menteri keuangan di Jakarta. Kabinet ini dilantik pada tanggal 27 Oktober 2014. Mardiasmo sebelumnya adalah kepala BPKP.

h. Menurut Zaki Baridwan

Zaki Baridwan merupakan pakar akuntansi yang lahir dalam tahun 1947 dan dapat berasal Surakarta. Dia telah menulis banyak buku mengenai akuntansi. Menurut Zaki Baridwan, khas kecil merupakan uang tunai yang dapat digunakan untuk membayar pengeluaran nilai nominal yang relatif rendah dan tidak ekonomis saat membayar dengan cek.

Baca Juga :  Pengertian POAC

Karakteristik Kas kecil

Terdapat beberapa karakteristik dalam sebuah kas kecil, diantaranya ialah:

  • Jumlah uang tunai biasanya terbatas dan tidak lebih tinggi dari sebuah jumlah yang ditetapkan dengan adanya sejumlah perusahaan.
  • Ongkos kirim dikelola dan dipegang oleh kasir atau petugas pajak.
  • Uang receh biasanya disimpan di sebuah tempat kecil, biasanya disebut kotak uang atau di dalam sebuah amplop.
  • Untuk membayar dalam sebuah transaksi dengan adanya sebuah persyaratan nominal pendek yang rutin.

Dalam kas kecil, ialah sebuah dana dalam perusahaan khusus yang disediakan dengan perusahaan sebagai biaya operasional di perusahaan yang harus segera.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas mengenai Pengertian Kas Kecil Menurut Para Ahli. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.