Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

2 min read

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli – Berikut ini menunjukkan pemahaman dan penjelasan Anda tentang psikologi berdasarkan umum, bahasa, dan oleh para ahli.

Memahami psikologi menurut KBBI (Kamus Indonesia) ialah ilmu yang membahas dalam sebuah proses mental serta anomali dan efeknya pada tindakan. Itu juga dapat diartikan sebagai gejala sains dan aktivitas mental.

Pengertian Psikologi Menurut Bahasa

Kata psikologi berasal dari bahasa Latin, ‘psyche’ dan ‘logos’. Jiwa yang artinya jiwa, sementara logos artinya pengetahuan. Karena itu mungkin untuk menyimpulkan secara singkat dengan aspek psikologis bahasa sebagai studi psikologi.

Pengertian Psikologi Secara Umum

Memahami psikologi secara umum ialah adanya suatu bidang sains dan penerapannya pada sains, perilaku, dan proses mental secara ilmiah. Orang yang ahli di bidang psikologi disebut psikolog.

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian-Psikologi-Menurut-Para-Ahli

Berikut ini ialah berbagai penjelasan tentang beberapa definisi dan definisi psikologi oleh para ahli, baik nasional maupun internasional, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Menurut Plato dan Aristoteles

Pengertian psikologi yakni dengan menurut Plato dan Aristoteles ialah adanya suatu imlu tentang jiwa dan proses sampai akhir.

Baca Juga :  Pengertian Negara Berkembang

2. Menurut Kurt Koffka

Definisi psikologi menurut Kurt Koffka ialah adanya suatu studi ilmiah tentang tindakan makhluk hidup dalam kaitannya dengan dunia luar.

3. Menurut Dr. Singgih Dirgagunarsa

Menurut pendapat Dr. Padahal, definisi psikologi yakni pada umumnya ialah studi tentang adanya suatu perilaku manusia.

4. Menurut Wilhem Wundt

Definisi psikologi ialah adanya suatu studi tentang pengalaman yang muncul pada manusia, seperti indera, perasaan, pikiran, dan keinginan.

5. Menurut Hilgert

Definisi psikologi dalam pendapat Higlert ialah adanya suatu untuk mempelajari perilaku hewan dan manusia yang lainnya.

6. Menurut Jhon Locke

Definisi psikologi ialah semua pengetahuan, setiap reaksi dan setiap perasaan jiwa manusia. Dipertahankan dengan melalui pengalaman melalui indera.

7. Menurut John Broadus Watson

Menurut John Broadus Watson, psikologi adalah studi tentang perilaku yang kelihatan (luar) dengan menggunakan metode objektif yakni dengan mengamati stimulasi dan respons (jawaban).

8. Menurut Chaplin

Psikologi adalah ilmu tentang perilaku manusia dan hewan serta studi tentang organisme dalam semua kompleksitas mereka yang berbeda ketika mereka bereaksi terhadap kondisi lingkungan dan peristiwa sosial yang berubah saat ini dan yang berubah.

Contoh-Psikologi

9. Menurut Clifford T. Morgan

Definisi psikologi Clifford T. Morgan adalah adanya suatu studi atau suatu ilmu yakni tentang perilaku hewan dan manusia.

10. Menurut Ruch

Psikologi ialah adanya ilmu yang mempelajari tentang manusia. Secara umum, memahami psikologi adalah bagian dari ilmu biologi dan bagian dari ilmu. Tanam di sepanjang dua bidang utama dan sambungkan dua.

11. Menurut George Berkeley

Menurut teori psikologi yakni menurut George Berkeley, pemahaman singkat tentang psikologi adalah ilmu persepsi.

12. Menurut Knight

Psikologi dapat didefinisikan sebagai studi sistematis tentang pengalaman manusia dan hewan, baik abnormal dan normal, individu dan sosial.

Baca Juga :  Tugas BPUPKI

13. Menurut Mussen dan Rosenzwieg

Di masa lalu, psikologi didefinisikan sebagai studi tentang “pikiran” (pikiran) atau studi pikiran, tetapi dalam perkembangannya kata pikiran diubah menjadi “perilaku” (perilaku), sehingga psikologi didefinisikan sebagai studi tentang perilaku manusia.

14. Menurut Clifford T. Morgan

Psikologi adalah ilmu tentang perilaku manusia dan hewan. Psikologi pada dasarnya adalah studi tentang perilaku manusia dan hewan.

15. Menurut Munn dan Fernald

Psikologi didefinisikan sebagai ilmu tentang perilaku manusia, penyelidikannya tidak terbatas pada manusia dan dapat melampaui yang terlihat.

16. Menurut Moskowitz dan Orgel

Psikologi adalah ilmu empiris yang didasarkan pada pengamatan objektif dan studi eksperimental dan berfokus pada perilaku. Tujuannya adalah untuk memahami mekanisme aktivitas manusia dan menyesuaikannya untuk meningkatkan diri Anda.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Pengertian Disertasi

Evitasari
2 min read

Sejarah PNI

Evitasari
2 min read

Peristiwa Rengasdengklok

Evitasari
2 min read