Perang Vietnam

Posted on

Perang Vietnam – Vietnam menjadi koloni Perancis pada abad ke-19. Perancis menguasai Vietnam setelah beberapa perang kolonial di Indocina yang dimulai pada tahun 1840-an.

Vietnam merupakan sebuah negara di wilayah Asia Tenggara yang pernah dalam berada di bawah kekuasaan kolonial Perancis. Kedua pihak menginginkan negara Vietnam bersatu di bawah dalam satu sebuah ideologi.

Dalam pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Perang Vietnam beserta latar belakang. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Bagaimanakah Latar belakang Vietnam ?

Vietnam ditaklukkan dengan Cina dari 110 SM. Dijajah sampai kemerdekaan pada 938. Setelah dibebaskan dari belenggu pendudukan Cina, Vietnam yakni selalu berbalik melawan dan mengutuk serangan asing.

Vietnam menjadi koloni Perancis pada abad ke-19. Perancis menguasai Vietnam setelah beberapa perang kolonial di Indocina yang dimulai pada tahun 1840-an.

Perang-Vietnam

Perluasan kekuatan Perancis didorong oleh keinginan untuk mengimbangi dengan bangkitnya Kerajaan Inggris dan kebutuhan untuk sumber tanaman dan rempah-rempah dalam mendorong industri di Perancis yang dapat mengimbangi kontrol industri Inggris.

Setelah keruntuhan pemerintah Prancis di Vichy, pemerintah Jepang mendorong kebangkitan gerakan rakyat nasionalis (Vietnam). Pada akhir Perang Dunia Kedua, (Vietnam) diberikan kemerdekaan terhadap pihak-pihak (Jepang).

Ho Chi Minh yakni telah kembali ke Vietnam untuk membebaskan negaranya dari invasi oleh kekuatan asing. Dia menerima bantuan dari kelompok OSS, yang kemudian berubah menjadi CIA.

Pada akhir dalam sebuah Perang Dunia II, Vietnam, yang dipimpin oleh Ho Chi Minh, yakni telah berhasil membebaskan Vietnam dari tangan para penjajah, akan tetapi dalam sebuah keberhasilan tersebut yakni berumur pendek.

Baca Juga :  Pengertian VOC

Jepang menaklukkan pemerintah Prancis dan memberi Vietnam semacam “kemerdekaan” sebagai bagian dari rencana Jepang untuk “membebaskan” negara Asia dari kolonialisme Barat. Banyak bangunan yang akan diserahkan terhadap sebuah kelompok-kelompok yang berjenis nasionalis.

Perang Vietnam

Vietnam merupakan sebuah negara di wilayah Asia Tenggara yang pernah dalam berada di bawah kekuasaan kolonial Perancis. Jepang juga menginvasi Vietnam selama Perang Dunia II. Vietnam mulai memerangi penjajah Prancis dan Jepang.

Ho Chi Minh yakni merupakan seorang pemimpin dalam bidang politik, terinspirasi dan dipengaruhi dengan Cina dan Uni Soviet. Kaisar Bao Dai merupakan seorang pemimpin lain yang terinspirasi dan dipengaruhi oleh Barat dan sekutu dekat Perancis. Kedua pemimpin mempunyai sebuah ideologi yang begitu berbeda.

Pasukan Ho Chi Minh yakni telah mengambil suatu alih kota utara Hanoi, kata presiden Vietnam dari Vietnam. Di sisi lain, Kaisar Bao Dai yang didukung Perancis mengambil alih Vietnam Selatan dan mendeklarasikan Saigon ibu kota. Kedua pihak menginginkan negara Vietnam bersatu di bawah dalam satu sebuah ideologi.

Ho Chi Minh yakni menginginkan dalam komunisme di Bao dan Vietnam sebagai negara bergaya Amerika. Keterlibatan Amerika di Vietnam dimulai dalam tahun 1950 untuk dapat berkonspirasi dan mendukung pemerintah yang didukung dalam negara Perancis di wilayah Vietnam.

Pasukan yang dapat didukung dengan negara Prancis dikalahkan terhadap pasukan komunis, dan pasukan yang didukung oleh Prancis menderita kekalahan yang menentukan pada tahun 1954. Pemerintahan kolonial Perancis berakhir di Vietnam.

Vietnam membuat Amerika sakit kepala karena sulit bagi Amerika sebagai menghentikan komunisme di negara Vietnam. Pada tahun 1964, Amerika mengirim sekitar 5.000 konsultan ke negara Vietnam Selatan. Sudah ada sekitar 18.000 konsultan yang berbasis di Vietnam di Amerika sekitar 58.000 tentara AS dikatakan telah tewas di negara Vietnam.

Baca Juga :  Tradegi Timor Leste

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Perang Vietnam. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.