Pengertian Piutang

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Pada kesempatan kali ini akan memberikan rangkuman dan pembahasan mengenai pengertian piutang dan pengakuan pendapatan sampai dengan ketentuan penghapusan piutang, selamat membaca …

Pengertian Piutang

Piutang merupakan jenis transaksi dalam akuntansi yang mengurusi penagihan konsumen atau pelanggan yang berhutang kepada seseorang, perusahaan maupun organisasi untuk sebuah layanan atau barang yang sudah diberikan kepada konsumen atau pelanggan tersebut itulah yang disebut pengertian piutang.

Klasifikasi Piutang

Pada saat berada di dalam akuntansi, penggolongan / klasifikasi piutang memegang peranan yang penting.

Adanya suatu penggolongan atau pengelompokan tersebut akan mengantarkan pembaca laporan keuangan lebih memahami unsur-unsur yang disampaikan dalam neraca.

Ikatan Akuntan Indonesia menurut (PSAK) menyatakan, menurut sumber terjadinya, piutang digolongkan dalam dua kategori yakni piutang usaha dll.

Piutang usaha melibatkan piutang yang timbul sebab penjualan produk atau penyerahan jasa dalam rangka kegiatan usaha normal perusahaan.

Piutang yang terjadi dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan tergolong sebagai piutang lain-lain.

Pencatatan Piutang

Pengertian Piutang, Klasifikasi, Pencatatan, Penghapusan dan Pengakuan Pendapatan

Metode Konvesional, dalam metode ini posting ke dalam kartu piutang dilakukan dari dasar data yang dicatat dalam jurnal. berbagai transaksi yang memengaruhi piutang adalah :

1). Transaksi Penjualan Kredit, transaksi tersebut diposting melalui kartu piutang atas dasar data yang sudah tercatat dalam jurnal penjualan tersebut.

2). Transaksi Penjualan, posting transaksi berkurangnya piutang dari transaksi retur penjualan di posting ke melalui kartu piutang atas dasar data yang sudah tercatat dalam jurnal retur penjualan.

3). Transaksi Penerimaan, posting transaksi yang akan berkurangnya piutang dari pelunasan piutang oleh debitur di posting ke dalam kartu piutang atas dasar data yang sudah tercatat dalam jurnal umum.

Baca Juga :  Cara Perhitungan Uang Pesangon

4). Transaksi Penghapusan Piutang, transaksi berkurangnya piutang dari transaksi penghapusan piutang di posting ke melalui kartu piutang atas dasar data yang tercatat dalam jurnal umum.

Pengapusan Piutang

Penghapusan piutang dalam pengertian sederhana ialah kerugian yang harus ditanggung oelh perusahaan sebab adanya piutang yang tidak bisa ditagih.

Piutang tidak bisa ditagih selain sebab peminjam mempunyai kondisi yang menyulitkannya membayar, dan juga bisa disebabkan karena tidak dibuatnya kontrak maupun perjanjian yang jelas dan dilindungi hukum

1). Metode Langsung

Metode penghapusan piutang langsung. Dalam metode langsung, penghapusan piutang baru akan dicatat dalam pembukuan pada saat piutang telah benar-benar dinyatakan tidak bisa ditagih lagi.

Metode ini biasanya dipakai oleh perusahaan kecil atau perusahaan yang tidak bisa memperkirakan penghapusan piutang atau piutang tak tertagih dengan tepat.

2). Metode Cadangan

Metode penghapusan piutang cadangan. Pada saat berada di dalam metode cadangan, perusahaan butuh melakukan penafsiran terhadap piutang tak tertagih pada tiap akhir periode pembukuan.

Metode ini biasanya diapakai oleh perusahaan yang mempunyai skala besar yang sudah terbiasa mencatat perkiraan atau estimasi piutang yang tak bisa ditagih.

Secara umum, pedoman untuk pengakuan pendapatan sangat luas. Prinsip pengakuan perolehan memberikan sebuah perusahaan pengetahuan bahwa mereka harus mengakui pendapatan.

1). Ketika pendapatan tersebut sudah direalisasikan dan
2). Ketika sudah diterima atau didapatkan.

Oleh sebab itu, pengakuan pendapatan yang benar melibatkan 3 syarat yaitu :

  • Syarat pertama Pendapatan direalisasikan ketika suatu perusahaan melakukan pertukaran barang serta jasa untuk memperoleh cash.
  • Kedua yakni Pendapatan bisa direalisasikan pada saat aset yang diterima perusahaan dari pertukaran (exchange) siap untuk ditukarkan menjadi sejumlah uang.
  • Pendapatan dihasilkan atau diperoleh pada saat suatu perusahaan sudah menyelesaikan apa yang harus dia kerjakan untuk memperoleh keuntungan, pada saat earning process selesai.
Baca Juga :  Pengertian Manajemen Keuangan

Baca Juga :

Demikianlah artikel dari kami tentang Pengertian Piutang, Klasifikasi, Pencatatan, Penghapusan dan Pengakuan Pendapatan semoga bermanfaat.

Pengertian Piutang
5 (100%) 1 vote[s]