Pengertian Teknik

Posted on

Pengertian Teknik – Istilah teknik sangat berkaitan erat dengan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknik sendiri pada dasarnya merupakan salah satu buah ilmu pengetahuan yang berhasil membuat kehidupan manusia menjadi jauh lebih mudah.

Dengan teknik pekerjaan yang sulit akan menjadi mudah, pekerjaan yang berat akan menjadi ringan, dan pekerjaan yang lama akan menjadi cepat. Lantas apa sih sebenarnya pengertian teknik? Secara singkat teknik dapat diartikan sebagai metode, cara, ataupun langkah-langkah yang bisa digunakan untuk memecahkan permasalahan yang dimiliki oleh manusia.

Selain pengertian di atas, teknik juga dapat diartikan dalam beberapa pengertian dan jenis-jenis sebagai berikut.

Pengertian Teknik

Engineering yang sering juga disebut dengan engineering adalah penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menyelesaikan masalah manusia. Sebagaimana dijelaskan di atas, teknik membuat segala sesuatu dalam kehidupan manusia menjadi lebih mudah, ringan, dan juga lebih cepat.

Jika dikaji secara mendalam, pengertian rekayasa merupakan sekumpulan gagasan yang diperoleh dari kajian tertentu yang sengaja dibuat untuk kenyamanan manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Teknik biasanya dibuat secara detail oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

Menurut beberapa ahli, manusia pada dasarnya sudah dibekali dengan kemampuan teknis sejak lahir, bahkan jauh sebelum istilah teknik ditemukan. Manusia diciptakan dilengkapi dengan pikiran yang bisa berkembang tanpa batas. Pikiran manusia biasanya selalu mencari jalan termudah dan tercepat.

Manusia biasanya ingin menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan mudah, dan otak manusia merespon keinginan tersebut dengan berbagai macam pemikiran yang mengarah pada penemuan-penemuan di dunia sains dan teknologi.

Baca Juga :  Contoh Karya Ilmiah

Dalam proses perkembangannya, manusia biasanya menerapkan sistem trial error untuk bisa mendapatkan teknik atau metode tertentu yang dapat mempermudah aktivitasnya.

Setelah dunia ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang, aktivitas trial error berkurang dan manusia mulai menggunakan apa yang mereka temukan sebelumnya sebagai acuan dan dasar untuk membuat berbagai macam penemuan baru lainnya.

Hingga saat ini dunia teknik terus mengalami perkembangan setiap harinya melalui berbagai macam inovasi baru di bidang iptek. Saat ini, ruang lingkup keteknikan juga semakin luas dan tersebar di segala aspek kehidupan manusia.

Jenis-jenis Teknik

pengertian teknik dan jenis-jenisnya

Teknik Arsitektur

Lebih dikenal sebagai teknik bangunan, yaitu penerapan prinsip dan teknologi teknik pada desain dan konstruksi bangunan.

Teknik Sipil

Merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya bangunan dan infrastruktur, tetapi termasuk lingkungan untuk kepentingan kehidupan manusia.

Teknik Lingkungan

Tentang menerapkan pemikiran dan teknik serta manajemen untuk menjaga dan melindungi kesehatan dan keselamatan manusia, dan lingkungan secara keseluruhan. Ruang lingkup bidang ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengelolaan kesehatan lingkungan

Teknik Biosistem

Merupakan bidang keteknikan yang menerapkan ilmu biologi, lingkungan, dan pertanian. Rekayasa biosistem adalah kelanjutan dari teknik pertanian, dan di Eropa, rekayasa biosistem mencakup aplikasi biomedis. Di Amerika Serikat, rekayasa biosistem umum dengan teknik biologi atau bagian dari teknik biologi, dan teknik pertanian, dan aplikasi biomedis tidak termasuk.

Teknik Metalurgi

merupakan cabang ilmu dan teknik material yang mempelajari sifat fisika dan kimia unsur logam, senyawa antar logam, dan paduan logam yang disebut paduan atau lakur.

Teknik Mesin

Atau umumnya dengan teknik mesin, yaitu ilmu teknik mengenai penerapan prinsip-prinsip fisika pada analisis, desain, pembuatan, dan pemeliharaan sistem mekanik. Ilmu ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang konsep utama cabang mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi.

Baca Juga :  Akreditasi UNNES 2020/2021 Lengkap

Teknik Elektro

Atau dikenal dengan teknik elektro yang merupakan salah satu bidang teknik yang berkaitan dengan aplikasi kelistrikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Teknik Komputer

juga disebut teknik sistem komputer, yang merupakan disiplin khusus yang menggabungkan teknik kelistrikan dan ilmu komputer. Teknisi komputer adalah teknisi listrik arus lemah yang lebih fokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data frekuensi radio, dan elektronik sebagai bagian dari komputer secara keseluruhan.

Teknik Nuklir

yaitu aplikasi praktis bidang inti atom yang diekstraksi dari prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material. Bidang keteknikan ini mencakup banyak hal, antara lain perancangan, pengembangan, percobaan, pengoperasian dan pemeliharaan sistem dan komponen fisi nuklir, khususnya reaktor nuklir, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan persenjataan nuklir.

Teknik Kelautan

Yakni cabang teknik atau teknik yang mempelajari bangunan dan struktur yang berkaitan dengan laut. Teknik kelautan adalah pengembangan teknik sipil yang dikhususkan untuk mempelajari struktur yang berada di garis pantai dan daerah lepas pantai, termasuk anjungan lepas pantai.

Teknik Industri

Ini adalah teknik yang mencakup desain, perbaikan, dan pemasangan sistem integral yang terdiri dari orang, bahan, informasi, peralatan, dan energi.

Teknik Fisika

adalah ilmu keteknikan atau keteknikan yang mempelajari berbagai bidang penerapan ilmu dasar, ilmu terapan dan pemanfaatan teknologi. Insinyur teknik fisik diharapkan memiliki dasar matematika, fisika, kimia dan ilmu teknik yang kuat yang menonjol di bidang pekerjaan mereka yang mencakup berbagai industri dari hulu hingga hilir.

Teknik Kimia

merupakan salah satu cabang ilmu keteknikan atau keteknikan yang mempelajari pengolahan bahan mentah menjadi barang yang lebih bermanfaat, baik barang jadi maupun barang setengah jadi. Teknik kimia diterapkan terutama dalam desain dan pemeliharaan proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik.

Baca Juga :  Jurusan Teknik Lingkungan

Rekayasa Geodesi

menurut orang awam rekayasa geodesi merupakan salah satu cabang ilmu geosains yang mempelajari pemetaan bumi. Geodesi adalah salah satu cabang ilmu tertua yang berhubungan dengan bumi.

Teknik Geomatika

istilah ilmiah modern yang berarti pendekatan terintegrasi dalam mengukur, menganalisis, dan mengelola deskripsi dan lokasi data geo, yang sering disebut dengan data spasial.

Teknik Pertambangan

yaitu suatu disiplin ilmu teknik yang menerapkan sains dan teknologi untuk mengekstraksi mineral dari bumi. Teknik pertambangan dikaitkan dengan banyak disiplin ilmu lainnya, termasuk: geologi, pemrosesan mineral dan metalurgi, serta teknik geoteknik dan survei.

Teknik Perminyakan

yang merupakan salah satu jurusan pada pendidikan tinggi yang berfokus pada pertambangan minyak, gas dan panas bumi, meliputi pemboran, distribusi, eksplorasi, dan ekonomi migas. Teknik perminyakan sendiri mirip dengan teknik penambangan.

Penutup

Demikian sedikit pembahasan tentang pengertian teknis dan juga jenis-jenisnya yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat! Dan semoga ini bisa menjadi bahan referensi pembelajaran kalian semua.