Pengertian Ketahanan Nasional

Posted on

Pengertian Ketahanan Nasional – Negara yang dinamis yang mencakup seluruh kehidupan nasional dan mencakup ketahanan dan ketahanan yang mewujudkan dalam kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional menghadapi semua tantangan, hambatan, ancaman, dan gangguan.

Konsep ketahanan nasional adalah dengan sebuah ajaran yang diyakini dipraktikkan oleh semua orang Indonesia dan cara terbaik untuk terus mempraktikkannya untuk mencapai kesuksesan nasional.

Dalam pembahasan kali ini, yang akan kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Ketahanan Nasional. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Ketahanan Nasional ?

Pengertian Ketahanan Nasional ialah keadaan dinamis yang meliputi semua kehidupan nasional dan mencakup ketahanan dan ketahanan.

Termasuk kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional untuk mengatasi dan menguasai semua tantangan, hambatan, ancaman, dan gangguan, baik secara internal maupun eksternal, untuk mencapai identitas, dan memastikan kelangsungan hidup bangsa. Negara ini juga berjuang untuk mencapai tujuan terhadap nasional.

Pengertian Ketahanan Nasional

Dari sudut pandang asing, ketahanan nasional yakni telah dikenal sebagai kekuatan nasional yang meliputi wilayah yang luas, sumber daya alam yang besar, penguasaan teknologi, kapasitas industri, persiapan militer, kepemimpinan yang efektif, dan kuantitas pasukan dan kualitas.

Di wilayah Indonesia, ketahanan nasional tampaknya lebih sesuai terhadap dinamika historis perjuangan Indonesia yang telah berhasil bertahan sebagai bangsa selama berabad-abad.

Dinamika perjuangan Indonesia adalah dinamika atau masa depan perjuangan Indonesia dari masa pra-kolonial, lama, kolonial, baru hingga saat ini.

Baca Juga :  Konferensi Asia Afrika

Ciri – Ciri Ketahanan

Terdapat beberapa ciri-ciri dalam ketahanan nasional diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Berdasarkan dengan metode Astagrata, semua aspek kehidupan nasional diwakili dalam sistem Astagarata, yang terdiri dari tiga aspek statika atau alam (Trigatra), yang meliputi geografi, sumber daya alam dan populasi, dan dinamis (fenomenal) atau lima aspek sosial, yang meliputi politik, ideologi, dan ekonomi sosial-ekonomi, keamanan dan pertahanan.
  • Sebagai persyaratan utama untuk negara berkembang
  • Fokus pada mempertahankan kelangsungan hidup dan menjalani kehidupan yang sukses.
  • Temui dan atasi tantangan, hambatan, ancaman, dan gangguan dari dalam dan luar.
  • Dipandu dengan wawasan nasional.
  • Terlalu banyak pendekatan untuk meyakinkan.
  • Sebagai pertahanan, yang dalam tujuannya adalah untuk menjaga kesejahteraan dan keamanan.

Asas Ketahanan Nasional

Ketahanan-Nasional

Prinsip ketahanan nasional ialah adanya suatu kode perilaku berdasarkan nilai-nilai berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan perspektif arkeologis. Prinsip terhadap ketahanan nasional meliputi:

a. Asas Kesejahteraan dan Keamanan

Prinsip-prinsip ini adalah kebutuhan dasar dan harus dipenuhi untuk individu, masyarakat dan kelompok yang merupakan ukuran keamanan negara yang baik dan buruk.

b. Asas Mawas Ke Dalam dan Mawas Keluar

Tujuannya adalah sebagai meningkatkan sifat dan kondisi kehidupan nasional berdasarkan pada prinsip kemerdekaan dan untuk meningkatkan kualitas kemerdekaan nasional. Tujuan dari peringatan itu adalah untuk mengantisipasi, mengelola dan mengatasi dampak lingkungan strategis di luar negeri.

c. Asas Komperherensif Integral atau Menyeluruh Terpadu

Pertahanan nasional meliputi yakni dengan semua aspek Uni dalam bentuk integrasi dan persatuan dalam harmoni, selaras dan keseimbangan.

d. Asas Kekeluargaan

Prinsip ini mewujudkan gaya hidup yang meliputi keadilan, persatuan, kesetaraan, toleransi, saling mendukung, dan tanggung jawab dalam kehidupan suatu bangsa, bernegara dan bangsa. Prinsip ini mengakui perbedaan dan melindunginya dari konflik yang telah merusak.

Baca Juga :  Norma Kesopanan

Sifat Ketahanan Nasional

Terdapat beberapa ketahanan dalam nasional, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Otoritas, tingkat keamanan nasional yang lebih tinggi, otoritas negara dan pemerintah berkomitmen untuk kehidupan nasional.
  • Mandiri, percaya terhadap adanya suatu kemampuan dan kekuatan Anda sendiri dan tidak pernah menyerah. Ini adalah salah satu syarat terhadap kerja sama.
  • Kerja sama dan Konsultasi, saling menghormati melalui kepercayaan pada kekuatan moral dan kepribadian bangsa.
  • Dinamis, yakni naik turun, tidak material, tergantung pada keadaan dan keadaan negara dan negara serta lingkungan strategisnya. Ini tentu saja berorientasi masa depan dan diarahkan pada kondisi yang lebih baik.

Tujuan Ketahanan Nasional

Tujuan keamanan nasional Indonesia di bawah UUD 1945 adalah paragraf 4, yaitu untuk melindungi seluruh bangsa dan darah Indonesia dan sebagai mempromosikan kesejahteraan rakyat, untuk mendidik bangsa dan untuk berpartisipasi dalam tatanan dunia yang didasarkan pada perdamaian abadi, pada kemerdekaan, dan keadilan sosial.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Ketahanan Nasional. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.