Pengertian Kromosom

Posted on

Pengertian Kromosom – Kromosom merupakan adanya sebuah struktur padat yang terdiri atas 2 komponen molekul, yakni DNA dan protein. Kromosom yakni memiliki fungsi untuk penyimpanan materi genetik seumur hidup.

Setiap sel terdiri atas 3 bagian utama, yakni sitoplasma (cairan sel), inti sel (nucleus sel), dan membran pelindung sel. Peran yang penting terhadap pembelahan dalam sel.

Apa itu Kromosom ?

Pengertian Kromosom merupakan adanya sebuah unit genetik yang ada di setiap dalam inti sel terhadap semua makhluk hidup. Kromosom terdiri dari serangkaian panjang molekul yang diatur dengan protein dan DNA.

Pengertian-Kromosom

Setiap sel terdiri atas 3 bagian utama, yakni sitoplasma (cairan sel), inti sel (nucleus sel), dan membran pelindung sel. Di dalam inti sel ada benang-benang halus yang disebut sebagai “kromatid”. Ketika sel membelah, benang halus dipintal menjadi kromosom.

Kromosom merupakan adanya sebuah struktur padat yang terdiri atas 2 komponen molekul, yakni DNA dan protein. Struktur dalam kromosom ini yakni hanya dikenali dalam sebuah metafase pembelahan sel.

Kromosom yakni memiliki fungsi untuk penyimpanan materi genetik seumur hidup. Itu terbuat dari DNA, bahwa DNA memainkan peran yang sangat penting, yaitu melakukan tugas sehari-hari dan juga menyimpan semua informasi genetik. Ini yakni dapat secara langsung membantu dalam sebuah organisme sebagai tumbuh. Jadi dalam kromosom ini mempunyai fungsi secara besar dalam tubuh tersebut.

Struktur Kromosom

Struktur kromosom bisa dibagi menjadi dalam 2 bagian, yakni lengan dan sentromer.

a. Sentromer

Sentromer adalah kepala bundar kromosom, yang tersebuat pusat kromosom dan membagi dalam kromosom menjadi sebagai 2 lengan. Bagian ini adalah area penyempitan pertama pada kromosom padat dan khusus. Daerah tersebut juga disebut sebagai Kinetochore atau tempat di mana poros atas terpasang.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Endokrin

b. Lengan

Dalam bagian lengan tersebut adalah sebuah bagian yang utama kromosom, yang berisi gen dan kromosom. Pada umumnya, jumlah lengan dalam kromosom 2, akan tetapi dengan beberapa yang hanya satu. Lengan tersebut dapat dibungkus dengan selaput tipis, di mana ada matriks diisi dengan cairan bening, yang mengisi semua dalam bagian lengan.

Pada umumnya, kromosom terdiri dari beberapa struktur dalam bagian, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Sentromer, merupakan bagian dari kromosom yang dapat menyempit dan tampak lebih terang. Dalam sentromer ada butiran kecil yang disebut sebagai bola.
  • Kromomer, merupakan mengental dalam kromonem. Kromomer mengandung protein yang dapat mengandung molekul DNA. Bekerja sebagai pembawa untuk keturunan, hingga dapat disebut dengan fokus gen.
  • Satelit, merupakan tonjolan dan tambahan di bagian ujung kromosom. Tidak semua kromosom memiliki sebuah satelit.
  • Kromonema, dalam bentuk pita spiral menebal.
  • Telomer, merupakan bagian ujung-ujung dalam kromosom yang mencegah ujung-ujung satu kromosom agar tidak terhubung ke kromosom lain.

Organisasi Nukleosom dan Kromosom

Dalam adanya sebuah organisasi tersebut, yakni dapat dibagi menjadi 2, diantaranya ialah:

a. Nucleosome (Unit Dasar Kromosom)

Nukleosom yakni dapat ditemukan dalam semua kromosom eukariotik. Dapat dikatakan bahwa adanya sebuah nukleosom adalah struktur paling sederhana ketika mengemas DNA eukariotik.

Pengemasan dilakukan dengan membungkus DNA di sekitar sumbu nukleosom, termasuk octamer protein dasar kecil dan disebut sebagai histone sumbu. Protein aksis sumbu ini memiliki muatan dasar atau positif karena mengandung banyak asam amino lisin dan arginin.

b. Organisasi Kromosom

Bagian utama dari sel terdiri dari inti sel dan sitoplasma. Di dalam inti ada benang halus yang disebut kromatin. Ketika sel siap untuk membelah, membentuk kromosom dan benang halus dipintal.

Baca Juga :  Pengertian Lemak

Kromosom merupakan struktur padat yang terdiri atas dua komponen molekul, yakni DNA dan protein. Struktur padat kromosom hanya bisa terlihat jelas dalam tahap metafase selama pembelahan sel.

Fungsi Kromoson

Ada 3 fungsi utama dalam kromosom, yakni:

  • Sebagai lokasi untuk informasi genetik yang diturunkan dari orang tua kepada anak untuk membentuk sifat dan karakteristik individu.
  • Peran yang penting terhadap pembelahan dalam sel.
  • Tentukan jenis terhadap kelamin seseorang.

Bentuk Kromosom

Bentuk kromosom dengan didasarkan pada lokasi sentromer, dibagi menjadi dengan beberapa bentuk, ada yang memiliki satu lengan, yang lain memiliki dua lengan.

Bentuk-bentuk dalam kromosom diantaranya ialah:

  • Akrosentrik, termasuk salah satu sel yang bentuk sentromernya dekat salah satu termasuk bagian ujung terhadap kromosom.
  • Telosentris, termasuk salah satu sel terhadap sentromer berada di bagian ujung kromosom.

Kromosom merupakan adanya sebuah struktur padat yang terdiri atas 2 komponen molekul, yakni DNA dan protein. Setiap sel terdiri atas 3 bagian utama, yakni sitoplasma (cairan sel), inti sel (nucleus sel), dan membran pelindung sel.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kromosom. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.