Pengertian Motivation Letter

Posted on

Pengertian Motivation Letter – Bagi mereka yang tidak tahu surat motivasi, surat itu tentu saja akan dicampur dengan riwayat hidup atau kurikulum ketika mereka melamar pekerjaan atau beasiswa tertentu.

Surat ini sangat penting dan “sakral” ketika digunakan untuk melamar pekerjaan dan beasiswa, karena mereka yang menerima kami juga memperhitungkan surat motivasi yang mereka berikan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Motivation Letter. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Motivation Letter ?

Pengertian Motivation Letter yakni memiliki judul yang berbeda, Quipperian. Contohnya dalam surat motivasi atau surat niat atau surat niat atau pernyataan pribadi.

Nah, dalam suatu surat motivasi adalah esai 500 kata yang berisi tentang Anda, tujuan Anda, latar belakang pendidikan Anda, potensi Anda dan apa yang diharapkan saat Anda terus belajar. Surat motivasi pada dasarnya adalah esai yang mencerminkan cara berpikir Anda.

Sebagai aturan, motivasi untuk mengajukan beasiswa di universitas di luar negeri atau di Jerman dibuat sebagai prasyarat untuk mengajukan aplikasi, sebagai prasyarat untuk kegiatan sosial atau untuk pertukaran siswa.

Pengertian-Motivation-Letter

Bahasa yang digunakan untuk menulis surat motivasi biasanya bahasa Inggris, tetapi beberapa menggunakan bahasa Indonesia. Untuk menerima surat motivasi, Anda tidak akan berbicara banyak dan tidak akan melewatkannya. Itu hanya menunjukkan bahwa Anda memiliki kekuatan yang singkat dan ringkas.

Adapun dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan terhadap suatu surat motivasi:

  • Kualitas dalam suatu tulisan Anda, termasuk kesalahan ketik, tata bahasa, kosa kata dan banyak lagi.
  • Berat esai Anda, baik yang terinspirasi atau biografis.
  • Keterampilan yang Anda miliki.
  • Pengalaman seperti kegiatan sosial, kompetisi, organisasi dan banyak lagi.
  • Adanya suatu proyek yang telah dilakukan.
  • Sesuaikan dalam suatu tujuan antara konten serat motivasi dan tujuan.
Baca Juga :  Pengertian Kata Kerja - Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, beserta Berdasarkan Objek

Trik Menulis Motivation Letter

Contoh-Motivation-Letter

Terdapat berbagai trik dalam menulis motivation letter, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Ikuti Guiding Questions

Ketika Anda menulis surat motivasi, Anda biasanya akan menerima beberapa informasi atau poin yang bermanfaat di kampus atau tujuan terkait yang harus Anda perjelas dalam surat motivasi Anda. Juga tulis sesuai dengan instruksi. Jangan menulis hal-hal yang menurut Anda ingin diketahui kampus, tetapi tidak ada referensi ke petunjuknya.

2. Tuliskan Secara Terstruktur

Perekrut tidak bingung ketika membaca surat motivasi. Jadi, Anda harus menulis terstruktur. Misalnya, dari pengalaman hidup yang mendorong Anda melamar beasiswa atau pekerjaan.

Cukup tulis biografi diri Anda, pelajari keterampilan Anda, apa tujuan Anda untuk beasiswa itu, dan banyak lagi. Tulis langkah demi langkah dan aturlah agar itu adalah hasil dari surat motivasi yang baik.

3. Tata Bahasa

Menulis surat motivasi tidak seperti menulis Cerita Instagram Quipperian. Jadi gunakan tata bahasa yang baik dan benar. Gunakan kata-kata standar, ingat tanda baca dan hindari menggunakan singkatan seperti “Yang” atau “ADL”. Cobalah rendah hati untuk menulis surat motivasi, tidak sombong, tetapi tidak pesimis.

4. Beritahu Kelebihan dan Kekurangan

Saat akan menulis sebuah surat motivasi, kejujuran adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Untuk melakukan ini, jelaskan kekuatan dan kelemahannya agar tidak diberhentikan. Kekuatan apa yang Anda bedakan dari kandidat lainnya?

Tulis dan jelaskan. Kekuatan yang berbeda ini dapat membuat rekrutan Anda lebih menarik. Itu juga dapat memberi tahu Anda tentang kelemahan atau kelemahan Anda, tetapi itu juga berarti bahwa bahkan jika Anda memiliki kelemahan ini, Anda masih memiliki kekuatan dan mungkin bermaksud untuk memperbaikinya.

Baca Juga :  Pengertian Kritik

5. Proofread

Sebelum Anda memilih surat motivasi untuk diajukan, tentu saja Quipperian. Ini untuk menghindari kesalahan pengetikan, kalimat tidak terbaca dan kekurangan lainnya.

Ketika Anda selesai menulis, istirahat 30 menit dan bacalah lagi. Anda juga dapat memperoleh bantuan dari orang lain seperti orang tua, saudari, saudara, teman, atau guru untuk bersaksi.

6. Jelaskan Visi Kamu

Perekrut juga ingin tahu apakah Anda memiliki visi atau impian yang dapat Anda sadari ketika mengajukan permohonan beasiswa. Jelaskan apa impian Anda dan bagaimana hibah ini akan membantu Anda mewujudkan impian itu. Tidak hanya beasiswa ini, tetapi juga menulis adalah langkah lain yang dapat diambil untuk mewujudkan visi Anda.

Contoh Motivation Letter

Yth.
Panita Universitas Lampung,

Surat motivasi ini, yang saya tulis, menyatakan minat saya untuk melamar staf Universitas Lampung. Setelah melihat visi Misi Bantuan Hukum & Kampus, saya yakin bahwa saya benar-benar layak mendapatkannya dan ingin mencobanya.

Minat ini didasarkan pada latar belakang hukum dari perguruan tinggi yang saya pegang di fakultas hukum universitas selama empat (4) tahun. Tujuan saya adalah belajar lebih banyak tentang bantuan hukum dan menjadi bagian dari karir masa depan saya.

Materi kuliah yang saya ikuti di Fakultas Hukum UNIVERSITAS, serta pengalaman saya di bidang bantuan hukum, adalah dorongan untuk memasuki area Universitas Lampung, dan selalu merupakan fondasi yang kuat bagi saya untuk melegalkan publik mengenai masalah hukum mendukung. .

Dengan bergabung dengan FH UHM PKBH, pengalaman tambahan di bidang bantuan hukum untuk masyarakat harus dikumpulkan. Selain itu, invasi LBH dapat dipertahankan, jika ceramah ilmiah duduk di bangku, dapat berguna bagi kita dan orang lain.

Baca Juga :  Struktur Legenda - Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Unsur-Unsur Legenda

Saya percaya bahwa ketika saya bekerja keras dan orang-orang yang dapat bekerja dalam tim dengan solusi dan yurisprudensi memiliki inovasi untuk meningkatkan masa depan hukum di Indonesia.

Harapan besar untuk belajar banyak dari fasilitas ini.

Hormat saya

Ukhti Andinda

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Motivation Letter. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.