Pengertian Sastra

Posted on

Pengertian Sastra – Sastra memiliki arti dalam bahasa yang indah atau terorganisasi secara baik, dan gaya penyajiannya begitu menarik sehingga mengesankan hati pembaca.

Berbagai karakteristik dalam keaslian, konten, keunggulan, pengerjaan, ekspresi, dan keindahan. Karya sastra itu ialah esai dan keutamaan dalam menulis bahasa yang indah dan penuh estetika.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai PPengertian Sastra, jenis, fungsi dan unsur-unsurnya. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Sastra ?

Pengertian Sastra adalah sebuah kata serapan dari Sanskrit śāstra, yang artinya teks yang berisi instruksi maupun sebuah pedoman, dari dalam sebuah kata dasar yakni śās-, yang artinya pengajaran atau instruksi.

Teks sastra bukan hanya teks yang mengandung instruksi untuk mengajar, tetapi dalam bahasa Indonesia kata tersebut biasanya digunakan sebagai merujuk pada “sastra” atau jenis tulisan yang mempunyai sebuah arti atau keindahan tersebut.

Pengertian-Sastra

Perhatikan juga penggunaan istilah sastrawi dan sastra. Segmentasi sastra mengacu pada definisi daripada teks. Sastra lebih fokus pada sastra yang memiliki nuansa puitis atau abstrak yang kental.

Istilah sastrawan ialah adanya sebuah contoh yang dapat diartikan sebagai orang yang bekerja dalam literatur dan bukan dalam literatur. Karena penulis adalah orang yang menyukai nuansa puitis dan abstrak, bukan sekadar teks.

Selain itu, sastra dalam arti sastra dapat dibagi menjadi sastra lisan atau sastra tertulis. Di sini, sastra tidak banyak berkaitan dengan penulisan, tetapi dengan bahasa yang dengannya pengalaman atau pemikiran tertentu diungkapkan. Biasanya, literatur dibagi dengan berdasarkan sebuah wilayah bahasa atau geografis.

Baca Juga :  Pengertian Teori Komunikasi

Jenis – Jenis Sastra

Terdapat beberapa sebuah jenis dalam sastra, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Prosa

Prosa adalah suatu bentuk seni sastra yang digambarkan dengan melalui penggunaan bahasa yang bebas dan tidak terikat oleh ritme, sajak, diksi, soliditas atau aturan dan pedoman sastra lainnya.

Bentuk prosa itu sendiri mempunyai dua jenis, yakni novel dan romantis. Romansa termasuk dalam sebuah kisah yang menceritakan karakter dengan cara keseluruhan sejak lahir hingga akhir hayatnya, sedangkan novel hanya menceritakan sebagian dari kehidupan karakter yang mengubah takdirnya.

2. Puisi

Puisi merupakan sebuah jenis karya sastra yang dapat digambarkan dengan suatu diksi atau kata-kata pilihan dan telah ditandai oleh diskusi yang padat tapi indah. Biasanya, puisi dapat mendorong kecenderungan seseorang untuk meningkatkan dalam kesadaran dengan melalui bahasa yang mempunyai ritme dan makna khusus.

3. Drama

Drama merupakan sebuah bentuk dalam sastra yang dijelaskan dalam bahasa yang bebas dan panjang dan disajikan dalam dialog atau monolog. Drama memiliki dua makna, yakni drama dalam bentuk drama atau naskah yang telah dipentaskan.

Terdapat beberapa macam dalam drama, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Komedi, adalah sebuah cerita yang mengandung humor dan lelucon yang dapat menghibur para penonton tersebut.
  • Opera atau Musikal, adalah sebuah drama yang diiringi musik untuk pelengkap pertunjukan seni tersebut.
  • Tragedi Komedi, adalah sebuah cerita yang berganti-ganti antara kesulitan dan lucu atau humor.
  • Tragedi, adalah sebuah cerita yang telah mengandung kesulitan atau kesusahan untuk karakter.

Fungsi Sastra

Fungsi sastra itu sendiri sangat bervariasi tergantung pada kelasnya. Berikut merupakan beberapa fungsi sastra dalam sebuah kehidupan kalangan manusia yang dapat dirasakan dan dipahami, diantaranya ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Teks Tanggapan Kritis

a. Reaktif

Fakta bahwa sastra mempunyai fungsi reaktif berarti dapat menghibur penikmat dan pembaca. Sama seperti pada sketsa yang bisa menghibur penonton. Sementara drama itu sendiri yang telah dibuat atau diklasifikasikan sebagai semacam sebuah karya sastra.

b. Estetis

sastra merupakan sebuah tulisan yang begitu sangat indah. Jadi dapat dikatakan bahwa sastra mempunyai nilai estetika yang dapat dinikmati dengan para pecinta dan pembaca.

c. Didaktif

Di mana dalam sebuah sastra bersifat mendidik. Sehingga sastra itu sendiri dapat menyampaikan sebuah informasi, wawasan maupun pengetahuan. Karena dalam sebuah karya sastra ada berbagai elemen dan nilai yang dapat kita pilih untuk penggunaan sehari-hari.

Dalam sastra, memiliki arti dalam bahasa yang indah atau terorganisasi secara baik, dan gaya penyajiannya begitu menarik, dalam keaslian, konten, keunggulan, pengerjaan, ekspresi, dan keindahan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Sastra, jenis beserta fungsinya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.