Pengertian Mollusca

Posted on

Pengertian Mollusca – Kelompok vertebrata yang telah mempunyai sebuah tubuh yang bersifat lunak. Tubuh lunak tersebut mampu dilindungi oleh shell, meskipun beberapa tidak dikupas.

Moluska sangat berguna bagi kehidupan manusia, banyak jenis moluska digunakan dengan cara yang berbeda. Jumlah moluska saat ini diperkirakan mencapai 75.000 spesies dan 35.000 spesies dalam bentuk fosil ditambahkan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai Pengertian Mollusca dengan cara jelas, dan lengkap. Untuk mengetahui ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Apa itu Pengertian Mollusca ?

Pengertian Mollusca merupakan sekelompok hewan yang memiliki sebuah bentuk lunak dan tripoblastik multi-seluler.

Pengertian-Mollusca

Istilah Mollusca yakni berasal dari sebuah kata Yunani Molluscus dan artinya lembut. Moluska ditemukan pada hewan lunak baik dengan dan tanpa cangkang, dari berbagai jenis kerang, chitons, siput, dan gurita dan kerabat mereka. Mollusca adalah filum yang terbesar kedua di dunia hewan (Animalia) setelah filum dari arthropoda.

Saat ini diperkirakan ada 75.000 spesies, dengan 35.000 ditambahkan sebagai posil. Moluska hidup di air tawar, air payau, air laut, dan darat. Habitat moluska terletak di parit-parit benua hingga gunung-gunung yang tinggi dan bahkan dapat ditemukan di sekitar rumah kita tanpa masalah. Moluska diperiksa dalam cabang zoologi yang disebut malakologi.

Ciri – Ciri Mollusca

Terdapat beberapa ciri-ciri dalam mollusca, yang akan dijelaskan sebaagai berikut:

  • Merupakan sebuah selomata dari hewan tripoblastik.
  • Terdapat invertebrata (tidak mempunyai suatu tulang belakang).
  • Bentuk tidak macet dan tubuh yang bersifat lunak.
  • Hidup di air dan di darat.
  • Memiliki simetri bilateral dari struktur tubuh.
  • Bereproduksi secara berhubungan.
  • Ukuran terhadap tubuh bervariasi.
  • Memiliki sebuah cincin kondisi, yang merupakan pada sebuah sistem saraf.
  • Memiliki sebuah radula.
  • Organ ekskresi dalam bentuk nefridia.
  • Adalah hewan hermafrodit yang memiliki dua jenis kelamin (betina dan jantan) dalam satu tubuh.
  • Apakah hewan heterotrofik.
  • Tubuh terdiri atas massa visceral, kaki, dan mineral.
Baca Juga :  Fungsi Kelenjar Cowper

Struktur Tubuh Mollusca

Tubuh Mollusca memiliki sebuah tiga struktur utama, diantaranya ialah:

  • Kaki, ialah termasuk bagian tubuh yang diregangkan terdiri atas otot. Kaki moluska digunakan sebagai bergerak, menggali, merangkak. Beberapa jenis kaki moluska yang dapat digantikan oleh tentakel, yang tugasnya adalah menangkap mangsa.
  • Mantel, adalah sebuah bagian yang membungkus dan melindungi massa visceral. Ada rongga cairan di mantel, di mana ada anus, insang, dan ekskresi. Jaket dapat memisahkan pada sebuah komponen shell atau cangkang.
  • Massa Viseral, yang merupakan dalam bagian lunak tubuh tempat organ berada di dalam tubuh. Massa yang ditutupi dengan jaringan tebal yakni dapat disebut sebagai mantel.

Sistem Organ Mollusca

Terdapat beberapa ssebuah sistem dalam organ mollusca, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Sistem Pencernaan Mollusca

Sistem pencernaan moluska terdiri atas kerongkongan, usus, mulut, lambung, dan anus. Pada jenis moluska tersebut, ada organ di mulut seperti rahang dan lidah bergerigi yang bisa bergerak maju dan mundur.

b. Sistem Saraf Mollusca

Sistem saraf Mollusca terdiri atas cincin saraf yang dapat mengelilingi pada sebuah kerongkongan dan pada serabut saraf lainnya dengan menyebar dari sebuah cincin ini yang berada di persarafan dengan berbagai organ.

c. Sistem Peredaran Darah Mollusca

Sistem peredaran darah Mollusca adalah sistem peredaran darah terbuka, dengan pengecualian kelas Cephalopoda. Pentingnya sistem peredaran darah adalah bahwa darah mengalir dari rongga tubuh terbuka dan tidak ada arteri atau vena utama yang dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga tekanan darah lambat dan organ-organ dibanjiri dengan darah.

d. Sistem Respirasi Mollusca

Sistem pernapasan Mollusca berbeda, ketika hewan hidup di air, mereka bermain sebagai insang, sementara dalam hewan hidup yang berada darat melalui paru-paru, tetapi juga dapat terjadi melalui pertukaran udara dengan bulu, sistem kerjanya mirip terhadap paru-paru.

Baca Juga :  Pengertian Genetika

e. Sistem Ekskresi Mollusca

Sistem ekskresi Mollusca adalah dalam bentuk Nefridia, yang memiliki efek seperti ginjal. Nefridia juga mengeluarkan sisa metabolisme dengan sebuah bentuk cair.

Kelompok vertebrata yang telah mempunyai sebuah tubuh yang bersifat lunak. Jumlah moluska saat ini diperkirakan mencapai 75.000 spesies dan 35.000 spesies dalam bentuk fosil ditambahkan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan dengan cara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Mollsca. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.