Pengertian Modal

Posted on

Pengertian Modal – Termasuk dalam sebuah faktor terpenting dalam aktivitas manufaktur. Untuk perusahaan yang baru memulai atau dalam bisnis, modal digunakan sebagai menjalankan operasi bisnis.

Hasil dalam produksi digunakan kembali sebagai produksi selanjutnya. Kemudian, ketika mengembangkan definisi modal, nilai lebih, daya beli dan kemampuan serta kekuatan dalam menggunakan barang modal ditekankan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Modal, jenis-jenis, sumber dan manfaatnya. Untuk ulasan selengkapnya, yukk… Simak sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Modal ?

Pengertian Modal merupakan sebuah kumpulan barang atau uang yang berfungsi untuk dasar dalam melaksanakan terhadap sebuah pesanan.

Modal dalam bahasa Inggris berarti modal, yakni barang-barang yang di produksi oleh alam atau manusia untuk menghasilkan barang-barang lain yang dibutuhkan manusia dalam tujuan menghasilkan sebuah keuntungan.

Pengertian-Modal

Modal termasuk dalam hal yang sangat penting dengan suatu perusahaan. Tanpa modal, bisnis tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Mulai dari perusahaan besar dan bisnis kecil, dan membutuhkan modal sebagai menjalankan sebuah bisnis tersebut.

Intinya, modal merupakan sebuah adalah modal perusahaan yang paling penting untuk melakukan bisnis, yang umumnya dalam bentuk dana. Dengan uang, bisnis dapat berjalan dengan lancar dengan mendukung sebuah proses produksi sampai pemasaran.

Jenis – Jenis Modal

Terdapat jenis-jenis modal beserta fungsi, diantaranya ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Fungsi Permintaan

1. Jenis Modal Berdasarkan Sumber Modal

Modal dengan berdasarkan sumbernya, dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni modal eksternal dan modal internal, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Modal Eksternal

Modal eksternal merupakan sebuah modal dari luar perusahaan atau dana yang telah diperoleh dari suatu pemegang saham atau kreditor yang dapat berpartisipasi dalam perusahaan. Karena modal internal terbatas, ada kebutuhan untuk modal eksternal yang dapat ditarik dari luar dan tidak terbatas.

b. Modal Internal

Modal internal adalah adanya sebuah modal yang biasanya diperoleh perusahaan dari penjualan itu sendiri. Sulit menggunakan modal internal untuk mengembangkan bisnis karena terbatas dan sulit untuk melihat peningkatan yang telah signifikan.

Contoh-Modal

2. Jenis Modal Berdasarkan Wujud

Jenis-jenis modal yakni dapat dibedakan dengan berdasarkan bentuknya, yakni modal abstrak atau modal pasif atau modal konkret atau modal aktif, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Modal Abstrak (Modal Pasif)

Modal abstrak adalah kebalikan dari modal konkret, yang tidak dapat dilihat dalam teks biasa. Namun demikian, modal ini juga penting untuk keberlanjutan perusahaan, misalnya dalam kaitannya dengan hak cipta, kualifikasi kerja, dan cabang.

b. Modal Konkret (Modal Aktif)

Modal beton adalah modal aktif, yaitu dapat dilihat dalam bentuk material atau material. Ini termasuk modal beton misalnya lokasi, bahan baku, gudang, mesin, dan bentuk infrastruktur yang lainnya.

3. Jenis Modal Berdasarkan Fungsi

Karena fungsinya, modal bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu modal sosial dan modal individu, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Modal Sosial

Modal sosial merupakan sebuah modal terhadap kalangan masyarakat di mana dalam modal tersebut yakni dapat membawa sebuah manfaat bagi publik dalam melakukan kegiatan produksi. Contohnya pelabuhan, jalan raya, dan pasar.

Baca Juga :  Buku Besar 4 Kolom

b. Modal Perseorangan

Modal individu merupakan sebuah modal yang berasal dari seseorang yang memiliki fungsi memfasilitasi berbagai kegiatan dan menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya. Contohnya ialah setoran, saham, properti pribadi, dan lain sebagainya.

Manfaat Modal

Terdapat berbagai manfaat dalam sebuah modal, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Meningkatkan dengan sebuah investasi dalam perekonomian yang mengembangkan investasi yang sangat dibutuhkan. Tingkat investasi meningkat dengan penciptaan perusahaan baru yang difasilitasi dengan modal ventura.
  • Untuk dapat mendukung dalam pengembangan perusahaan, perusahaan yang sedang berkembang membutuhkan dana besar, dan dana ini tidak selalu tersedia dengan cara memadai.
  • Salah satu dengan sebuah kesulitan terhadap memulai perusahaan baru adalah kesulitan dalam meningkatkan modal. Dengan hadirnya modal ventura, hambatan bisa dihilangkan.
  • Dengan merampingkan transfer teknologi, teknologi dalam sebuah perusahaan tidak selalu merupakan teknologi terbaik. Diperlukan dana yang cukup besar untuk mendapatkan teknologi terbaik.
  • Memfasilitasi penciptaan dalam perusahaan baru.

Modal termasuk dalam hal yang sangat penting dengan suatu perusahaan. Dengan uang, bisnis dapat berjalan dengan lancar dengan mendukung sebuah proses produksi sampai pemasaran.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Modal, jenis-jenis, beserta manfaatnya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.