Persamaan Dasar Akuntansi

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan memberikan rangkuman pembahasan mengenai Unsur Persamaan Dasar Akuntansi, Neraca Koperasi Simpan Pinjam, selamat membaca …

Unsur – Unsur Persamaan Dasar Akuntansi

Unsur unsur yang dimaksud ialah unsur yang akan membentuk rumus persamaan dasar akuntansi.yakni :

1). Aset

Harta maupun juga yang biasa disebut aset dalam dunia akuntansi, merupakan salah satu seluruh kekayaan yang dimilik oleh suatu perusahaan yang akan dinyatakan dengan satuan uang ya terbagi menjadi 2 kelompok yakni:

  • Pertama Aset lancar yaitu akan mudah dicairkan atau juga ditunaikan. misalnya : Kas, Persediaan, Perlengkapan, Piutang, atau yang lain sebagainya
  • Aset tetap yakni dimana yang mempunyai suatu nilai manfaat bagi perusahaan lebih dari satu tahun. misal : Tanah, Bangunan, Peralatan, Mesin, maupun juga Kendaraan.

2). Utang

merupakan suatu kewajiban perusahaan pada pihak yang tertentu ini juga terbagi menjadi 2 kelompok berdasarkan masa jatuh tempo pembayarannya, yakni :

Utang Lancar

Yaitu utang yang mempunyai waktu jatuh tempo pembayaran di bawah 1 tahun. Salah satu contoh utang lancar merupakan suatu utang pada supplier atau juga pemasok persediaan bahan baku.

Biasanya hal ini supplier akan memberikan termin dengan tujuan agar penjualan kreditnya pada suatu perusahaan segera akan dilakukan pembayaran.

Termin merupakan dimana pembayaran yang memliki cara dan juga syarat tertentu oleh pihak penjual atau pembeli saat terjadi akad jual-beli secara kredit. misal: penulisan termin : 2/10, n/30.yang Artinya,

jika pembeli akan melakukan pembayaran dalam jangka waktu 10 hari setelah penyerahan barang atau juga jasa, maka ia akan mendapatkan suatu diskon sebesar 2% dengan jatuh tempo pelunasan selama kurang lebih 30 hari.

Baca Juga :  Pengertian Koperasi Syariah

Unsur Unsur Persamaan Dasar Akuntansi, Neraca Koperasi

Utang Jangka Panjang

Yaitu utang yang mempunyai jatuh tempo pembayaran di atas 1 tahun. misalnya utang jangka panjang ialah pinjaman pada perbankan yang juga biasanya bernilai besar jadi mempunyai jatuh tempo pelunasan agak lama mapun juga lebih dari 1 tahun.

3). Modal

Modal ini sering disebut sebagai ekuitas. Modal merupakan suatu hak pemilik atas semua kekayaan perusahaan. Total modal perusahaan ini akan dihitung dari seluruh aset lancar dan tetap perusahaan dikurangi semua utang. misalnya : Modal sendiri, Modal hibah, Laba ditahan, atau juga Tambahan modal disetor.

4). Biaya

Biaya ialah dimana semua pengorbanan yang akan dikeluarkan perusahaan untuk dapat memperoleh suatu pendapatan yang akan dinyatakan dengan satuan uang di mana pengorbanan tersebut sudah akan terjadi.misalnya: Biaya listrik, Biaya gaji, Biaya sewa atau yang lain sebagainya

5). Pendapatan

Pendapatan ialah penghasilan yang akan diterima oleh perusahaan sebagai akibat dari penjualan produk barang maupun jasanya.misalnya : penjualan barang, pendapatan sewa dan yang lain sebagainya

6). Prive

Prive merupakan suatu pengambilan harta atau aset perusahaan oleh pemilik untuk kepentingan pribadi.hal ini Biasanya prive berupa pengambilan kas senilai nominal yang tertentu Dalam laporan perubahan ekuitas, prive akan juga mengurangi jumlah modal perusahaan.

Neraca Koperasi Simpan Pinjam

Laporan Posisi Keuangan maupun juga statement of financial position dalam koperasi terdiri atas empat yakni Laporan Rugi Laba, Neraca, Laporan perubahan modal dan Laporan Arus kas.

Neraca maupun balance sheet meruakan suatu bagian dari laporan keuangan yang dimana akan menunjukkan posisi atas keuangan perusahaan atau entitas bisnis pada akhir periode akuntansi. Posisi Neraca Keuangan terdiri atas Dua (2) pos yakni Aktiva (Aset) dan Pasiva.

Baca Juga :  Pengertian Statistik

Dua pos tersebut juga terdiri dari tiga unsur yang terdiri atas aset (aktiva), dan pada pos pasiva terdiri atas suatu kewajiban maupun juga hutang (liabilitas), dan ekuitas atau modal (equity) dari ke tiganya akan di hubungkan dengan prinsip persamaan dasar akuntansi berikut :

Aktiva (Aset) = Kewajiban (Utang) + Modal (ekuitas)

Informasi ini yang bisa juga disajikan didalam neraca yang diantaranya posisi atas sumber kekayaan koperasi atau juga sumber dari pembiayaan untuk mendapatkan/memperoleh suatu kekayaan didalam suatu periode akuntansi baik itu bulanan, 2 bulan, 6 bulan atau tahunan.

Untuk memudahkan pengambilan keputusan oleh pengurus maupun juga untuk data pendukung pembayaran pajak maka Kopkar Mitra Sejahtera akan menyajikan suatu Neraca pada setiap bulan.

Pada tahun 2016 total Aktiva (asset) yang akan di miliki koperasi per 31 Desember 2016 sebanyak Rp 197.4082.482,-,

jika dibandingkan dengan tahun 2015 lalu terdapat penambahan aktiva sebesar Rp 44.691.7660,- Berikut ini Neraca komparatif antara tahun 2015 dan tahun 2016 Kopkar Mitra Sejahtera.

Baca Juga :

Demikianlah artikel tentang Unsur Unsur Persamaan Dasar Akuntansi, Neraca Koperasi dari kami, semoga bermanfaat.

Persamaan Dasar Akuntansi
2 (40%) 4 vote[s]