Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli – Dalam sekelompok individu terhadap karakteristik yang sama yang tinggal di tempat yang sama dan dapat bereproduksi dengan cara individu.

Area dalam generalisasi terdiri dari subjek atau objek yang memiliki kualitas dan sifat tertentu, yang ditentukan dengan peneliti untuk diteliti, dan yang kemudian menarik sebuah kesimpulan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan dengan cara lengkap yakni mengenai populasi. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan nya secara bersama-sama.

Apa itu Populasi ?

Pengertian Populasi merupakan adanya sekelompok individu terhadap karakteristik (spesies) yang serupa dengan hidup dalam sebuah tempat yang sama dan dapat bereproduksi di antara mereka sendiri.

Konsep tersebut, yakni banyak digunakan dalam sebuah genetika dan ekologi terhadap populasi. Ekologi yakni dapat melihat adanya sebuah populasi sebagai elemen dari sistem yang lebih luas. Populasi spesies adalah bagian dari komunitas. Selain itu, evolusi juga bekerja lintas populasi.

Pengertian-Populasi-Menurut-Para-Ahli

Di sisi lain, genetika dapat melihat adanya sebuah populasi sebagai tempat atau sarana sebagai alat pertukaran pada alel yang menjadi milik setiap anggota. Adanya sebuah dinamika terhadap frekuensi alel dengan populasi termasuk perhatian utama terhadap studi genetik populasi.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian dalam populasi menurut para ahli, yang akan dijelaskan sebagai berikut:

a. Menurut Margono

Menurut Margono merupakan setiap data yang menjadi fokus perhatian peneliti dalam ruang lingkup dan waktu yang ditentukan. Populasi terkait terhadap data. Ketika semua orang memberikan data, jumlah atau ukuran dalam populasi sama dengan jumlah orang.

Baca Juga :  Bimbingan Dan Kerja Sama

b. Menurut Suharsimi Arikunto

Menurut Suharsimi Arikunto merupakan sebagai keseluruhan objek atau subjek terhadap penelitian. Jika seorang peneliti ingin memeriksa semua elemen yang ada di area penelitiannya, maka penelitian ini adalah studi populasi.

c. Menurut Ismiyanto

Menurut Ismiyanto merupakan adanya sebuah representasi terhadap populasi secara keseluruhan atau semua topik penelitian dalam bentuk orang, benda atau sesuatu yang dengannya data informasi dapat diperoleh dengan penelitian.

d. Menurut Sugiyono

Menurut Sugiyono adalah area generalisasi yang terdiri dari objek atau subjek yang mempunyai sebuah sifat dan kualitas tertentu yang telah ditentukan dengan peneliti sebagai diperiksa, dan kemudian akan menarik kesimpulan.

e. Menurut Furchan

Menurut Furchan adalah sebuah objek, dalam semua anggota kelompok, atau adanya sebuah peristiwa yang telah dirumuskan dengan cara jelas terhadap sang peneliti.

f. Menurut Husaini Usman

Menurut Husaini Usman merupakan semua dalam nilai hasil pengukuran dan perhitungan, baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan karakteristik tertentu dalam kaitannya dengan kelompok objek yang jelas dan lengkap.

g. Menurut Hadari Nawawi

Menurut Hadari Nawawi merupakan seluruh objek penelitian yang terdiri dari orang, peristiwa, benda, hewan, tanaman, gejala atau hasil pengujian sebagai sumber data, yang memiliki karakteristik tertentu dengan sebuah penelitian yang dapat dilakukan.

h. Menurut Nazir

Menurut Nazir adalah sekelompok orang yang kualitas dan karakternya telah ditentukan oleh para peneliti. Properti atau kualitas ini disebut variabel. Dia dapat membagi dalam sebuah populasi dengan menjadi dua, yaitu populasi terbatas dan populasi tak terbatas.

i. Menurut Sabar

Menurut Sabar merupakan seluruh objek dalam sebuah penelitian. Jika seseorang ingin memeriksa atau meneliti terhadap semua elemen di dalam daerah penelitian, merupakan sebuah studi terhadap studi populasi, populasi, atau sensus.

Baca Juga :  Pengertian Akomodasi

Ciri – Ciri Populasi

Terdapat beberapa ciri-ciri terhadap populasi, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Adanya sebuah struktur dalam organisasi yang konstan atau berfluktuasi tergantung pada suatu waktu.
  • Terintegrasi dengan berbagai faktor genetik dan ekologis, yaitu adanya sebuah kemampuan dalam bereproduksi, beradaptasi, dan juga tahan.
  • Adanya suatu hresditas terhadap populasi.
  • Mempunyai sebuah nilai untuk kisah hidup (antigenik), yaitu, dari awal hingga akhir ketika tumbuh, ketika dibedakan, ketika menjadi tua, sampai mati.
  • Dipengaruhi dengan adanya interior terhadap lingkungan dan reaksi terhadap perubahan terhadap lingkungan.

Dalam populasi, ialah danya sekelompok individu terhadap karakteristik (spesies) yang serupa dengan hidup dalam sebuah tempat yang sama dan dapat bereproduksi di antara mereka sendiri.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Populasi Menurut Para Ahli beserta ciri-cirinya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat.