Pengertian Kelangkaan

Posted on

Pengertian Kelangkaan – Dalam bukunya Political Economics (2006) e Deliarnov terdapat kekurangan sehingga setiap kelompok masyarakat pasti menghadapi permasalahan ekonomi.

Situasi ekonomi yang lemah menciptakan kompleks di mana orang memiliki masalah yang perlu dipilih. Berkorban untuk mengorbankan kebutuhan orang lain untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

Kelemahan ekonomi juga memaksa individu untuk menggunakan atau berbagi sumber daya yang tersedia secara lebih efisien. Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan penjelasan yang lengkap dan jelas, yaitu Pengertian Kelangkaan. Berikut ialah penjelasan nya!!!

Kelangkaan

Pengertian Kelangkaan ekonomi merupakan salah satu masalah ekonomi paling mendasar yang kita hadapi setiap hari, banyak digunakan dalam bisnis untuk menunjukkan kesenjangan antara penawaran dan permintaan.

Ini merupakan sebuah alasan yang tidak cukup untuk ditunjukkan. Kurangnya tekanan pada orang untuk berdagang dalam keputusan sulit untuk mengalokasikan sumber daya secara efisien.

Karena sumber daya semakin murah, biaya biasanya naik. Kelemahan seringkali relatif, terutama ketika sumber daya alam melimpah di beberapa daerah dan kekurangan pasokan di daerah lain.

Ciri-Ciri Kelangkaan

Sumber daya apa pun yang di konsumsi tanpa biaya sangatlah jarang. Kelemahan adalah suatu kondisi di mana sarana pemenuhan kebutuhan (barang dan jasa) tidak proporsional dengan sarana untuk membuat atau menuntut pengorbanan yang lebih besar.

Pengertian-Kelangkaann

Bahkan sumber daya alam yang gratis dapat menjadi langka jika biayanya diperoleh atau di konsumsi. Atau ketika permintaan konsumen akan sumber daya yang tidak diinginkan meningkat karena perubahan preferensi atau penggunaan yang baru ditemukan.

Baca Juga :  Pengertian Industri Manufaktur

Jadi ciri-ciri kelangkaan ekonomi ialah sebagai berikut:

  • Sumber daya tidak mencukupi atau barang dan jasa terbatas.
  • Keinginan atau kebutuhan manusia tidak terbatas.
  • Jumlah alat yang memenuhi kebutuhan Anda sangat terbatas sehingga sulit untuk didapatkan.
  • Harga permintaan naik drastis dibandingkan harga biasa karena jumlah terbatas dan permintaan barang tinggi.
  • Pelanggan harus berkorban untuk mendapatkan barang atau jasa, bahkan mengorbankan kebutuhan orang lain untuk memenuhi kebutuhan yang lebih penting.

Jenis Kelangkaan

Adapun berbagai jenis dalam kelangkaan ekonomi ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Kelangkaan Sumber Daya Manusia

Dengan adanya suatu kegiatan ekonomi, masyarakat tidak hanya berperan sebagai sumber daya tetapi juga sebagai pengguna hasil kegiatan ekonomi tersebut. Kekurangan staf antara lain kurangnya jumlah, berupa angka fisik, dan kualitas yang kurang yakni dengan adanya suatu hal kemampuan berpikir.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, masyarakat perlu meningkatkan kemampuan berpikir nya, misalnya melalui upaya peningkatan kualitas pendidikan, ilmu pengetahuan, keahlian, wawasan, dan penguasaan teknologi, hingga menjadi suatu tenaga yang terampil dan berkualitas.

2. Kelangkaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam, termasuk sumber daya biotik (hewan dan tumbuhan) dan sumber daya abiotik (udara, air, tanah, iklim, dan bahan tambang). Sumber daya alam tersedia di alam tetapi harus dieksplorasi terlebih dahulu untuk digunakan oleh manusia.

Pemanfaatan sumber daya alam yang terus menerus menyebabkan semakin menipisnya sumber daya alam tersebut, terutama sumber daya alam yang tidak terbarukan. Hal ini kemudian berdampak pada kelangkaan sumber daya alam tersebut.

3. Kelangkaan Sumber Daya Entrepreneurship (Kewirausahaan)

Sumber daya Entrepreneurship (Kewirausahaan) merupakan sebuah faktor produksi yang fungsi dan tugasnya mengatur dan menggabungkan faktor-faktor produksi (tenaga, alam, dan modal) untuk menghasilkan barang dan jasa untuk kebutuhan manusia.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Pengangguran

Pengusaha berkualitas dapat menggunakan sumber daya yang ada untuk menciptakan produk berkualitas yang populer di kalangan pembeli. Jumlah orang yang berwirausaha masih terbatas. Cara paling umum untuk memiliki jiwa dan jiwa kewirausahaan adalah dengan mempelajari kisah sukses pengusaha sukses.

4. Kelangkaan Sumber Daya Modal

Sumber daya modal adalah semua sumber daya buatan manusia yang dapat digunakan untuk memudahkan pelaksanaan proses produksi. Dari sumber daya modal tersebut dapat dihasilkan barang atau produk yang mempunyai nilai manfaat untuk memenuhi dengan sebuah kebutuhan manusia.

Bentuk sumber daya modal dapat berupa uang dan bentuk modal fisik seperti bahan baku, gedung, peralatan dan mesin. Sumber daya modal yang lemah menimbulkan minat dan keterampilan pada laki-laki, meskipun laki-laki pada umumnya memiliki kemampuan membangun sumber daya modal.

Salah satu cara membangun permodalan adalah dengan memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja dan berusaha keras, serta mengembangkan dan menabung kreativitas. Orang dapat menciptakan modal sendiri, serta uang tunai dan modal fisik.

Penyebab Terjadinya Kelangkaan

Pengertian-Kelangkaan

Adapun berbagai jenis penyebab dalam kelangkaan ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Pertumbuhan Penduduk

Ekonom Inggris Thomas Robert Malthus menekankan bahwa adanya sebuah pertumbuhan populasi yang lebih cepat daripada pertumbuhan produksi akan menyebabkan kelangkaan. Jumlah penduduk yang besar berarti lebih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Jadi jika produksi hanya tumbuh sedikit, tidak dapat memenuhi permintaan ini.

2. Perbedaan Letak Geografis

Mengapa geografi memengaruhi kelangkaan? Pasalnya, sumber daya alam bumi tidak merata. Beberapa tempat memiliki tanah yang subur, yang lainnya tidak. Beberapa tempat kaya akan sumber daya dan beberapa tidak.

3. Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi lebih cepat di negara industri daripada di negara industri. Inilah pengaruh untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknologi rendah seharusnya hanya memenuhi persyaratan, bukan teknologi tinggi.

Baca Juga :  Pengertian Leverage

4. Kemampuan Produksi

Faktor produksi (tenaga kerja, modal, sumber daya alam, kewirausahaan) yang kita miliki tidak memiliki kapasitas yang sama. Akibatnya, tidak semua persyaratan bisa dipenuhi.

5. Bencana Alam

Bencana alam akan mempengaruhi jumlah sumber daya yang tersedia saat ini, mengganggu kebutuhan manusia. Bencana alam dapat merusak gedung, tempat usaha, dan bahkan sumber daya alam. Jika terjadi bencana, kekurangan dapat terjadi bila sumber daya yang ada rusak parah.

Cara Mengatasi Kelangkaan

Ketika adanya sebuah sumber daya yang tersedia dengan terbatas, sedangkan kebutuhan manusia tetap besar, yang Anda butuhkan dikorbankan untuk menggunakan yang lebih penting. Untuk mengatasi kelangkaan tersebut, setidaknya berikut ini yang dilakukan masyarakat:

a. Menyusun Skala Prioritas

Tentukan urutan kebutuhan dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Dengan menetapkan skala prioritas, dapat diidentifikasi kebutuhan yang benar-benar penting dan perlu dipenuhi.

b. Menerapkan Prinsip Ekoefisiensi

Menerapkan prinsip eko-efisiensi dalam menangani sumber daya alam. Menurut buku Kamus Populer Lingkungan (2002) karya Hadi Siswanto, prinsip eko-efisiensi adalah memanfaatkan sumber daya alam secara efektif. Menerapkan eko-efisiensi tidak berarti menjarah sumber daya alam, sehingga kelangkaan dapat dicegah.

c. Menggunakan Energi Alternatif

Gunakan energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya, minyak tanah merupakan sumber daya alam yang tidak terbarukan. Jika digunakan secara konsisten, ada kekurangan. Untuk mencegahnya, diperlukan energi alternatif untuk menggantikan minyak tanah. Contohnya ialah minyak tanah diganti dengan gas atau listrik.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kelangkaan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.