Pengertian Samudra

Posted on

Pengertian Samudra – Samudra termasuk dalam suatu genangan air besar yang menutupi hampir 71 persen bumi dan memisahkan benua. Jutaan tahun yang lalu ketika bumi dingin, uap air di atmosfer bisa berubah menjadi air.

Samudra Pasifik adalah lautan terluas dibandingkan dengan lautan lainnya. Wilayah Pasifik mencakup sekitar setengah dari perairan di wilayah itu di ketinggian 179.700.000 km².

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Samudra. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk.. Simak sebagai berikut.

Apa itu Samudra ?

Pengertian Samudra atau Lautan adalah samudera luas dengan banyak air asin yang menghubungkannya untuk menutupi permukaan bumi yang dibatasi terhadap keberadaan benua atau pulau besar.

Samudra termasuk dalam suatu genangan air besar yang menutupi hampir 71 persen bumi dan memisahkan benua. Jutaan tahun yang lalu ketika bumi dingin, uap air di atmosfer bisa berubah menjadi air. Air kemudian terkumpul di cekungan besar yang dalam lalu menjadi bentuk samudra.

Pengertian-Samudra

Air tanah mengalir melalui sungai menuju laut. Air membawa mineral yang membentuk air asin. Orang lain di Bumi memengaruhi iklim Bumi. Lautan juga menyediakan makanan bagi manusia karena merupakan rumah bagi berbagai ikan, tanaman, dan hal-hal lainnya.

Klasifikasi 5 Samudra di Dunia

Lautan atau samudra adalah lautan wilayah yang dipisahkan oleh daratan. 75% permukaan bumi terdiri dari lautan. Laut ini dapat sepenuhnya dibagi atau dibagi menjadi 5 nama, yakni:

a. Samudra Pasifik

Samudra Pasifik adalah lautan terluas dibandingkan dengan lautan lainnya. Wilayah Pasifik mencakup sekitar setengah dari perairan di wilayah itu di ketinggian 179.700.000 km². Pasifik memanjang dari belahan bumi utara, yang membagi Pasifik menjadi Pasifik Utara dan Pasifik Selatan.

Baca Juga :  Seni Adalah

b. Samudra Hindia

Samudra Hindia adalah samudera antara benua Asia, benua Afrika dan benua Australia. 20% permukaan bumi ditutupi oleh Samudra Hindia. Luas Samudra Hindia adalah 68.526.000 kilometer persegi.

c. Samudra Arktik

Samudra Arktik adalah lautan terkecil di bumi. Luas Samudra Arktik adalah sekitar 14.056.000 km². Samudra Arktik membentang di sepanjang Kutub Utara.

Banyak bagian Laut Arktik ditutupi dengan es baik di musim dingin atau sepanjang tahun. Suhu dan salinitas di Samudra Arktik bervariasi tergantung pada musim, yang tergantung pada penutup es atau pencairan.

Karena penguapan yang rendah dan air yang terbatas dari laut ke daerah sekitarnya, salinitas rata-rata setidaknya lima laut lagi, dengan sejumlah besar air segar memasuki lautan. Jumlah es yang telah mencair di musim panas dengan mencapai 50%.

d. Samudra Antartika

Samudra Antartika adalah samudera yang tidak dikenal. Kebanyakan orang tahu Samudra Antartika sebagai es di daratan. Berikut ini adalah fitur Laut Antartika, yakni:

  • Tidak ada batasan yang jelas. Akibatnya, nama daerah tersebut digabungkan dengan laut lain di daerah tersebut.
  • Wilayah laut Antartika adalah 20.327.000 km².
  • Lautan telah tertutup es selama bertahun-tahun.
  • Area ini membentang dari pantai Antartika hingga batas 60 ° S di seluruh Antartika.
  • Untuk berlayar di laut, diperlukan kapal khusus yang dapat memecahkan es.

e. Samudra Atlantik

Atlantik adalah Pasifik kedua. Wilayah Atlantik adalah 106.450.000 km². Atlantik juga membentang di belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Atlantik menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Kekhasan Samudra Atlantik adalah bahwa ia mirip dengan huruf S.

Proses pembentukan samudera

Proses pembentukan samudera berkaitan erat dengan proses pembentukan bumi. Kami menggunakan teori lempeng tektonik untuk menjelaskan proses pembentukan bumi. Teori ini didasarkan pada sifat kulit.

Baca Juga :  Pengertian Pasar Modal

Seperti yang kita ketahui, lapisan kerak adalah lapisan terluar bumi, tipis dan tangguh. Ada lapisan abu asofo yang tebal dan keras di lantai. Lapisan bumi yang lebih dalam dikatakan memiliki suhu lebih tinggi daripada lapisan atas.

Semakin hangat suhu lapisan, semakin tinggi lapisannya. Konveksi panas terjadi sedemikian rupa sehingga aseoosfer bertindak seperti gerakan air mendidih ketika lapisan kerak membelahnya.

Pembentukan lautan di Bumi diperkirakan sekitar 4,4 miliar tahun yang lalu. Saat itu, bentuk permukaan bumi berubah akibat letusan gunung berapi.

Karena bumi ditutupi dengan debu gunung, debu ini mengirimkan sinar matahari untuk menembus bumi, sehingga uap air yang terkumpul di atmosfer tetap didistribusikan selama hujan. Karena perubahan bentuk permukaan bumi, hujan juga mengisi lembah-lembah bumi ke lautan.

Di air laut gletser pertama dengan suhu 100 derajat Celcius, ini disebabkan oleh tanah yang sangat panas dan atmosfer dikelilingi oleh karbon dioksida. Selain itu, tsunami sering terjadi karena jatuhnya asteroid ke Bumi saat ini. Gelombangnya sangat cepat karena kedekatan bumi dengan bulan.

Jumlah karbon dioksida di atmosfer bumi mulai berkurang karena kelarutan air laut dan reaksi dengan ion karbonat menjadi kalsium karbonat.

Langit mulai bersinar dan matahari menjadi matahari. Volume air laut menurun. Setelah itu, bebatuan ditangkap dan dibawa ke laut karena hujan, sehingga air laut menjadi asin.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Samudra. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.