Pengertian Tulang Belikat

Posted on

Pengertian Tulang Belikat – Setiap tulang yakni saling berhubungan, yang membuat manusia menjadi makhluk yang sempurna karena mereka memiliki sebuah sistem kerja yang paling lengkap dan kompleks.

Tulang tersebut merupakan dapat menghubungkan tulang selangka dan tulang lengan. Bentuknya yakni datar dan memiliki bentuk segitiga. Tentunya, setiap makhluk hidup mempunyai tulang ini.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara jelas dan lengkap mengenai tulang belikat. Apa itu tulang belikat? Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasannya sebagai berikut.

Apa itu Tulang Belikat ?

Pengertian Tulang Belikat merupakan sebuah tulang yang dapat menghubungkan dalam tulang lengan terhadap sebuah tulang selangka.

Pengertian-Tulang-Belikat

Tulang bahu atau tulang belikat ini yakni memiliki letak di area bahu dan di tubuh bagian atas, yakni tempat tulang rusuk atas berada. Tulang panggul yakni berbentuk seperti persegi panjang dan dengan cara anatomis memiliki bentuk seperti segitiga. Tulang bahu yakni dapat menghubungkan suatu tulang rawan ke lengan atas atau humerus.

Fungsi Tulang Belikat

Terdapat beberapa fungsi dalam tulang belikat, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Perpanjangan otot tendon lengan dan punggung untuk memungkinkan gerakan antara dua bagian, misalnya meregangkan terhadap bagian tubuh atau dapat mengangkat sebuah lengan sampai tulang belakang yang akan diangkat.
  • Memiliki sebuah peran yang terpenting dalam adanya sebuah pergerakan posisi otot dan area bahu, hingga dalam suatu tulang-tulang rumput dapat mempunyai permukaan yang kokoh.
  • Berperan dalam pergerakan organ tangan atas seperti tangan dan membantu pergerakan anggota tubuh dan otot, yang mempunyai sebuah permukaan yang kuat dan memanjang.
  • Sebagai kecenderungan melekat pada tendon di leher, tendon di bagian dada serta otot lainnya.
Baca Juga :  Daur Hidup Kucing

Bagian – Bagian Tulang Belikat

Skapula yakni mempunyai beberapa bagian yang utama atau dapat disebut sebagai Angulus (tiga sudut), Fascia (dua permukaan), dan Margo (tiga sisi). Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari bagian-bagian ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

Contoh-Tulang-Belikat

1. Permukaan Anterior

Permukaan Anterior juga dikenal sebagai fossa subfacilar, adalah sebuah area skapula yang paling dekat dengan tulang rusuk, yang juga berfungsi sebagai tempat perlekatan untuk otot subscapilural.

Bagian dari kedua permukaan posterior adalah sebuah processus coracoideus, yang dapat membentuk sebuah tonjolan kecil dalam suatu bagian utama skapula. Ada beberapa otot yang melekat pada bagian ini, termasuk otot coracobrachialis.

2. Permukaan Posterior

Permukaan posterior yakni terdiri dari beberapa Belebas, atau dapat disebut dengan “Spina” dari skapula, yang dapat berjalan di atas permukaan tulang belakang sampai menjadi sebuah proses akronium yang dapat menutupi sendi bahu.

Bagian dari kedua permukaan posterior adalah sebuah processus coracoideus, yang dapat membentuk sebuah tonjolan kecil dalam suatu bagian utama skapula. Ada beberapa otot yang melekat pada bagian ini, termasuk otot coracobrachialis. Belebas ini dapat dibagi beberapa bagian, yakni:

a. Processus Coracoideus

Bagian ini adalah sebuah tonjolan yang berasal dari sebuah bagian utama yakni skapula tersebut. Bagian ini yakni telah dihubungkan dengan beberapa otot, salah satunya adalah otot coracobrachialis. Dekat dengan bagian bawah prosesus coracoideus adalah angulus lateral dan bagian seperti berongga yang disebut dengan glenoid glenoid. Di Cavitas ini adalah tempat di mana kepala humerus diperbaiki.

b. Proseus Akronium

Bagian ini yakni dapat menutupi persendian bahu, Belebas dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu suprapinosus fossa dan infraspinosus fossa. Pada manusia dan karnivora, ada sedikit perbedaan pada tulang skapular, yang pada akhirnya adalah akronim.

Baca Juga :  Pengertian Pernapasan

Dalam tulang tersebut merupakan dapat menghubungkan tulang selangka dan tulang lengan. Bentuknya yakni datar dan memiliki bentuk segitiga, serta terdapat beberapa bagian yang berada di dalam tulang tersebut.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Tulang Belikat. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.