Peranan Anggaran Biaya

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Pada kesempatan ini akan merangkum dan membagikan tentang Peranan Akuntansi Biaya Anggaran, Pengendalian, Penetapan Harga, dan Penentuan Laba, selamat membaca …

Pengertian Akuntansi biaya

Akuntansi Biaya adalah salah satu bagian dari bidang akuntansi yang meliputi aktivitas proses pencatatan serta monitoring semua aktifitas biaya dan menyampaikan data atau informasi tersebut dalam sebuah laporan.

Perusahaan dalam menjalankan seluruh kegiatan untuk mendapatkan keuntungan atau laba tidak dapat terlepas dari biaya.

Peranan Akuntansi Biaya Anggaran, Pengendalian, Penetapan Harga, dan Penentuan Laba

Pengertian Akuntansi Biaya Munurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian akuntansi menurut para ahli

1). R.A. Supriyono

Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen untuk memonitor serta merekam transaksi biaya secara sistematis dan menyampaikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

2). Mulyadi

Akuntansi biaya merupakan proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan serta penjualan produk jasa dengan cara-cara tertentu dan juga penafsiran terhadapnya.

3). Abdul halim

Akuntansi biaya merupakan akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok dari sebuah produk yang diproduksi atau dijual di pasar baik untuk memenuhi pesanan dan pemesan atau untuk menjaga ketersediaan barang dagangan yang akan dijual.

4). Schaum

Akuntansi biaya merupakan sebuah prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa.

5). Carter dan Usry

Akuntansi biaya merupakan penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktifitas perencanaan serta pengendalian, perbaikan kualitas dan efisiensi dan pembuatan keputusan yang bersifat rutin atau strategis.

Baca Juga :  Pengertian Akuntansi Biaya

Peranan Akuntansi Biaya Anggaran

Berikut dibawah peranan akuntansi biaya.

1). Menerapkan metode perhitungan biaya yang memungkinkan pengontrolan kegiatan mengurangi biaya dan memperbaiki kualitas.

2). Mengendalikan kuantitas fisik dari persediaan dan menentukan biaya dari semua produk dan jasa yang dihasilkan, untuk tujuan penetapan harga serta untuk evaluasi kinerja dari sebuah produk, departemen, atau divisi.

3). Memilih biaya dan juga laba perusahaan dalam periode akuntansi satu tahun atau untuk periode lain yang lebih pendek. Hal ini termasuk menentukan nilai persedian dan harga pokok penjualan sesuai dengan aturan pelaporan eksternal.

4). Memilih di antara dua atau lebih alternatif jangka pendek maupun jangka panjang, yang bisa merubah pendapatan atau biaya.”

Pengendalian

Pengendalian biaya diawali dengan memilih biaya yang harus dikeluarkan melewati anggaran, kemudian membandingkan antara biaya yang sebenarnya terjadi (biaya actual) dengan biaya yang sudah diterapkan sebelumnya (anggaran).

Dalam hal ini, anggaran akan dijadikan standar biaya. Jika terdapat selisih (perbedaan) biaya tertentu. Analisa aset selisih biaya tersebut mencakup jenis biaya yang menyimpang,

Besarnya penyimpangan biaya, posisi terjadinya penyimpangan, penyebab terjadinya penyimpangan dan pihak yang harus bertanggung jawab penyimpangan tersebut.

Penetapan Harga

Untuk tujuan penentuan biaya sebuah produk atau jasa, akuntansi biaya mencatat serta mengakumulasikan biaya-biaya dalam serangkaian kegiatan pembuatan produk maupun penyerahan jasa.

Biaya-biaya tersebut adalah biaya-biaya yang sudah dikeluarkan sebelumnya dimasa yang lalu (historis). Informasi biaya secara historis ini umumnya dipakai oleh pihak ekstenal untuk menentukan nilai persediaan dan beban pokok penjualan dengan tujuan untuk menghitung besarnya laba.

Hal tersebut berkaitan erat dengan penyusutan laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi yang adalah tanggung jawab manajemen pada pihak eksternal.

Baca Juga :  Pengertian Struktur Modal

Oleh sebab itu, untuk kepentingan pihak eksternal, akuntansi biaya harus tunduk pada prinsip-prinsip akuntansi yang berterima utama-PABU (generally accepted accounting principles-GAAP).

Hal ini berarti akuntansi biaya adalah bagian dari akuntansi keuangan yang dipakai untuk menentukan besarnya biaya produk, nilai persediaan dan beban pokok penjualan.

Baca Juga :

Demikianlah artikel dari kami tentang Peranan Akuntansi Biaya Anggaran, Pengendalian, Penetapan Harga, dan Penentuan Laba semoga bermanfaat.

Peranan Anggaran Biaya
5 (100%) 2 vote[s]