Pengertian Sistem Pemerintahan

Posted on

Pengertian Sistem Pemerintahan – Sebuah tatanan yang terdiri dari berbagai dalam komponen yang saling tergantung dan mempengaruhi terhadap fungsi pemerintah dan pencapaian suatu tujuan.

Secara umum, mereka akan mempunyai satu sistem dan emiliki sebuah tujuan utama, yakni untuk menjaga dalam stabilitas negara yang dimaksud.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai pengertian sistem dalam pemerintahan, beserta macam-macamnya. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Sistem Pemerintahan ?

Pengertian Sistem Pemerintahan merupakan adanya sebuah sistem yang terdiri dalam berbagai komponen, di mana dalam setiap komponen yakni telah menjadi satu dalam kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam satu tatanan tunggal.

Pengertian-Sistem-Pemerintahan

Setiap komponen yakni telah mempunyai sebuah kemitraan yang bersifat kuat, terikat dengan satu sama lain, beserta pada dasarnya memiliki sebuah tujuan dan memiliki sebuah fungsi terhadap pemerintahan tersebut.

Sistem pemerintahan dalam suatu negara secara umumnya akan mempunyai sebuah sistem dan sebuah tujuan utama tertentu, yakni menjaga dalam stabilitas negara yang dimaksud. Sistem pemerintahan tersebut harus memiliki fondasi yang kuat, tidak ada yang dapat menggoyahkannya.

Sistem pemerintahan dalam suatu negara tidak harus statis. Karena pada nantinya dalam sebuah sistem pemerintahan statis ini akan menimbulkan sejumlah kerugian tersendiri untuk pemerintah, terutama jika bukan hanya statis tetapi juga absolut.

Macam – Macam Sistem Pemerintahan

Terdapat beberapa sebuah macam-macam dalam sistem pemerintahan yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Baca Juga :  Konferensi Asia Afrika

1. Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem pemerintahan presidensial merupakan adanya sebuah sistem dalam pemerintahan dengan suatu kekuasaan tertinggi di tangan presiden. Dalam sistem pemerintahan tersebut, presiden akan bertindak sebagai kepala pemerintahan, yang memiliki hak untuk membuat dalam berbagai keputusan atau tindakan yang berkaitan terhadap negara.

2. Sistem Pemerintahan Komunis

Sistem pemerintahan komunis merupakan adanya sebuah sistem dalam pemerintahan yang telah menganut terhadap prinsip komunisme (yang tidak mengakui adanya suatu keberadaan Tuhan).

Dalam sebuah pemerintahan komunis, yakni pada setiap orang harus hidup secara setara, tidak ada yang miskin atau yang kaya, setiap orang harus saling mendukung dan harus daling membantu.

3. Sistem Pemerintahan Parlementer

Sistem pemerintahan parlementer merupakan adanya sebuah sistem dalam pemerintahan di mana parlemen yakni telah memainkan sebuah peran yang sangat besar terhadap pemerintahan. Dalam sistem pemerintahan parlementer, parlemen di pemerintahan memiliki hak.

Sistem-Pemerintah

Mempunyai sebuah kekuatan untuk menunjuk perdana menteri dan menggulingkan pemerintah, yang memerintah dalam negara dengan berbagai cara, termasuk melalui mosi tidak percaya dalam pemerintah yang telah berkuasa.

4. Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal

Sistem pemerintahan demokratis liberal merupakan adnaya sebuah sistem dalam pemerintahan yang telah dikombinasikan terhadap sistem pemerintahan secara demokratis dan dalam sebuah sistem pemerintahan liberal.

Dalam sebuah sistem pemerintahan tersebut, yakni dapat kontrol pada sebuah yang telah kekuasaan dilakukan oleh kepala pemerintahan yang dipilih dengan cara langsung dari rakyat.

5. Sistem Pemerintahan Semi Presidensial

Sistem pemerintahan semi presidensial adalah merupakan adanya sebuah sistem dalam pemerintahan gabungan antara sistem pemerintahan presidensial dan sistem pemerintahan parlementer.

Dalam sebuah sistem pemerintahan tersebut, yakni dalam otoritas tertinggi terletak pada dua partai, yaitu di tangan Parlemen (sebagai Wakil Rakyat) dan Presiden (sebagai Kepala Negara).

Baca Juga :  Pengertian Distribusi

6. Sistem Pemerintahan Liberal

Sistem pemerintahan liberal merupakan adanya sebuah sistem dalam pemerintahan yang telah menganut dalam suatu prinsip kebebasan sebagai dasar untuk menentukan kebijakannya. Dalam sebuah sistem pemerintahan tersebut, pemerintah tidak menyediakan banyak kebijakan dan sebagian besar dalam kegiatan negara dapat dilakukan dengan sektor swasta.

Dalam sistem ini, memiliki suatu tatanan yang terdiri dari berbagai dalam komponen yang saling tergantung dan mempengaruhi terhadap fungsi pemerintah.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Sistem Pemerintahan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermnafaat.