Pengertian Kritik

Posted on

Pengertian Kritik – Adanya sebuah proses dalam mengevaluasi dan menganalisis sesuatu dengan tujuan meningkatkan pemahaman, meningkatkan kerja, dan memperluas apresiasi.

Kritik adalah adanya kecaman atau celaan atau keadaan perilaku atau apa yang kita anggap menyimpang dan salah. Misalnya, kondisi jalan selalu terhalang.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kritik. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukk… Simak sebagai berikut.

Apa yang di maksud dengan Kritik ?

Pengertian Kritik merupakan adanya sebuah proses untuk menganalisis dan mengevaluasi sesuatu dengan tujuan meningkatkan dalam pemahaman, berkontribusi atau memperluas apresiasi untuk meningkatkan pekerjaan tersebut.

Secara etimologis yakni telah berasal dari bahasa Yunani “Clitikos”, yang berarti ciri pembeda, kata itu sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno “Krités”, yaitu orang yang membuat pendapat atau analisis yang tepat, penilaian nilai, pengamatan atau interpretasi.

Pengertian-Kritik

Istilah ini biasanya digunakan sebagai menggambarkan terhadap pendukung suatu posisi yang bertentangan atau bertentangan dengan objek kritik.

Pengkritik yang modern mencakup profesi atau amatir yang secara teratur memberikan pendapat atau menginterpretasikan seni pertunjukan atau karya lain (misalnya sebuah karya seniman, ilmuwan, aktor, atau musisi) dan umumnya menerbitkan pengamatan mereka, sering dalam jurnal ilmiah. Ada banyak kritik di berbagai bidang, termasuk seni, restoran, film, teater, kritikus teater, musik, dan publikasi akademik.

Jenis Kritik

Terdapat berbagai jenis kritik, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Kritik Keilmuwan atau Akademik

Penilaian atau reaksi terhadap pekerjaan. Biasanya disampaikan terhadap kritikus bersertifikat, ia mengikuti sebuah aturan atau metode kritik akademis dan berfungsi sebagai referensi bagi kolektor atau kurator lembaga seperti galeri dan museum yang melelang sebuah karya.

Baca Juga :  Bentuk Struktur Sosial

b. Kritik Popular atau Seni

Hanya publikasi atau pengenalan sebuah karya untuk konsumsi massa atau publik, agar tidak menekan sebuah elemen dan menggunakan sebuah gaya bahasa yang mudah dipahami terdapat orang awam.

c. Kritik Jurnalistik

Hasil sebuah tanggapan dipublikasikan secara terbuka di media massa, terutama di surat kabar, dan begitu sangat cepat dan dapat mempengaruhi sebuah persepsi publik.

d. Kritik Pendidikan

Meningkatkan dan menambah sensitivitas artistik dan estetika subjek pembelajaran seni. Sering digunakan di lembaga pendidikan Teruta untuk meningkatkan kualitas karya seni yang dihasilkan oleh siswa di sekolah ketika akan mengatur sebuah mata pelajaran budaya.

Ciri – Ciri Kritik

Terdapat berbagai ciri-ciri kritik diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Memberikan sebuah jawaban untuk subjek studi (karya sastra).
  • Memberikan solusi atau kritik yang membangun.
  • Saya kira tidak.
  • Dapat memikirkan dengan cara baik dan buruk dari sebuah karya sastra.
  • Memiliki sifat objektif.
  • Dapat menjelaskan sebuah penilaian pribadi tanpa memuat ide.

Pada umumnya mempunyai sebuah karakteristik, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Adanya prosa. Ini berarti dalam sebuah bentuk pesan yang tertulis yang berisi ide.
  • Mempunyai sebuah properti. Penulis esai yang baik mempunyai sebuah karakter tulisan yang unik yang membedakannya dari tulisan orang lain.
  • Berbentuk singkat. Intinya bisa dibaca dengan santai dalam waktu yang relatif singkat
  • Tidak selalu utuh. Ini berarti bahwa penulis memilih aspek penting dan menarik dari subjek dan objek yang akan ditulis.
  • Memiliki sifat subyektif.

Contoh Tanggapan Kritik

Contoh reaksi kritis dengan metode yang benar. Masalah kemacetan lalu lintas di kota Jakarta sudah ada sejak lama, tetapi upaya pemerintah untuk mengatasinya tidak ada. Buktinya situasinya masih seperti ini dari hari ke hari.

Baca Juga :  Pengertian Artikel

Sekalipun pemerintah benar-benar prihatin, masalahnya dapat diselesaikan dengan mempertimbangkan pengalaman di negara lain yang sudah berhasil untuk mengatasi sebuah masalah serupa.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kritik. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.