Valuta Asing

Posted on

Pengertian Valuta Asing – Dalam valuta asing yakni mempunyai adanya sebuah sistem dan fungsi tertentu dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis pasti anda mengenal istilah Valas. Valas adalah salah satu instrumen dan istilah yang paling banyak digunakan di dunia perdagangan, secara nasional dan internasional.

Valuta asing ialah suatu pertukaran atau konversi mata uang satu negara ke negara lain. Seperti teman, Anda bisa menukar dolar AS dengan rupiah. Namun agar mata uang yang akan ditukar memiliki kurs atau nilainya sendiri, misalnya 1 US dollar sama dengan Rp 13.000, Anda bisa menukarkan valas dengan kurs tetap.

Transaksi valuta asing dilakukan di pasar valuta asing dan lebih dikenal dengan pasar valas. Pasar forex adalah tempat dimana berbagai jenis mata uang dan tentunya harga atau nilai tukar suatu nilai tukar mata uang asing dapat dipertukarkan berdasarkan nilai tukar tersebut. Nilai tukar adalah harga mata uang yang Anda tukarkan dengan mata uang suatu negara. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut!!!

Valuta Asing

Pengertian Valuta Asing merupakan alat pembayaran yang banyak digunakan dalam perdagangan internasional. Tidak semua mata uang asing dapat digunakan sebagai media perdagangan internasional, namun harus terlebih dahulu ditukar dengan mata uang yang diakui secara internasional.

Ada juga definisi seperti kurs mata uang asing. Nilai tukar mata uang asing umumnya di definisikan sebagai harga mata uang asing saat menukar mata uang lain (mata uang lokal atau mata uang negara lain).

Pengertian-Valuta-Asing

Mata uang yang banyak digunakan sebagai alat pembayaran untuk transaksi keuangan dan perdagangan internasional dikenal dengan istilah hard currency. Mata uang ini lebih kuat dari mata uang lainnya. Contoh mata uang keras adalah mata uang negara maju, dolar dari Jepang, AS, dan euro.

Baca Juga :  Pengertian Deflasi

Mata uang bernilai rendah yang jarang digunakan sebagai alat pembayaran untuk perdagangan internasional disebut mata uang lunak. Jenis mata uang lunak yaitu rupiah dari Indonesia, kyat dari Myanmar, kina dari Papua New Guinea dan lain-lain.

Sistem Valuta Asing

Saat ini ada tiga sistem Valas terkenal di dunia bisnis dan perdagangan. Ketiga sistem valuta asing tersebut adalah sistem nilai tukar bebas, sistem nilai tukar tetap dan sistem kontrol pertukaran. Berikut ialah suatu penjelasan dari masing-masing sistem devisa yang berlaku di suatu negara:

a. Sistem Kurs Bebas (Floating)

Sistem nilai tukar bebas dalam mata uang asing dapat diinterpretasikan untuk menciptakan nilai tukar yang hanya berlaku untuk area transaksi. Jumlahnya dapat bervariasi tergantung pada penawaran dan permintaan mata uang di area transaksi.

Dalam sistem ini, pemerintah suatu negara tidak memiliki saham dan ikut campur dalam menentukan nilai tukar mata uang yang akan ditukar. Jadi nilai kursnya benar-benar bebas dan berfluktuasi. Sebagai gambaran, pasar hanya menerima dolar sebagai instrumen transaksi.

Sebagai warga negara Indonesia, Anda harus menukar rupiah menjadi dolar dengan menggunakan mata uang rupiah. Namun, tingkat nilai tukar di pasar tidak diatur oleh negara. Diselenggarakan sesuai dengan permintaan dan penawaran pasar.

Dengan independensi nilai tukar ini, nilai tukar mata uang berfluktuasi di pasar. Harga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung faktor yang mempengaruhinya.

b. Sistem Kurs Terkendali

Sistem yang dikenal dalam Valas merupakan suatu sistem nilai tukar. Sistem tersebut melibatkan pemerintah melalui bank sentral untuk menentukan distribusi penggunaan mata uang asing yang tersedia di negara tersebut.

Sistem tersebut merupakan gabungan dari dua sistem sebelumnya yang memungkinkan nilai tukar bergerak bebas naik turun dengan intervensi pemerintah untuk mencegah pergerakan ekstrim. Ada dua jenis intervensi pemerintah untuk mengontrol nilai tukar yakni Clean Floating dan Dirty Floating.

  • Dirty Floating, merupakan adanya sebuah situasi di mana pemerintah akan terlibat langsung dalam transaksi Valas.
  • Clean Floating, yakni sekarang menjadi pemerintahan tidak langsung. Anda dapat melakukan ini dengan menyesuaikan jumlah bunga di negara tersebut.
Baca Juga :  Pengertian Pasar Oligopsoni

3. Sistem Kurs Tetap

Di sisi lain, dalam sistem pertukaran tetap, pemerintah suatu negara menentukan nilai tukar mata uang tersebut dengan mata uang lainnya. Kajian tersebut dilakukan oleh pemerintah guna mengurangi pergerakan harga yang bergejolak.

Caranya adalah dengan mengajak bank sentral negara terlibat aktif dalam transaksi valuta asing di negara tersebut. Jika dalam keadaan seperti itu, ada pasokan valas yang sangat besar di dalam negeri sehingga harga tidak turun, pemerintah akan membeli valas.

Sebaliknya, jika terjadi kekurangan, pemerintah akan menjual mata uang asing yang dimilikinya melalui bank sentral. Meskipun menjanjikan stabilitas, sistem nilai tukar mengharuskan pemerintah negara bagian mempunyai suatu cadangan devisa yang memadai.

Fungsi Valuta Asing

Valuta-Asing-1

Adapun berbagai fungsi dalam valuta ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Alat Tukar dan pembayaran Internasional

Mata uang asing sangat penting dalam perdagangan internasional seperti ekspor dan impor. Mata uang tersebut digunakan sebagai instrumen untuk menukar barang atau jasa dengan negara lain.

Misalnya, Indonesia ingin mengimpor beras dari China, China tidak ingin kami membayar sepeser pun jika ingin membayar satu dolar. Oleh karena itu, mata uang asing berdampak pada transaksi tersebut. Ketika pemerintah berhutang ke negara lain, cicilan dan bunganya di bayarkan dalam mata uang asing.

2. Alat Memperlancar Perdagangan Internasional

Dengan munculnya valuta asing, perdagangan internasional menjadi lebih mudah. Saat ini, dengan perkembangan teknologi, siapa pun dapat melakukan perdagangan antar negara. Jika tidak ada mata uang asing, perdagangan internasional dapat terganggu dan transaksi tidak dapat dilakukan.

3. Alat Pengendali Kurs

Dengan pasar valuta asing, pemerintah juga bisa mengontrol nilai tukar. Apakah mata uang nasional menjadi lemah atau kuat. Misalnya dengan kurs rupiah dalam dolar, kita tahu bahwa kurs rupiah saya naik atau turun. Nilai tukar mata uang asing oleh karenanya digunakan sebagai patokan untuk mengontrol nilai mata uang lokal.

Fungsi Valuta Asing untuk Bisnis

Valas yakni mempunyai sebuah peran penting dalam bisnis. Secara umum fungsi mata uang asing adalah sebagai alat pembayaran untuk transaksi komersial yang diakui secara internasional. Sebagai alat pembayaran, Valas juga mempunyai suatu fungsi yang lebih detail. Berikut penjelasan cara kerja Valas di dunia bisnis.

Baca Juga :  Pengertian Biaya Standar

a. Alat Tukar Internasional

Valas mempunyai sebuah fungsi pertamanya sebagai alat tukar dalam transaksi internasional. Transaksi internasional ini tidak hanya terbatas pada perdagangan barang, namun juga transaksi dengan jasa antar negara. Misalnya, ketika Indonesia ingin membeli barang atau jasa dari negara lain, mata uang asing itu digunakan.

b. Alat Pengendali Kurs

Valas juga dapat digunakan untuk mengontrol nilai tukar suatu negara. Kontrol pertukaran dilakukan oleh pemerintah negara tersebut. Nilai tukar harus dikontrol karena dapat berfluktuasi naik atau turun. Tidak terlalu ekstrim, pemerintah menggunakan Valas untuk mengontrol nilai tukar di negara-negara tersebut.

c. Alat Memperlancar Perdagangan Internasional

Valas juga dapat digunakan sebagai mata uang internasional, seperti fungsi pertamanya sebagai alat tukar. Valas adalah alat pembayaran yang sah dan diakui oleh kedua negara yang terlibat dalam transaksi perdagangan internasional. Selain untuk membeli barang, mata uang asing juga digunakan untuk membayar utang negara ke negara lain.

d. Alat Memperlancar Perdagangan Internasional

Sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui di seluruh dunia, Valas dapat digunakan untuk memfasilitasi semua transaksi perdagangan internasional. Dengan munculnya Valas, negara-negara yang melakukan transaksi internasional dapat menggunakan alat tersebut untuk memfasilitasi transaksi perdagangan.

Dengan mata uang asing sebagai alat pembayaran internasional, maka kegiatan transaksi internasional bebas dari batasan penggunaan mata uang. Peran Valas dalam dunia bisnis internasional sangat penting terutama yang berkaitan dengan transaksi perdagangan.

Valas yakni juga dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan dengan melakukan transaksi melalui pasar mata uang yang ada. Selain itu, valas juga merupakan salah satu cadangan devisa dengan mata uang suatu negara.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Valuta Asing. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.