Pengertian Marketing (Pemasaran)

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali akan membahas tentang pengertian marketing atau dalam bahasa Indonesia adalah pemasaran beserta konsep, strategi, tujuan dan juga faktor yang mempengaruhi dalam strategi pemasaran. Tanpa panjang lebar berikut penjelasannya.

Pengertian Marketing (Pemasaran)

Pemasaran adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

Cara membuat produk, menentukan harga, tempat penjualan dan membeli produk ini untuk konsumen. Agar lebih memahami berikut kami sajikan beberapa pengertian Marketing (Pemasaran) menurut beberapa ahli.

Menurut Philip Kotler

Marketing adalah kegiatan sosial dan pengaturan yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan membuat produk dan kemudian menukarnya dengan nilai nominal tertentu kepada pihak lain.

Menurut Hasan (2013: 4)

Marketing adalah proses mengidentifikasi, menciptakan dan mengkomunikasikan nilai-nilai, dan menjaga hubungan yang memuaskan pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Menurut Swastha dan Irawan (2008: 5)

Marketing adalah salah satu kegiatan utama yang dilakukan oleh pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup mereka, untuk mengembangkan dan mendapatkan keuntungan.

Konsep Marketing (Pemasaran)

pengertian marketing (pemasaran)

Konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan;

pertukaran, pasar, pemasaran dan transaksi dan hubungan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan, dan permintaan.

Kebutuhan tersebut dirasakan tidak adanya kepuasan dasar negara tertentu. Keinginan adalah keinginan kuat untuk kepuasan yang khusus untuk kebutuhan yang lebih dalam.

Sedangkan Permintaan adalah keinginan untuk produk tertentu yang didukung oleh kemampuan dan kemauan untuk membelinya.

Baca Juga :  Pengertian Preferensi Konsumen

Strategi Marketing (Pemasaran)

Strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan di mana strategi pemasaran adalah cara untuk mencapai tujuan perusahaan,

karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang tahu itu. Ini juga didukung oleh pendapat Swastha.

Strategi adalah serangkaian desain besar yang menggambarkan bagaimana perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.

Sehingga dalam menjalankan bisnis kecil, perlu dikembangkan melalui strategi pemasarannya. Karena ketika kondisi kritis sebenarnya adalah bisnis kecil yang mampu memberikan pertumbuhan pendapatan masyarakat.

Tujuan Marketing (Pemasaran)

  1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kami produksi dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka untuk produk yang diproduksi.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan secara rinci semua kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari deskripsi produk, desain produk, promosi produk, iklan produk, komunikasi kepada konsumen, hingga pengiriman produk untuk menjangkau konsumen dengan cepat.
  3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk itu cocok dan bisa menjual sendiri.

Faktor Strategi Marketing (Pemasaran)

  1. Faktor mikro, yaitu pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
  2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk pemasaran:

Dari sudut pandang penjual:

  1. Tempat (place),
  2. Kualitas produk (product),
  3. Harga kompetitif (price), dan
  4. Promosi (Promotion).

Dari sudut pandang konsumen:

  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
  2. Biaya untuk pelanggan (cost to the customer),
  3. Kenyamanan (convenience), dan
  4. Komunikasi (communication).

Dari apa yang telah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional dan perencanaan suatu perusahaan.

Baca Juga :  Pengertian Kepuasan Pelanggan

Pemasaran berkelanjutan harus memiliki koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di departemen pemasaran), sehingga dapat menciptakan sinergi dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian marketing atau dalam bahasa Indonesia adalah pemasaran beserta konsep, strategi, tujuan dan juga faktor yang mempengaruhi dalam strategi pemasaran. Semoga bermanfaat.

Pengertian Marketing (Pemasaran)
5 (100%) 1 vote[s]