Pengertian Orientasi

Posted on

Pengertian Orientasi – Awal atau pengantar dalam sebuah peristiwa atau cerita bersejarah. Biasanya termasuk pengantar karakter dalam sebuah cerita yang nantinya diceritakan.

Selama fase orientasi ini, karyawan baru diperkenalkan ke latar belakang perusahaan sehingga karyawan bisa melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan mencapai sebuah tujuan yang diharapkan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Orientasi. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukkk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Orientasi ?

Pengertian Orientasi adalah adanya sebuah perilaku dan sikap terhadap karyawan yang menciptakan harmoni di suatu tempat kerja dan dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan cara individu dalam sebuah perusahaan tersebut.

Pada umumnya, di perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Ketika karyawan baru bergabung dengan perusahaan, fase orientasi atau pengakuan akan dimulai.

Pengertian-Orientasi

Dalam fase orientasi ini, adanya seorang karyawan baru diperkenalkan ke latar belakang perusahaan sehingga karyawan dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan mencapai tujuan yang akan diharapkan.

Memahami orientasi karyawan merupakan adanya sebuah program yang dapat dikembangkan di sebuah perusahaan untuk membawa karyawan baru lebih dekat ke peran karyawan, tempat kerja, kehidupan sosial-budaya dan lingkungan kerja tersebut.

Tujuan Orientasi

Terdapat beberapa tujuan dalam orientassi, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Memberikan sebuah informasi tentang pekerjaan dan organisasi.
  • Meningkatkan adanya sebuah penerimaan interpersonal di antara karyawan.
  • Membuat kesan yang menguntungkan pada karyawan organisasi dan pekerjaan.
  • Pastikan bahwa kinerja dan produktivitas karyawan mulai lebih cepat.
  • Upaya orientasi mengenai organisasi dan pekerjaan.
  • Meningkatkan penerimaan interpersonal di antara karyawan.
  • Mempercepat sosialisasi dan integrasi karyawan baru ke dalam organisasi.
  • Mempercepat sosialisasi dan integrasi karyawan baru ke dalam organisasi.
  • Pastikan bahwa kinerja dan produktivitas terhadap karyawan yakni agar mulai lebih cepat.
Baca Juga :  Pengertian Idiom

Macam – Macam Orientasi

Ada proses di mana individu dapat memahami kondisi lingkungan mereka sehingga mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan mereka, dan proses ini disebut orientasi. Berbagai jenis orientasi, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Orientasi Waktu
    Adalah adanya sebuah kemampuan seseorang untuk memahami waktu, tanggal, hari, rasio waktu, bulan, sekarang, musim, tahun, masa lalu atau masa depan.
  • Orientasi Individu
    Adalah adanya sebuah kemampuan seseorang untuk menunjukkan identitas mereka dan lingkungan mereka.
  • Orientasi Lokasi
    Adalah kemampuan untuk memahami batas tempat atau ruang yang ditempati dan hubungannya dengan tempat lain.

Keuntungan dan Kelemahan Orientasi

Adapun beberapa keuntungan dan kelemahan dalam orientasi ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Keuntungan Orientasi

Upaya orientasi yang efektif juga berkontribusi pada keberhasilan jangka pendek dan jangka panjang. Praktik SDM berikut berisi saran tentang cara membuat orientasi karyawan lebih efektif.

Salah satu cara dalam mengembangkan adanya sebuah efisiensi dari orientasi ialah dengan menggunakan orientasi elektronik. Beberapa pengusaha memposting informasi orientasi karyawan umum pada intranet perusahaan atau situs web.

b. Kelemahan Orientasi

Kelemahan umum dari program orientasi terletak pada pengawas. Meskipun departemen sumber daya manusia telah secara efektif menciptakan program orientasi dan melatih para atasan untuk mengorientasikan diri mereka di bidang mereka, seringkali gagal.

Untuk menghindari kesalahan umum yang dilakukan oleh atasan, departemen SDM harus memberikan panduan yang menjelaskan apa yang harus dilakukan manajer dalam program orientasi. Pilihan lain adalah sistem buddy. Yaitu, dengan mempekerjakan karyawan berpengalaman untuk mengundang karyawan baru.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Orientasi, tujuan, macam-macam, keuntungan dan kelemahan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.