Pengertian Kromatid

Pengertian Kromatid – Kromosom terlibat dalam adanya suatu fase tertentu dari proses biologis yang disebut mitosis, di mana sel-sel eukariotik membelah, yang berarti bahwa dua sel anak perempuan menerima informasi genetik pada kromosom.

Kromosom adalah bentuk DNA dan protein yang hidup di dalam sel. Tetapi kromatid adalah saudara dan mencocokkan atau mereplikasi kromosom yang terbentuk ketika sel berada dalam fase mitosis atau meiosis.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kromatid. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Kromatid ?

Pengertian Kromatid merupakan setengah dari kromosom yang berulang. Sebelum pembelahan sel, salinan kromosom dan kromosom disalin yang sama digabungkan menjadi sentromer.

Setiap untai dari salah satu kromosom tersebut yakni telah disebut dengan kromatid. Kromosom penghubung dikenal sebagai kromatid saudara perempuan. Segera setelah sistem kromatik saudara terhubung secara terpisah selama anafilaksis mitosis, mereka disebut sebagai kromosom anak-anak.

Kromosom terlibat dalam adanya suatu fase tertentu dari proses biologis yang disebut mitosis, di mana sel-sel eukariotik membelah, yang berarti bahwa dua sel anak perempuan menerima informasi genetik pada kromosom. Fase-fase tersebut ialah profase, metafase, prometafafase, dan anafase.

Pengertian-Kromatid

Selama fase ini, kromosom termasuk dalam suatu fusi kromosom yang terkait dengan duplikat lain yang disebut sister chromatid, memiliki bentuk “X”, sering disebut sebagai tangan, dan dibagi menjadi pendek (p) dan panjang (q) Lengan terbagi, yaitu. mereka yang melintasi sentromer, pendek (p) dan satu kaki di tanah, panjang (q).

Baca Juga :  Bagian Telinga

Dua saudara kromatid yang telah bergabung dalam sentromer mewakili kromosom. Untuk menghitung jumlah kromatid, Anda bisa menghitung dalam suatu jumlah kromosom dalam sel, yang berada dalam kisaran normal 46, dan dua kali lipat yang menghasilkan sekitar 92 kromatid.

Mekanisme Kromatid

Jadi itu hampir merupakan komponen inti dari setiap sel, DNA untuk organisme berasal dari kromosom. Tetapi itu benar-benar tergantung pada jenis organisme, karena apakah jumlah kromosom dalam berbagai jenis berbeda dari struktur kromosom.

Kromosom terdiri dari dua lapisan DNA yang identik dengan kromatid. Namun, seiring berjalannya waktu, kromosom berevolusi dan bahkan berhenti, dengan lapisan tipis DNA yang dikenal sebagai kromatin.

Jika sel-sel tidak dibagi maka mereka menempel pada DNA dan kemudian masing-masing kromosom terdiri dari dua saudara berwarna di satu sisi. Tetapi tampaknya mereka berjalan paralel. Tetapi ada bagian dalam setiap kromatid yang terhubung dengan yang lain.

Perbedaan Antara Kromoson dan Kromatid

Adapun perbedaan Antara Kromosom dan kromatid, antara lain :

  • Kromosom adalah bentuk DNA dan protein yang hidup di dalam sel. Tetapi kromatid adalah saudara dan mencocokkan atau mereplikasi kromosom yang terbentuk ketika sel berada dalam fase mitosis atau meiosis.
  • Kemudian kromosom membawa informasi reproduksi yang ditransmisikan ke sel tunggal. Tetapi kromatik memainkan peran yang sama, mereka membawa informasi yang sama, tetapi mereka tidak membuat sel mereka sendiri.
  • Kromosom dapat ditemukan di lokasi sel yang berbeda, tetapi tergantung pada organisme. Namun, pada eukariota, mereka terletak di inti sel dan di prokariota, di dalam sel bakteri endosimbiotik.
  • Kemudian kromosom membuat organisme dan memberi mereka sifat. Kemudian kromatid memungkinkan sel untuk bereplikasi.
Baca Juga :  Pengertian Sitokinesis

Skema Tahapan Kromatid

Adapun berbagai tahapan yang telah berlangsung dalam memasuki siklus mitosis dan mieosis, antara lain :

a. Prophase

Pada fase pertama mitosis atau yang disebut prophase, di mana serat kromatin yang dihasilkan membentuk kromosom. Kemudian kromosom replikatif terdiri dari dua kromatid (kromatid saudara perempuan) yang berhubungan dengan daerah sentromer.

Di mana dalam kromosom sentromen bekerja dan biasanya digunakan sebagai tempat untuk menempelkan serat gelendong selama pembelahan terhadap sel.

b. Kromatid dalam Mitosis

Ketika dalam suatu replikasi sel diperlukan, mereka dapat memasuki siklus sel. Pada titik ini sebelum siklus mitosis, sel-sel melewati fase pertumbuhan dan menyusup ke organel dan DNA.

Anafase

Kemudian pada tahap anafase, di mana kromatik dipisahkan satu sama lain dan ditarik terpisah dengan serat gelendong ke ujung masing-masing sel.

c. Metafase

Kemudian pada fase metafase, kromatin pada tahap ini menjadi kromatid tebal yang bergerak di tengah sel atau metafora.

d. Telofase

Kemudian pada fase telofase, di mana masing-masing kromatid dipisahkan satu sama lain dan disebut kromium kromium. Kemudian setiap kromosom mengikat anak perempuan ke nukleusnya sendiri.

Setelah proses pembelahan sitoplasma, ini disebut sitokinesis. Kemudian dua sel anak yang berbeda diproduksi. Kedua sel itu mirip dan mengandung kromosom yang telah sama.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kromatid. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.