Pengertian Kecepatan

Posted on

Pengertian Kecepatan – Jarak dapat ditempuh yang menunjukkan seberapa cepat suatu objek dapat bergerak dalam ukuran vektor pada waktu atau lokasi tertentu.

Adanya sebuah ukuran vektor yang dapat menunjukkan seberapa cepat benda bergerak. Ukuran vektor ini disebut sebagai kecepatan dan dinyatakan dalam (ms-1 atau m/s).

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kecepatan beserta tujuan, fungsi dan penjelasan lainnya. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Kecepatan ?

Pengertian Kecepatan adalah adanya sebuah jarak yang akan ditempuh terhadap benda di setiap unit waktu. Kecepatan adalah termasuk dalam jenis ukuran yang tergantung pada arah, hingga dalam kecepatan termasuk sebuah ukuran vektor.

Pengertian-Kecepatan

Dalam kasus gerakan satu dimensi, arah dalam sebuah kecepatan dapat diekspresikan dengan tanda positif atau negatif. Konsep kecepatan dibagi menjadi dua, yakni kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat.

Kecepatan saat ini adalah adanya sebuah kecepatan dalam sebuah objek pada titik waktu tertentu, sedangkan dalam kecepatan rata-rata adalah hasil bagi antara perpindahan dan interval. Kecepatan tersebut yakni bisa diukur pada sebuah alat yang disebut sebagai Velocitometer.

Rumus Kecepatan Rata-Rata

Pada kecepatan, mobil harus mempunyai sebuah kecepatan rata-rata, yang telah dirumuskan:

Rumus berdasarkan kecepatan rata-rata

Rumus-Kecepatan

Keterangan:

  • v = kecepatan rata-rata (m/s)
  • Δt = selang waktu
  • Δs = perpindahan (m)

Macam – Macam Kecepatan

Menurut Suharno terdapat sebuah 3 kecepatan, yaitu kecepatan sprint, kecepatan bergerak, dan kecepatan reaksi, berikut ialah penjelasannya:

a. Kecepatan Sprint

Kecepatan sprit adalah sebuah kemampuan terhadap organisme atlet untuk bergerak maju dalam sebuah kekuatan dan kecepatan yang maksimum sebagai hasil terbaik. Misalnya dalam pemain sepak bola telah mengejar bola.

Baca Juga :  Pengertian Kalorimeter

b. Kecepatan Bergerak

Kecepatan bergerak merupakan adanya sebuah kemampuan terhadap atlet sebagai menggerakkan dalam suatu organ secepat mungkin dalam satu gerakan dengan cara terus menerus.

c. Kecepatan Reaksi

Kecepatan reaksi adalah sebuah kemampuan terhadap organisme atlet sebagai merespons rangsangan secepat mungkin dalam membuat hasil secara terbaik. Misalnya, jika pemain sepak bola menyambut umpan balik, pemain akan segera waspada atau menyambutnya dengan sangat cepat.

Kecepatan Sudut

Ketika dalam suatu benda bergerak ke arah atau menjauh dari asalnya, seseorang berbicara tentang kecepatan radial atau linier. Kecepatan sudut ketika dalam suatu benda akan berputar dalam sebuah gerakan yang berbentuk melingkar di sekitar pusat.

Misalnya dalam jenis lainnya, ini dapat mengukur dalam seberapa jauh objek telah bergerak seiring waktu. Karena objek bergerak pada secara melingkar, jarak sudut dapat diukur dalam derajat, radian, atau putaran.

Meskipun dalam suatu objek yang bergerak dalam lingkaran dapat kembali ke titik awalnya, ia mempunyai suatu arah – searah jarum jam (negatif) atau berlawanan arah jarum jam (positif).

Kecepatan Sesaat dan Konstan

Terdapat dua cara dasar sebagai mempercepat. Kecepatan saat ini ialah pada sebuah arah dan kecepatan dalam suatu objek yang bergerak pada waktu tersebut, sedangkan dalam sebuah kecepatan konstan (atau rata-rata) adalah ketika sesuatu bergerak dari waktu ke waktu dengan kecepatan dan arah yang sama.

Misalnya, pada titik tertentu ketika seorang wanita berjalan ke arah ini, ia mungkin memiliki kecepatan saat ini 1,4 m/s ke bagian timur. Untuk mencapai kecepatan konstan, ia harus mengemudi ke arah ini untuk sementara dalam waktu .

Jika ia mengubah arah atau kembali ke dalam sebuah titik awal pada lintasan melingkar, ia tidak mempunyai sebuah kecepatan dalam konstan karena tidak dapat bergerak ke dalam sebuah arah yang sama pada kecepatan yang begitu sama.

Baca Juga :  Gaya Gravitasi

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Kecepatan, rumus, beserta macam-macamnya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.