Pengertian Kompetensi

Posted on

Pengertian Kompetensi – Kemampuan atau keterampilan yang dimiliki seseorang untuk melakukan tugas atau tugas tertentu dalam bidang tertentu, tergantung pada posisi yang mereka tempati.

Kapasitas yang ada di antara orang-orang yang dapat membuat orang-orang ini dapat mencapai apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan mereka di organisasi, sehingga organisasi mencapai hasil yang akan harapkan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kompetensi. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Kompetensi ?

Pengertian Kompetensi merupakan adanya suatu kecakapan atau kemampuan seseorang untuk melakukan tugas atau tugas tertentu dalam bidang tertentu, tergantung pada posisi mereka berada.

Gagasan lain bahwa cara kompetisi lain yang disebutkan adalah keterampilan, sikap, pengetahuan, motivasi, dan nilai-nilai yang secara konsisten dijelaskan dalam kemampuan berpikir dan bertindak pada orang-orang yang ada.

Pengertian-Kompetensi

Dengan kata lain, kompetensi yakni bukan hanya mengenai pengetahuan atau kemampuan, tetapi bersedia melakukan apa yang dapat dimengerti untuk menghasilkan keuntungan.

Menurut Jack Gordon (1998) Tedapat 6 aspek dari suatu konsep kompetensi, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Pengetahuan (Knowledge)
  • Nilai (Value)
  • Pemahaman (Understanding)
  • Sikap (Attitude)
  • Minat (Interest)
  • Kemampuan (Skill)

Etimologi dari kata kompetensi yakni berasal dari kata bahasa Inggris yakni competency atau competence, yang berarti keterampilan, otoritas, dan kemampuan. Jadi, dalam memahami kompetensi adalah kombinasi dari keterampilan, pengetahuan, dan kepribadian sehingga orang dapat meningkatkan kinerja dan kontribusi mereka bagi keberhasilan dalam suatu organisasi.

Baca Juga :  Demokrasi Pancasila

Jenis – Jenis Kompetensi

Terdapat berbagai jenis kompetensi, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Kompetensi Pedagogik

Keterampilan yakni begitu lebih tentang kemampuan untuk memahami siswa, merencanakan dan mengimplementasikan dalam suatu pembelajaran, mengevaluasi hasil pembelajaran dan mengembangkan siswa untuk menunjukkan potensi mereka kepada mereka.

Kompetensi yakni dengan adanya memahami siswa dari dekat, membuat rencana studi, melakukan merancang, penelitian, dan mengevaluasi penelitian, dan mengembangkan siswa untuk menunjukkan potensi penuh mereka.

2. Kompetensi Kepribadian

Kompetensi lebih untuk orang-orang yang menunjukkan kepribadian bijak, menguraikan, dewasa, stabil, dan mempunyai suatu hak untuk menjadi contoh karakter yang baik dan mulia.

Kompetensi ini meliputi adanya suatu kepribadian yang stabil dan percaya diri, kepribadian yang matang, kepribadian yang masuk akal, kepribadian yang kompeten, kepribadian etis atau mulia.

Contoh-Kompetensi

3. Differentiating Copetencies

Kompetensi yakni telah lebih pada karakteristik yang membedakan dengan antara mereka yang bekerja lebih baik dan hanya bekerja dengan cara rata-rata.

4. Kompetensi Sosial

Kompetensi lebih sesuai dengan kompetensi guru dengan suatu koordinasi dan komunikasi dengan siswa, orang tua atau wali hukum, pendidikan staf, dan komunitas siswa. Menurut Kunandar, ada keterampilan yang berbeda: keterampilan intelektual, pribadi, fisik, spiritual, dan sosial.

5. Kompetensi Profesional

Kompetensi ini agak mendominasi luasnya materi pembelajaran, termasuk penguasaan materi kurikulum di sekolah dan materi, dan penguasaan struktur dan metodologi ilmu pengetahuan. Kompetensi itu yakni meliputi penguasaan zat ilmiah di bidang studi dan penguasaan struktur dan metode ilmiah.

6. Kompetensi Utama

Keterampilan ini lebih sesuai dengan keterampilan yang ditafsirkan sebagai keterampilan internal yang penting untuk kesuksesan bisnis. Kompetensi diminta untuk menjadi bagian dari semua organisasi. Tujuan dari kompetensi tersebut ialah untuk memberi individu kesempatan untuk bekerja di berbagai posisi dengan suatu organisasi.

Baca Juga :  Pengertian Strategi

7. Threshold Competencies

Kompetensi lebih cocok untuk karakteristik mereka yang memiliki karyawan yang tidak dapat digunakan secara efektif untuk orang-orang yang memiliki kinerja mobilitas tinggi, bahkan jika kompetensinya dapat bekerja.

Manfaat Kompetensi

Kompetensi individu yakni telah memainkan peran yang sangat penting untuk efektivitas tugas atau implementasi profesional. Menurut Ruky, adanya suatu perusahaan besar menggunakan kompetensi sebagai dasar untuk merekrut pekerja.

Beberapa kelebihan terhadap karyawan yang tertarik dalam kompetensi, diantaranya ialah:

  • Kompetensi individu yakni bisa digunakan untuk suatu alat potensial dalam pemilihan pekerja.
  • Keterampilan karyawan memaksimalkan produktivitas perusahaan tersebut.
  • Garis besar standar dan harapan tenaga kerja yang dapat dicapai terhadap perusahaan.
  • Kompetensi tersebut yakni bisa membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.
  • Kompetensi bisa memudahkan dalam suatu perusahaan untuk menyesuaikan perilaku kerjanya dengan nilai organisasinya.
  • Keterampilan atau keterampilan pekerja dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan sistem kompensasi.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kompetensi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.