Penjelasan Rumus Pembulatan dalam Microsoft Excel

Posted on

Penjelasan Rumus Pembulatan dalam Microsoft Excel – Salah satu materi dalam matematika yaitu pembulatan. Pembulatan digunakan untuk memudahkan dalam menghitung. Misalkan ketika menghitung perkalian atau pembagian yang menggunakan bilangan desimal atau pecahan. Hasil dari kedua operasi tersebut bisa saja menghasilkan bilangan desimal.

Menghitung bilangan desimal memang tidaklah mudah. Apalagi jika pembagian akan panjang caranya. Oleh sebab itu, sistem pembulatan dapat membantu. Tahukah Anda bagaima aturan dari pembulatan? Mengerjakan pembulatan juga dapat menggunakan microsoft excel. Jasi perhitungan yang kita lakukan akan lebih mudah untuk dikerjakan.

Meski demikian, kita harus mengetahui fungsi excel yang mana yang tepat digunakan untuk menghitung nilai tersebut. Terutama jika hal itu menyangkut nilai dan pembukuan. Oleh sebab itu, pada artikel guruakuntansi.co.id kali ini akan membahas mengenai Penjelasan Rumus Pembulatan dalam Microsoft yang disertai dengan aturan pembulatan dalam matematika dan rumus fungsi excelnya, serta perbedaan dari fungsi tersebut. Simak terus ya.

Pembulatan Angka

Pembulatan angka merupakan cara untuk menyederhanakan suatu bilangan desimal. Artinya, bilangan desimal yang dibulatkan mendekati atau menjauhi nilai tersebut untuk memudahkan proses perhitungan.

Penjelasan Rumus Pembulatan dalam Microsoft Excel

Aturan Pembulatan dalam Matematika

Dalam matematika terdapat aturan pembulatan yang memiliki nilai dengan perbedaan terkecil yaitu:

  1. Angka akan dibulatkan ke atas atau ditambah 1 jika angka yang berada di sebelah kanan yaitu angka 5, 6, 7, 8, atau 9.
  2. Apabila angka yang berada di kanan yaitu 0, 1, 2, 3, atau 4, angka akan dibulatkan ke bawah dan angka disebelah kirinya tetap atau tidak ditambah 1.
  3. Pada bilangan desimal, angka 0 setelah koma atau disebelah kanan koma tidak dianggap atau dibuang.
Baca Juga :  Rumus Formula dalam Excel

Rumus Fungsi Excel Pembulatan

Dalam excel, pembulatan dapat dilakukan dengan beberapa fungsi berikut ini:

A. ROUND,
B. ROUNDDOWN, dan
C. ROUNDUP.

Pembulatan tersebut dilakukan untuk dapat membantu Anda dalam mengolah data Anda. Hasil yang didapatkkan pun akurat. Tergantung pada fungsi yang Anda gunakan tentunya. Adapun berikut ini rumus fungsi excel dari pembulatan yaitu:

A. ROUND

Salah satu fungsi excel yang digunakan untuk pembulatan yaitu ROUND. ROUND berfungsi untuk membulatkan angka desimal ke atas pada jumlah digit tertentu. Rumus formula fungsi ini yaitu:

=ROUND( number; num_digits)

Keterangan:
Number merupakan cell yang akan dibulatkan nilainya.
Num_digits merupakan jumlah angka atau digit yang akan dibulatkan.

Misalkan terdapat nilai persentase sebesar 13,5678 yang akan dibulatkan sebanyak dua angka di belakang koma. Maka nilai persentase yang telah dibulatkan menjadi 13,57.

Pada microsoft excel dapat ditulis seperti gambar di bawah ini:

ROUND
ROUND

B. ROUNDUP

Fungsi selanjutnya yaitu ROUNDUP. ROUNDUP merupakan fungsi excel yang digunakan untuk membulatkan angka ke atas. Berikut ini fungsi excel rumus ini yaitu:

=ROUNDUP( number; num_digits)

Berikut ini contoh dari pembulatan ke atas yaitu:

Terdapat seorang siswa yang mendapatkan nilai ulangan matematika sebesar 78,02938. Sedangkan nilai yang akan digunakan dalam perhitungan hanya menggunakan satu angka di belakang koma. Maka berapakan nilai ulangan matematika siswa tersebut setelah dibulatkan ke atas?

Jawab:

78,02938 = 78,1

Maka nilai ulangan matematika tersebut yaitu 78,1.

Dengan menggunakan microsoft excel cara untuk membulatkan nilai tersebut yaitu sebagai berikut:

ROUNDUP
ROUNDUP
Pada fungsi ini pembulatan menjauhi nilai 0. Artinya nilai di atas 0 seperti 1, 2,3, dan seterusnya akan dibulatkan menjadi 1. Nilai ini tentunya akan memberikan hasil dengan perbedaan yang lumayan besar.

C. ROUNDDOWN

Fungsi pembulatan terakhir yaitu ROUNDDOWN. ROUNDDOWN merupakan fungsi yang digunakan untuk membulatkan angka ke bawah. Fungsi excel dari fungsi ini yaitu sebagai berikut:

Baca Juga :  Contoh Rumus Ranking Kelas di Microsoft Excel

= ROUNDDOWN( number; num_digits)

Contoh:
Bulatkan nilai 56,80231 dengan pembulatan tiga ke bawah.

Nilai 56,80231 akan dibulatkan menjadi 56,802.

Pada microsoft excel akan menjadi sebagai berikut:

ROUNDDOWN
Di fungsi ROUNDDOWN ini justru kebalikan dari fungsi ROUNDUP yaitu nilai yang lebih dari 0 seperti 1, 2, 3, dan seterusnya dianggap 0.
Dari ketiga fungsi tersebut pembulatan yang sesuai dengan aturan pembulatan dalam matematika yaitu fungsi ROUND.

Baca Juga:

Bagaimana sudah jelas bukan fungsi excel dari pembulatan tersebut. Silakan pilih fungsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Demikianlah penjelasan mengenai Penjelasan Rumus Pembulatan dalam Microsoft yang meliputi pembulatan angka, aturan dalam matematika, dan rumus fungsi excelya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengolah data yang Anda kerjakan. Terima kasih.