Pengertian Manajemen

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian manajemen serta tujuan, prinsip, jenis dan 4 fungsi dasar manajemen. Berikut penjelasannya…

Pengertian Manajemen

Secara umum, pengertian manajemen adalah seni dalam sains dan organisasi seperti mengatur rencana, membangun organisasi dan mengatur, memindahkan, dan mengendalikan atau mengendalikan.

Dapat juga diartikan bahwa manajemen adalah ilmu yang sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan kelompok-kelompok tertentu dan masyarakat luas.

Secara etimologis, gagasan manajemen adalah seni untuk mengimplementasikan dan mengatur.

Manajemen juga dipandang sebagai ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan dalam organisasi, sebagai usaha patungan dengan beberapa orang dalam organisasi.

Jadi, ada orang yang merumuskan dan menerapkan tindakan manajemen yang disebut manajer.

Agar lebih memahami tentang pengertian manajemen, berikut kami sajikan beberapa pengertian manajemen menurut para ahli:

Menurut Sawaldjo Puspopranoto (2006: 99)

Manajemen adalah proses pencapaian tujuan organisasi dengan bekerja bersama dan melalui orang dan sumber daya organisasi lainnya.

Menurut Bahasa Melayu S. Hasibuan (2000: 2)

Manajemen merupakan ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

Menurut T. Hani Handoko (2000: 10)

Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menafsirkan, dan mencapai tujuan organisasi dengan menerapkan fungsi perencanaan, pengorganisasian, persiapan personel, pengarahan, kepemimpinan, dan pengawasan.

pengertian manajemen

Tujuan Manajemen

  • Menerapkan dan mengevaluasi strategi yang kami pilih secara efektif dan efisien.
  • Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan meninjau situasi dan membuat berbagai penyesuaian dan koreksi jika ada penyimpangan dalam implementasi strategi.
  • Selalu memperbarui strategi yang kami rumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  • Selalu meninjau kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman peluang yang ada.
  • Selalu berinovasi pada aktivitas sehingga kita hidup lebih teratur.
Baca Juga :  Pengertian Distribusi

Prinsip Manajemen

Menurut Henry Fayol, prinsip dasar manajemen adalah sebagai berikut:

  1. Pembagian kerja (division of work)
  2. Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
  3. Disiplin (discipline)
  4. Kesatuan perintah (unity of command)
  5. Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  6. Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
  7. Pembayaran upah yang adil (renumeration)
  8. Pemusatan (centralisation)
  9. Hirarki (hierarchy)
  10. Tata tertib (order)
  11. Keadilan (equity)
  12. Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)
  13. Inisiatif (Inisiative)
  14. Semangat kesatuan

4 Fungsi Dasar Manajemen

Perencanaan (Planning)

Fungsi dasar pertama Manajemen adalah Perencanaan dan Pengambilan Keputusan. Pada dasarnya, Perencanaan atau Perencanaan menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara terbaik untuk mencapainya.

Sedangkan Pengambilan Keputusan adalah bagian dari Perencanaan yang terkait dengan pemilihan langkah atau tugas yang harus dilakukan untuk mencapai target organisasi.

Dalam perencanaan harus memiliki batas waktu sampai kapan tugas-tugas ini harus dilaksanakan dan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.

Pengorganisasian (Organizing)

Setelah merencanakan dan menetapkan langkah-langkah atau tugas untuk mencapai tujuan organisasi, fungsi manajemen selanjutnya adalah mengatur orang yang tepat dan sumber daya lain untuk melaksanakan rencana yang direncanakan.

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan Pengorganisasian adalah mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam perencanaan kepada individu atau kelompok yang terdapat dalam organisasi yang bersangkutan.

Dalam fungsi Pengorganisasian ada pengelompokan kegiatan dan persiapan Struktur Organisasi dan menjelaskan fungsi masing-masing bagian dan sifat hubungan antara bagian-bagian ini dalam struktur organisasi.

Pemimpinan (Leading)

Setelah menetapkan perencanaan dan pengorganisasian sumber daya yang diperlukan, fungsi ketiga Manajemen adalah Memimpin atau ada yang menyebut fungsi manajemen ini sebagai Pengarahan.

Leading in Management adalah serangkaian proses yang digunakan sehingga setiap anggota dalam organisasi dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Keuangan

Seorang Manajer harus mampu membimbing, mengarahkan, memobilisasi dan memotivasi serta mempengaruhi bawahan untuk dapat melakukan tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan / sasaran organisasi.

Pengendalian (Controlling)

Fungsi manajemen terakhir adalah Kontrol atau Pengendalian, Fungsi Kontrol ini terkait dengan pengumpulan informasi yang digunakan untuk mengukur kinerja organisasi.

Memantau kemajuan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi.

Dalam fungsi kontrol ini, seorang manajer selalu mengawasi jalannya tugas atau kegiatan yang diarahkan untuk mencapai Sasaran Organisasi yang telah ditetapkan.

Jenis-Jenis Manajemen

Fungsi manajemen ini adalah sebagai elemen dasar dan selalu ada dalam proses manajemen yang akan digunakan sebagai referensi atau tolok ukur oleh seorang manajer dalam menjalankan aktivitas untuk mencapai tujuan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Berikut jenis-jenis manajemen dalam sebuah perusahaan:

1. Manajemen Keuangan

Untuk mengatur perencanaan, penganggaran, inspeksi, manajemen, kontrol, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. (Baca : Manajemen Keuangan)

2. Manajemen Waktu

Untuk perencanaan, pengorganisasian, penggerak, dan pemantauan produktivitas waktu.

3. Manajemen Pemasaran

Untuk pengembangan komunikasi, produk dan promosi, serta strategi distribusi, penetapan harga produk dan pengiriman layanan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen. (Baca : Manajemen Pemasaran)

4. Manajemen Sumber Daya Manusia

Untuk mengatur hubungan dan peran sumber daya yang dimiliki dan menangani berbagai masalah dalam lingkup karyawan, karyawan, buruh, manajer dan pekerja lain untuk dapat mendukung kegiatan suatu organisasi atau perusahaan

5. Manajemen Strategi

Untuk menyusun, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan dan tindakan yang dapat digunakan untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi. (Baca : Manajemen Strategi)

6. Manajemen Administrasi Kantor

Untuk memberikan informasi tentang layanan administrasi yang diperlukan untuk melakukan kegiatan secara efektif dan berdampak pada kelancaran di bidang lain yang mencakup ruang lingkup perusahaan.

Baca Juga :  Prinsip Etika Bisnis Dalam Sebuah Perusahaan

7. Manajemen Produksi

Merupakan salah satu manajemen yang berperan dalam mengoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. (Baca : Manajemen Produksi)

8. Manajemen Pengetahuan

Kumpulan perangkat, strategi dan teknik guna memelihara, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan berbagi pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman.

9. Manajemen Risiko

Untuk Menemukan Potensi Kerugian, Mengevaluasi Potensi Kerugian dan Memilih Metode Manajemen. (Baca : Manajemen Risiko)

10. Manajemen Proses

Untuk pembuatan atau penghapusan proses yang dibuat oleh pengguna atau sistem, suspensi dan asumsi, mekanisme lengkap

untuk menyinkronkan proses, mekanisme lengkap untuk komunikasi proses, mekanisme lengkap untuk kontrol kebuntuan.

11. Manajemen Pendidikan

Merupakan bagian dari proses memanfaatkan semua sumber daya melalui orang lain, serta bekerja dengan mereka, proses ini dilakukan untuk satu tujuan bersama secara efektif, serta efisien dan produktif.

12. Manajemen Stres

Kemampuan untuk menggunakan sumber daya (manusia) secara efektif untuk menangani gangguan atau kelainan mental atau emosional.

Baca juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian manajemen serta tujuan, prinsip, jenis dan 4 fungsi dasar manajemen. Semoga bermanfaat.

Pengertian Manajemen
5 (100%) 2 vote[s]