Pengertian Penelitian

Posted on

Pengertian Penelitian – Adanya sebuah terapkan terhadap aplikasi ilmiah dari penilaian masalah untuk mendapatkan informasi yang dapat bermanfaat dan dalam sebuah hasil yang dapat dipertanggung jawab atau dicapai.

Pencarian adalah untuk menemukan segalanya untuk mengisi kesenjangan atau kekurangan yang ada dan menggali lebih dalam apa yang ada, untuk memperluas dan mengembangkan.

Dalam pembahasan kali ini yang akan kami jelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Penelitian. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Penelitian ?

Pengertian Penelitian adalah termasuk dalam sebuah proses memecahkan masalah menggunakan dalam suatu metode ilmiah untuk memecahkan masalah sistematis.

Hasil penelitian selanjutnya ialah suatu teori-teori baru yang terkait dengan masalah yang sedang diselidiki atau kesimpulan dari klaim yang dibuat sebelumnya. Memahami penelitian adalah adanya sebuah proses investigasi yang aktif, hidup, dan sistematis yang melibatkan menafsirkan, menemukan, dan memperbaiki fakta.

Pendapat lain yakni dapat menunjukkan bahwa mendefinisikan penelitian adalah proses sistematis yang meneliti berbagai bahan dan sumber daya untuk menentukan fakta dan menarik kesimpulan baru.

Pengertian-Penelitian

Tujuan penelitian ialah sebagai menemukan atau mengambil data untuk maksud dan tujuan tertentu. Oleh karena itu, penelitian atau penelitian harus dilakukan secara ilmiah berdasarkan karakteristik ilmiah, yaitu:

  • Empiris, merupakan sebuah penelitian karenanya harus didasarkan pada sumber pengetahuan yang berasal dari pengamatan pikiran manusia. Dengan teknik ini, prosesnya juga bisa dilihat oleh orang lain.
  • Rasional, merupakan bahwa adanya suatu penelitian harus dilakukan dengan cara yang rasional atau rasional untuk mencapai pemikiran manusia.
  • Sistematis, tujuannya adalah agar penelitian dilakukan melalui langkah-langkah spesifik yang logis dan tertata sesuai dengan sistem yang akan disusun untuk menjelaskan urutan sebab dan akibat dari objek penelitian.
Baca Juga :  Surat Dinas

Ciri-Ciri Penelitian

Kegiatan penelitian harus mempunyai dengan berbagai karakteristik tersebut. Berikut ialah ciri-ciri dalam penelitian:

  • Bersifat Ilmiah, tujuannya adalah untuk meneliti prosedur dan menggunakan bukti yang meyakinkan dengan fakta objektif.
  • Prosesnya Berkesinambungan, hasil penelitian dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu dengan proses yang berkelanjutan.
  • Memberikan Kontribusi, adalah untuk berkontribusi atau menambah nilai pada pengetahuan yang ada.
  • Analitis, adalah penelitian yang dilakukan harus ditunjukkan dan dijelaskan secara analitis menggunakan metode ilmiah, dan ada hubungan kausal antara variabel.

Sikap Seorang Peneliti

Adapun berbagai jenis sikap yang harus dimiliki terhadap seorang peneliti adalah:

  • Objektif
    Objektif merupakan seorang peneliti yang dapat memisahkan pendapat pribadi dari fakta.
  • Kompeten
    Kompeten dengan sebagai peneliti harus melakukan penelitian berdasarkan fakta yang diperoleh, bukan atas dasar harapan, obsesi atau sifat non-abstrak.
  • Efisien
    Kompetisi adalah peneliti yang baik yang perlu belajar bagaimana menerapkan metode dan teknik penelitian tertentu.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini ialah sebagai menemukan dalam suatu pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. Menurut beberapa ahli, ada tiga tujuan penelitian praktis, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Tujuan Eksploratif

Dalam hal ini, penelitian eksplorasi masih untuk menemukan pengetahuan baru. Misalnya, penelitian tentang manfaat ekstra kayu manis untuk masalah diabetes dalam tubuh manusia.

b. Tujuan Pengembangan

Penelitian dalam sebuah tujuan pengembangan ialah sebagai memperdalam atau memperluas pembelajaran atau pengetahuan yang ada. Misalnya, penelitian tentang manfaat ekstrak kulit untuk masalah diabetes yang ada.

c. Tujuan Verifikatif

Penelitian untuk tujuan verifikasi adalah untuk membuktikan pengetahuan yang ada atau mengujinya lagi. Sebagai contoh, itu membuktikan efektivitas ekstrak jerawat sebagai antibakteri.

Jenis – jenis Penelitian

Terdapat berbagai jenis-jenis dalam penelitian ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Pengertian Diskusi

a. Deskriptif

Tujuan dari penelitian tersebut ialah sebagai menggambarkan gejala atau fenomena secara lebih rinci. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bentuk tipologi atau pola tentang fenomena yang dibahas.

b. Fundamental atau Murni

Penelitian ini telah lama bermanfaat. Penerapan manfaat ini lebih luas, karena penelitian biasanya dilakukan sesuai kebutuhan para peneliti. Penelitian murni juga mencakup penelitian yang dilakukan dalam lingkungan akademik. Misalnya skripsi, skripsi dan disertasi.

c. Konseptual

adalah kerangka berpikir yang komprehensif untuk menemukan jawaban ilmiah untuk masalah penelitian yang menjelaskan variabel, hubungan antara variabel secara teoritis dan penelitian.

d. Terapan

Penelitian yang bermanfaat bagi orang dapat dirasakan secara langsung. Penelitian terapan dilakukan untuk mengatasi masalah yang ada, sehingga hasil penelitian harus segera diatasi.

e. Empiris

sebagai sumber pengetahuan yang harus dicari dalam pengalaman, pandangan bahwa semua ide adalah abstraksi yang muncul dari kombinasi pengalaman, pengalaman indrawi sebagai satu-satunya sumber pengetahuan dan bukan sebagai penyebabnya.

f. Kuantitatif

Kuantitatif merupakan adanya suatu ilmiah yang sistematis yakni tentang bagian dan fenomena dan hubungan.

g. Analitis

Penelitian epidermologis mencoba menjelaskan faktor risiko dan penyebab adanya suatu penyakit.

h. Kualitatif

Kualitatif merupakan suatu penelitian yang didasarkan pada filosofi post-positivisme dan digunakan untuk mempelajari kondisi alam. Oleh karena itu penelitian ialah alat utama.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Penelitian. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.