Pengertian Media Massa

Posted on

Pengertian Media Massa – Sebuah istilah yang telah digunakan sejak 1920-an sebagai merujuk pada jenis media yang dirancang khusus untuk menjangkau komunitas yang begitu sangat luas.

Fungsi dan peran media massa sangat penting untuk pengembangan komunikasi publik. Media massa merujuk dalam teknologi yang digunakan untuk saluran terhadap sekelompok kecil orang dalam berkomunikasi yakni lebih banyak orang.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Media Massa. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk.. Simak sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Media Massa ?

Sebuah istilah yang telah digunakan sejak 1920-an untuk merujuk pada jenis media yang dirancang khusus untuk menjangkau komunitas yang begitu sangat luas.

Pengertian-Media-Massa

Fungsi dan peran media massa sangat penting untuk pengembangan komunikasi publik. Media massa merujuk pada teknologi yang digunakan sebagai saluran untuk sekelompok kecil orang untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang.

Media massa termasuk dalam istilah yang telah digunakan sejak tahun 1920-an untuk merujuk pada jenis media yang telah dirancang khusus untuk menjangkau masyarakat yang sangat luas. Dalam percakapan sehari-hari, istilah tersebut yakni dapat disingkat sebagai media.

Karena pilihan mereka yang terbatas, orang-orang dengan tingkat ekonomi rendah lebih bergantung pada media massa dan lebih membutuhkannya daripada orang-orang dengan tingkat ekonomi tinggi.

Masyarakat dalam sebuah tingkat ekonomi yang lebih tinggi yakni mempunyai lebih banyak pilihan dan akses ke banyak media massa, termasuk mewawancarai sumber atau pakar langsung, dari pada mengandalkan sebuah informasi yang mereka terima dari media massa tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Perpustakaan

Jenis – Jenis Media Massa

Contoh-Media-Massa

Terdapat beberapa jenis dalam media ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Media Massa Tradisional

Media massa tradisional merupakan sebuah media massa yang otoriter dan mempunyai sebuah organisasi yang begitu jelas untuk media massa. Media massa secara tradisional diklasifikasikan yakni televisi, koran, radio, majalah, film (layar besar). Jenis media ini memiliki berbagai ciri, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Informasi dari suatu daerah sekitarnya dipilih, didistribusikan dan diterjemahkan.
  • Penerima pesan yang bentuknya tidak pasif, milik komunitas dan memilih informasi yang akan diterimanya.
  • Media massa yakni dapat menyampaikan dan mengirim sebuah informasi dengan melalui saluran tersebut.
  • Interaksi antara sumber pesan dan penerima rendah.

2. Media Massa Modern

Seiring waktu dan perkembangan teknologi dan sosial budaya, media lain telah berkembang, yang kemudian digabungkan menjadi media massa seperti Internet dan telepon seluler. Jenis media ini diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Konten berita disediakan yakni tidak hanya terhadap sebuah institusi atau organisasi, tetapi terhadap individu.
  • Sumber dapat mengirim pesannya ke banyak penerima (misalnya dalam Via SMS atau atau via Internet).
  • Arus komunikasi sedang berlangsung.
  • Tidak ada terjadinya sebuah perantara, interaksi tersebut yakni terjadi dalam individu.
  • Penerima yakni dapat menentukan waktu dalam interaksi.

Fungsi Pers atau Media Massa

Berdasarkan dalam sebuah ketentuan Pasal 33 UU No. 40 Tahun 1999 mengenai pers, fungsi pers adalah media informasi, hiburan, pendidikan, dan kontrol sosial, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Memenuhi Hak Masyarakat

Cari tahu bagaimana dapat melestarikan adanya sebuah nilai-nilai inti demokrasi dan mempromosikan aturan hukum dan hak asasi manusia. Selain itu, pers harus menghormati keanekaragaman opini publik yang berkembang yakni dengan berdasarkan sebuah informasi yang akurat dan benar.

Baca Juga :  Ragam Bahasa

b. Sebagai Aktor Media Informasi

Pers yakni dapat menyampaikan dan menginformasikan kepada publik mengenai sebuah acara-acara, dan orang-orang membeli koran karena mereka membutuhkan sebuah informasi.

c. Fungsi Pendidikan

Pers adalahyakni termasuk dalam sebuah sarana mass education atau pendidikan massa, pers yakni dapat berisikan sebuah tulisan-tulisan yang berisi pengetahuan sehingga orang bisa memperluas pengetahuan dan wawasan mereka.

d. Fungsi Hiburan

Pers yakni berisi hal-hal yang memiliki sifat hiburan sebagai mengimbangi dalam berita sulit dan artikel penting. Dalam bentuk cerita pendek, cerita bergambar, cerita bersambung, teka-teki silang, karikatur, dan pojok.

e. Fungsi Kontrol Sosial

Fungsi tersebut yakni mengandung sebuah makna demokratis, yang mengandung unsur-unsur, diantaranya ialah:

  • Partisipasi sosial (partisipasi masyarakat dalam pemerintahan).
  • Tanggung jawab sosial (tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat).
  • Dukungan sosial (dukungan populasi untuk pemerintah)
  • Kontrol sosial (kontrol masyarakat atas tindakan terhadap pemerintah)

f. Sebagai Lembaga Ekonomi

Pers adalah sebuah perusahaan pers yang bisa menggunakan situasi di Sekiktarnya sebagai nilai penjualan, sehingga pers sebagai lembaga sosial dapat memperoleh manfaat sebesar mungkin bagi kelangsungan hidup pers itu sendiri dari hasil produksinya.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan dengan cara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Media Massa. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.