Pengertian Perilaku Konsumen

Posted on

Pengertian Perilaku Konsumen – Dengan cara sederhana, konsumen bisa di definisikan sebagai orang yang menggunakan dan membeli barang atau jasa dari produsen yang kemudian di delegasikan terhadap perantara lain sebagai di distribusikan dan dijual.

Perilaku terhadap konsumen adalah yang dapat mendasari konsumen, bahkan ketika membuat keputusan pembelian. Ketika Anda membeli barang, tentu saja akan berpikir dua kali tentang apa yang ingin Anda beli.

Dalam pembahasan yang akan kita sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Perilaku Konsumen. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Perilaku Konsumen ?

Pengertian Perilaku Konsumen merupakan adanya sebuah kegiatan yang terkait erat terhadap pembelian barang atau jasa. Mungkin sedikit bingung dengan perilaku seperti apa yang dimaksud atau dibagi menjadi perilaku terhadap konsumen.

Dengan meninjau artikel berikut, perilaku konsumen dibahas secara mendalam. Berdasarkan definisi, proses, jenis, untuk mengetahui bagaimana konsumen mengalami masalah yang sering dihadapi dengan pembelian.

Pengertian-Perilaku-Konsumen

Pada dasarnya, dalam sebuah ruang lingkup perilaku terhadap konsumen sangat luas. Mungkin Anda melakukan perilaku konsumen, tetapi Anda tidak mengenalinya. Hal-hal seperti itu sering terjadi ketika membeli.

Perilaku konsumen inilah yang mendasari konsumen sebagai membuat keputusan pembelian. Ketika Anda memilih barang atau produk, terhadap konsumen, yakni selalu memikirkan barang yang ingin Anda beli terlebih dahulu. Berdasarkan harga, fungsi, kualitas, atau kegunaan barang dan lain-lain.

Baca Juga :  Audit Sistem Informasi

Berpikir, dalam mempertanyakan dan mempertimbangkan barang sebelum membelinya adalah atau merupakan bagian dari perilaku konsumen. Seperti yang sudah dijelaskan, adanya sebuah perilaku konsumen terkait erat terhadap penjualan dan pembelian barang dan jasa.

Jenis – Jenis Perilaku Konsumen

Terdapat beberapa jenis-jenis dalam perilaku tersebut, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Konsumen yang Berpatokan Pada Harga

Jenis konsumen ini paling umum yakni ketika ia biasanya memiliki fitur yang ia hanya tertarik terhadap harga yang lebih murah.

b. Konsumen yang Suka Menjadi Trend Setter

Tren dalam hidup bergiliran. Apakah itu teknologi, mode atau hal lain akan berubah tergantung pada waktu dan selera orang. Ada tipe konsumen yang cenderung ingin menjadi trendsetter dan selalu berusaha membeli barang yang merupakan versi terbaru. Jadi dia akan mempunyai suatu harga dirinya sendiri karena dia nantinya akan menjadi panutan atau penentu tren bagi orang lain.

c. Konsumen yang Lebih Memilih Menjadi Follower

Sebaliknya berbanding lurus dengan tipe yang disebutkan di atas, tipe follower konsumen sebenarnya akan menggunakan atau membeli item yang akan dipukul. Dia biasanya membeli barang karena dipengaruhi oleh tren dan pengaruh iklan.

d. Konsumen Pemula

Pemula tidak terlalu perhatian. Dia akan membeli barang sesuai keinginannya saat itu. Biasanya konsumen jenis ini tidak terlalu banyak bertanya kepada penjual. Jika dia merasa cocok, barang tersebut segera dibeli.

e. Konsumen yang Mementingkan Keuntungan

Sedangkan tipe trailer berikutnya adalah konsumen yang cukup diperhitungkan karena ingin menerima barang tetapi tidak berlebihan atau tidak terpengaruh oleh faktor apa pun. Biasanya, konsumen jenis ini hanya membeli barang yang memenuhi kebutuhan mereka.

f. Konsumen yang Mengutamakan Kualitas

Memperhatikan dalam sebuah kualitas sangat penting karena tidak ada gunanya menjadi murah jika ternyata kualitas barang yang Anda beli murah. Konsumen seperti itu tidak akan menolak untuk membeli barang dengan harga mahal asalkan kualitas barang sebenarnya sebanding terhadap harga.

Baca Juga :  Pengertian Akomodasi

g. Pelanggan

Jenis terhadap konsumen terakhir merupakan sebuah pelanggan. Konsumen jenis ini sudah terbiasa yakni dapat membeli di sebuah tempat tersebut dan akan terus membeli barang di tempat atau penjual yang begitu sama.

h. Konsumen Jeli

Konsumen jeli biasanya yakni selalu banyak pertimbangan. Dia akan memantau kualitas barang yang dijual dan membandingkan harga di satu tempat dengan yang lain. Biasanya, dalam suatu konsumen jenis ini tidak ragu untuk menawar untuk mendapatkan harga terendah.

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Perilaku-Konsumen

Terdapat 5 faktor internal yang relevan dengan proses keputusan pembelian, ialah:

a. Persepsi (Perception)

Persepsi merupakan sebuah hasil dari penjelasan seseorang tentang rangsangan atau peristiwa yang mereka terima dengan berdasarkan pengalaman dan informasi mereka dengan rangsangan.

b. Motivasi (Motivation)

Motivasi merupakan adanya sebuah dorongan atau keinginan yang begitu sangat tumbuh dalam diri manusia sebagai mencapai sebuah tujuan tersebut.

c. Integras (Integration)

Integrasi merupakan adanya sebuah kesamaan antara sikap dan tindakan, integritas adalah reaksi terhadap sikap. Perasaan seperti akan mendorong seseorang dalam membeli, sementara perasaan tidak suka membuat keputusan seseorang untuk tidak membeli sebuah produk.

d. Pembentukan Sikap (Attitude Formation)

Pembentukan suatu sikap merupakan sebuah nilai yang terletak pada seseorang yang mencerminkan sikap untuk menyukai atau tidak menyukai sesuatu terhadap seseorang.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Perilaku Konsumen. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.