Pengertian Komunikasi

Posted on

Pengertian Komunikasi, Secara Umum, Menurut Ahli,Tujuan dan Fungsi – Materi pembahasan kali ini yakni tentang pengertian komunikasi, yang akan GuruAkuntasi.co.id akan paparkan secara detail. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya diabwah ini.

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Apa itu Komunikasi ? ialah merupakan suatu proses dari beberapa orang atau kelompok masyarakat dan organisasi yang menciptakan dan menggunakan sebuah informasi, agar dapat terhubung dengan lingkungan orang lain.

Pengertian secara umum komunikasi dapat dilakukan dengan lisan atau verbal, yang bisa mudah dimengerti oleh kedua belah pihak.

Fungsi Umum

Secara umum komunikasi dapat dinikmati oleh manusia, baik itu secara individu maupun secara organisasi. Berikut ini adalah beberapa fungsi komunikasi secara umum:

  • Sebagai Alat Kendali
  • Sebagai Alat Motivasi
  • Sebagai Ungkapan Emosional
  • Sebagai Alat Komunikasi

Syarat Komunikasi

Pada saat anda ingin melakukan sebuah komunikasi, dibutuhkan syarat-syarat tertentu. Adapun syarat-syaratnya antara lain sebagai berikut.

  • Source: atau sumber merupakan bahan dasar dalam penyampaian pesan untuk memperkuat pesan itu sendiri.
  • Komunikator: komunikator ialah pelaku yang menyampaikan pesan bisa beruapa seseorang yang sedang menulis atau berbicara, bisa juga berupa kelompok orang atau juga organisasi komunikasi seperti film, radio, surat kabar, televisi dan lain sebagainya.
  • Komunikan: komunikan merupakan penerima pesan dalam komunikasi yang bisa berupa seseorang, kelompok ataupun massa.
  • Pesan: ialah merupakan keseluruhan yang disampaikan oleh seorang komunikator. dalam pesan ini terdapat tema utama sebagai pengarah dalam usaha untuk mengubah sikap serta tingkah laku orang lain.
  • Saluran: ialah merupakan sebuah media yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan. Saluran komunikasi terbagi menjadi beberapa bagian, yaklni saluran formal atau resmu dan saluran informal atau tidak resmi.
  • Effek: ialah hasil akhir dari suatu komunikasi yang terjadi.
Baca Juga :  Apa itu Destilasi?

Komunikasi Menurut Para Ahli

Definisi 

Adapun Forsdale (1981) yaitu seorang ahli pendidikan, khususnya pada bidang ilmu komunikasi Definisi Komunikasi menurutnya menjelaskan dalam sebuah kalimat bahwa “komunikasi adalah proses oleh sistem yang didirikan, dipelihara dan diubah melalui sinyal-sinyal yang beroperasi bersama-Menurut aturan “.

Komunikasi adalah sebuah proses dimana suatu sistem yang dibentuk, dipelihara, dan dimodifikasi dengan tujuan bahwa sinyal tersebut dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.

Analisis

Komunikasi adalah metode yang digunakan sehari-hari dalam stimulus / pesan yang terbentuk melalui proses yang melibatkan dua orang atau lebih.

  • Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid ( Komunikasi ) Adalah Sebuah Proses Dimana Dua Orang Atau Lebih Membentuk Atau Melakukan Pertukaran Informasi Dengan Satu Sama Lainnya Yang Pada Gilirannya Akan Tiba Pada Saling Pengertian Yang Mendalam
  • Menurut Shannon & Weaver ( Komunikasi ) Ialah Bentuk Komunikasi/Interaksi  Manusia Saling Pengaruh Mempengaruhi Satu Dengan Yang Lainnya, Dengan Sengaja Ataupun Tidak Sengaja. Tidak Terbatas Pada Bentuk/Wujud Dalam Komunikasi Yang Menggunakan Bahasa Verbal, Tetapi Juga Dalam Hal Eksprensi Wajah/Muka, Lukisan, Seni, Dan Teknologi

Tujuan Komunikasi Secara Umum

Semua aktivitas komunikasi dilakukan dengan tujuan tertentu. Tujuan komunikasi secara umum diantaranya adalah:

Agar Komunikator Dimengerti Komunikan

Tujuan komunikasi ialah agar untuk memastikan bahwa sebuah informasi atau pesan dari komunikator dapat dimengerti oleh orang lain (komunikan).

Agar Mengenal Orang Lain

Dengan adanya interaksi dan komunikasi maka setiap orang dapat saling mengenali dan memahami satu sama lain. Kemampuan mendengar/ membaca/ mengartikan pesan orang lain dengan baik merupakan hal penting dalam aktivitas komunikasi.

Agar Pendapat Diterima Orang Lain

Komunikasi seringkali digunakan untuk menunjukan sebuah gagasan atau ide seseorang pada orang lain. Yang bertujuan agar ide dan gagasan tersebut diterima.

Baca Juga :  Kalimat Tunggal

Menggerakkan Orang Lain

Komunikasi yang baik dapat membentuk kesamaan pendapat dengan orang lain. Selanjutnya, kesamaan persepsi tersebut digunakan untuk menggerakkan orang lain sesuai dengan keinginan kita.

Macam-Macam Komunikasi

Ada beberapa macam komunikasi yang bisa kita temukan sehari-hari. Berikut ini adalah jenis-jenis komunikasi:

Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

  • Komunikasi Verbal (Lisan)

Pengertian komunikasi lisan adalah komunikasi yang terjalin secara langsung tanpa adanya jarak yang berarti.bentuk  komunikasi lisan misalnya; meeting dengan klien, wawancara kerja, atau dua orang yang sedang berbicara.

  • Komunikasi Tertulis

Saat ini komunikasi dengan tertulis biasanya dilakukan melalu aplikasi atau media teknologi. Misalnya; mengirim pesan melalui email, chatting melalui aplikasi WhatssApp/ BBM/ Facebook Messenger.

Komunikasi Berdasarkan Maksud

Komunikasi dapat juga dibedakan berdasarkan maksud dari komunikator. Kemauan dari komunikator merupakan faktor utama dalam proses penyampaian pesan.

Beberapa jenis komunikasi berdasarkan maksud diantaranya adalah:

  • Pidato
  • Pemberian saran atau kritik
  • Memberikan perintah
  • Memberikan ceramah
  • Wawancara

Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

,Komunikasi dapat juga dibedakan menurut ruang lingkupnya, diantaranya adalah:

  • Komunikasi Internal

Interaksi Ini suatu jenis yang berada dalam batas ruang lingkup organisasi dimana interaksi hanya terjadi antar individu pada sebauah organisasi itu saja.

  • Komunikasi Eksternal

Jenis komunikasi ini yang banyak dikerjakan oleh sebuah organisasi kepada Umum, misalnya jumpa pers, pameran dan publikasi, program TV dan Radio, bakti sosial.

Artikel Lainnya :

Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Pada komunikasi ada sejumlah arah dalam penyampaiannya, diantaranya adalah:

  • Komunikasi satu arah; ialah suatu jenis komunikasi yang datang dari satu pihak, misalnya guru dan murid.
  • Komunikasi dua arah; ialah sebuah jenis komunikasi yang mempunyai dua arah yang dimana kedua individu itu saling memberikan pesan dan feedback satu dengan yang lain.
  • Komunikasi ke atas; ialah jenis komunikasi yang berawal dari bawah ke atas, contohnya informasi yang di sampaikan bawahan kepada atasan
  • Komunikasi ke samping; yaitu komunikasi yang tercipta karena adanya kesamaan kedudukan, atau komunikasi antara dua individu yang posisinya sejajar.
Baca Juga :  Konjungsi Penerang

Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang pengertian komunikasi, semoga bermanfaat bagi sobat semua.