Peradaban Yunani Kuno

Posted on

Peradaban Yunani Kuno – Yunani kuno adalah peradaban yang begitu sangat maju di berbagai bidang kehidupan. Dari peradaban ini sudah ada sejak adanya sebuah bangunan istana.

Peradaban Yunani telah berpegang pada keyakinannya pada politeisme yang percaya pada banyak dewa, dewa tertinggi adalah dewa Zeus, masyarakat Yunani.

Apa itu Yunani Kuno? Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara jelas, lengkap mengenai Peradaban Yunani Kuno. Untuk penjelasan selengkapnya, yukk… Simak ulasannya sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Yunani Kuno ?

Pengertian Yunani Kuno merupakan sebuah peradaban dalam sejarah Yunani yang dimulai dari periode Yunani Kuno di abad ke-8 hingga ke-6 SM, sampai akhir pada zaman kuno dan hingga awal Abad Pertengahan.

Peradaban ini telaah mencapai sebuah puncaknya pada periode Yunani klasik, yang mulai berkembang pada abad ke-5 SM. Dalam periode klasik ini, Yunani dipimpin oleh negara-kota Athena dan berhasil mengalahkan serangan Kekaisaran Persia.

Peradaban-Bangsa-Yunani-Kuno

Istilah “Yunani Kuno” merujuk ke daerah-daerah di mana bahasa Yunani kuno digunakan. Wilayahnya tidak terbatas pada semenanjung Yunani modern, tetapi termasuk dalam daerah lain yang dihuni dengan orang-orang Yunani, termasuk Siprus dan Kepulauan Aegean, pantai Anatolia.

Sisilia dan Italia selatan yakni dapat dikenal sebagai Yunani besar, serta pemukiman Yunani lainnya yang tersebar di sepanjang pantai Kolchhis, Illyria, Mesir, Kyrenaika, Thrace, Gaul selatan, semenanjung Iberia timur dan Iberia, timur laut, serta Taurika.

Letak Geografis Yunani Kuno

Wilayah pada Yunani ialah termasuk bagian perbatasan tenggara Laut Mediterania, selatan Yunani, timur Laut Aegeia, utara Makedonia, Semenanjung Balkan, dan barat di Laut Ionia.

Baca Juga :  Kerajaan Mataram Kuno

Secara geografis, Yunani terdiri atas beberapa pulau dan daerah datar yang dapat dipisahkan dengan adanya sebuah pegunungan. Secara geografis, Yunani adalah lembah yang terpisah. Pantainya berantakan, yakni dapat membuat mudah untuk membuat sebuah pelabuhan yang bagus.

Kepulauan Aegean terletak di tengah-tengah pulau kecil. Ini memainkan peran penting dalam masyarakat Yunani kuno. adalah bangsa maritim. Yakni telah menghubungkan daratan Yunani serta Asia Barat, maka tidak begitu mengherankan dalam peranan penting terhadap kalangan masyarakat kuno.

Asal – Usul dan Kondisi Masyarakat Yunani Kuno

Peradaban awal yang telah terjadi di Yunani adalah peradaban dalam sebuah pulau Kreta yang disebut peradaban Minos (Minoa). Nama Minoa diadopsi oleh seorang raja yang pernah berkuasa, yakni seorang raja Minos. Peradaban ini ada antara 2000 dan 1450 SM.

Peradaban-Yunani-Kuno

Peradaban di pulau ini sudah memiliki istana di pusat kota Knossos, pemukiman tepat di luar pusat pantai utara dan lokasi strategis yang dapat memantau ujung timur dan barat pulau. Istana ini terletak di pusat kota yang ramai, di mana penduduk kota ini bertindak sebagai negara maritim dengan peradaban yang tersebar di laut.

Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya sebuah peradaban Minos adalah peradaban yang tergantung pada perdagangan maritim, perdagangan dengan negara-negara di seluruh dunia, tanah ini memiliki sedikit daerah subur dan sumber daya alam. Tetapi bangsa ini adalah bangsa pertama yang telah mendapatkan kekuasaan atas laut karena kerajaan ini adalah kerajaan pertama yang memiliki sebuah angkatan laut.

Negara – Negara Kota (Polis) Pada Masa Peradaban Yunani

Karena dalam sebuah kondisi alam wilayah Yunani yang berbukit, negara-negara kota (polis) terbentuk di Yunani, ialah:

Baca Juga :  Opu Daeng Risaju

1. Athena

Di Athena, adanya sebuah sistem pemerintahan yang demokratis diperkenalkan. Sistem demokrasi pada awalnya diperkenalkan terhadap Solon (638-559 SM), di mana dalam sebuah kekuasaan ada di tangan Dewan Rakyat.

Pelaksana dan pemegang dalam sebuah pemerintahan sembilan Archon, yang terus berubah dalam setiap tahun. Untuk memastikan stabilitas pemerintah, para archon Aeropagus atau Mahkamah Agung yang kompeten, yang mantan anggotanya adalah Aeropagus.

Selain itu, Athena dapat dikenal dengan kebijakan yang menghasilkan filsuf yang pemikirannya masih berakar dalam kehidupan manusia, termasuk Anaximander, Pytagoras, Anaximenes, Parmenindes, Tahles, Socrates, Heraclitus, Hippocartus, Plato, dan Aristoteles.

2. Spartha

Pola dalam sebuah pemerintahan dalam gaya militeristik, di mana Poly tersebut dalam tahun 625 SM. Diperkenalkan oleh Lykurg. Sistem pemerintahan ini ditempati oleh dua raja, sedangkan pelaksana tertinggi diduduki oleh dewa bernama Ephor, yang terdiri atas lima orang.

Kemudian setiap Ephor mempunyai sebuah dewan 60 tahun di mana dewan memiliki tugas mempersiapkan hukum yang akan disajikan kepada orang-orang. Untuk tentara itu sendiri, seleksi dibuat sebagai memilih dalam pria muda yang kuat denagn cara fisik dan mental.

Politik di Yunani sering bersaing, tetapi karena invasi tentara Persia, politik di Yunani bergabung. Setelah pertempuran antara Persia dan Yunani.

  • Perang Persia Yunani I (492 SM)
    Perang ini telah gagal karena adanya sebuah perang Persia dihancurkan dengan badai dan harus kembali ke rumah.
  • Perang Persia Yunani II (490 SM)
    Perang terjadi di Marathon dan dimenangkan oleh Yunani. Di mana tentara Yunani harus berlari 42 km antara Maraton dan Athena untuk mengkonsolidasikan diri dan meminta sebuah bantuan.
  • Perang Persia Yunani III
    Serangan balasan Persia terhadap Perang Yunani Persia II. Dalam perang ini, Yunani telah menyerang Persia di Termopile, dan perang ini dapat dimenangkan dengan Yunani, tetapi seorang Raja Spartha terbunuh dalam pertempuran tersebut.
Baca Juga :  Revolusi Indonesia

Pada akhirnya, bagaimanapun Yunani diperintah dengan Alexander Agung. Ini karena di Yunani sendiri ada konflik internal di mana setiap kebijakan masuk ke dalam aliansi dan menyerang satu sama lain, melemahkan kebijakan di Yunani.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini yang dapat kami sampaikan dengan jelas, singkat, lengkap mengenai Peradaban Yunani Kuno. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.