Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Ras Menurut Para Ahli – Perbedaan sosial rasial yang umum di Afrika pra-kolonial, India, dan Asia. Kategori antropologi fisik untuk menentukan kelompok orang yang ada di sana ditandai dengan sejumlah fitur morfologis yang umum.

Pemikiran politik antropologis dan sosial di zaman imperialisme, kategorisasi kue dadu tanpa tanda-tanda yang jelas tentang sosial, budaya, ekonomi, politik, psikologis, dan jenis ketidaksetaraan lainnya di antara kelompok-kelompok tersebut.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Ras Menurut Para Ahli. Untuk ulasan selengkanya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Pengertian-Ras-Menurut-Para-Ahli

Dalam kata ras ini yakni berasal dari kata Perancis racx, kata Latin radix yang berarti “akar”. Istilah ini telah digunakan secara biologis sejak abad ke-20 untuk merujuk pada populasi manusia yang berbeda secara genetik terhadap anggota fenotip yang begitu sama.

1. Menurut KBBI

Menurut KBBI ras merupakan sdanya sebuah kategori terhdapa bangsa yakni dengan berdasarkan suatu sifat fisik.

2. Menurut Dunn dan Dobshansky

Konsep ras yakni menurut Dunn dan Dobshansky ialah bahwa adanya suatu kesetaraan genetik atau gen individu yakni telah memiliki sifat fisik dan biologis tertentu.

Baca Juga :  Pengertian HAM Menurut Para Ahli

3. Menurut Academic American Encyclopedia (Volume 16:37)

Dalam ras yakni dapat didefinisikan sebagai teori atau filosofi yang menjelaskan bahwa ia memiliki karakteristik seperti warna, rambut, penampilan, perilaku, postur, atau tingkat intelektual. Stigma berarti bahwa beberapa orang memperlakukan ras mereka lebih baik daripada yang lain.

4. Menurut Chainur Arrasjid (1972) Dosen Fakultas Hukum USU

Definisi ras yakni menurut Chainur Arrasjid, merupakan termasuk sekelompok orang yang mempunyai ciri-ciri yang telah menghasilkan keturunan.

5. Menurut Haldane

Definisi ras menurut Haldane merupakan adanya sekelompok banyak kesamaan dengan sejumlah karakteristik fisik spesifik dan asal geografis di wilayah tersebut.

6. Menurut Bruce J. Cohen

Oleh Bruce J. Cohen: Perlombaan sebagai sekelompok orang dengan karakteristik fisik atau biologis adalah sama.

7. Menurut Daljoeni

Definisi ras menurut Daljoeni ialah:

  • Kategori orang tertentu atau tatanan luas yang ditandai dengan karakteristik fisik seperti warna kulit, tekstur rambut, mata dan tenaga.
  • Klasifikasi manusia berdasarkan sifat biologis, contohnya Kaukasia, Australoid, Negro, dan India.

8. Menurut Banton (1967)

Definisi ras Banton adalah seperangkat peran, dengan adanya suatu perbedaan fisik yang mendasari peran yang berbeda apa yang telah dia lakukan.

9. Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary

Menurut Kamus Collegiate Baru Webster, ras adalah bentuk masyarakat manusia yang diwariskan, dan mungkin saja mereka akrab dengan spesies manusia yang lainnya.

10. Menurut Gill Dan Gilbert

Definisi ras Gill dan Gilbert sebagai konsep biologis yang mewakili sekelompok orang yang dapat berbeda dalam sifat fisik yang dihasilkan oleh proses reproduksi.

11. Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, kategori terhadap ras yakni begitu sangat bagus sebagai cara menyatukan orang-orang dalam komunitas, dan karakteristik fenotip yang berbeda, penampilan fisik, asal geografis, dan etnis diberikan.

Pengertian-Ras

12. Menurut Grosse

Menurut Grosse merupakan bahwa manusia adalah satu karena mereka terhubung secara fisik dan spiritual dengan cara yang berbeda.

Baca Juga :  Pengertian Kelompok Sosial

13. Menurut AAE

AAE percaya ras adalah ulasan teori yang digunakan untuk menunjukkan kesamaan dalam warna kulit, bentuk, penampilan, fase, warna rambut, dan psikologi.

14. Menurut Kohlbrugge

Defisini ras yakni menurut Kohlbrugge adalah bahwa manusia memiliki karakteristik fisik yang sama dengan yang diwariskan, sementara mengabaikan sifat spiritual mereka.

Dapat disimpulkan bahwa ras sebagai kelompok orang dengan karakteristik fisik adalah sama. Antropolog fisik umumnya mengklasifikasikan ras berdasarkan karakteristik fisik, lokasi geografis, dan prinsip pengembangan ras.

15. Menurut Stephen K. Sanderson

Ras menurut Stephen K. Sanderson yakni adanya suatu golongan dengan sebagai sekelompok orang yang Anda kenal dan kenal orang lain sebagai perbandingan sosial yang berfokus pada sifat fisik atau biologis.

16. Menurut Alex Thio

Menurut Alex Thio, pengertian ras yakni sebagai adanya sekelompok orang yang telah dipandang dengan berbeda oleh publik.

17. Menurut Chainur Arrasjid (1972) dosen fakustas Hukum USU

Menurut Chainur Arrasjid (1972) dosen fakustas Hukum USU merupakan sebagai sekelompok orang yang memiliki sifat tertentu yang dilahirkan untuk keturunan.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Ras Menurut Para Ahli. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.