Pengertian Persediaan

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Pengertian Persediaan, Metode Pencatatan dan Pengaruh Pemilihan Metode, selamat membaca semoga kalian dimudahkan memahaminya …

Pengertian Persediaan

Pengertian persediaan yakni dimana barang-barang yang akan disimpan untuk dapat digunakan atau juga akan dijual pada masa atau periode yang akan datang.

Persediaan ini terdiri atas persediaan barang baku, persediaan barang setengah jadi dan persediaan barang jadi. Persediaan barang jadi dan juga barang setengah jadi disimpan sebelum digunakan atau juga akan dimasukkan ke dalam proses produksi,

Lalu sedangkan persediaan jadi atau barang suatu dagangan akan disimpan sebelum dijual maupun juga dipasarkan.lalu Dengan demikian perusahaan yang akan melakukan kegiatan usaha yang pada umumnya mempunyai suatu persediaan.

Pengertian Persediaan, Metode Pencatatan dan Pengaruh Pemilihan Metode

Metode Pencatatan

1). Metode Periodik

Metode Periodik maupun juga Metode Fisik. Dalam metode pencatatan barang dagang dengan menggunakan suatu metode periodik maupun juga metode fisik , mutasi atau perpindahan barang yang keluar maupun juga masuk tidak akan dicatat.

Pencatatan barang akan dilakukan oleh suatu perusahaan barang dagang melalui suatu akun penjualan untuk dapat transaksi penjualan barang dan akun pembelian untuk transaksi pembelian barang.

Metode pencatatan barang dengan metode periodik maupun metode fisik ini juga menyebabkan persediaan barang tidak dapat akan diketahui setiap saat.

Pencatatan ini juga akan persediaan barang dagang dengan metode ini yang akan dilakukan secara berkala pada akhir periode dengan sistem perhitungan secara fisik barang dagang dan juga barang persediaan yang ada di tempat penyimpanan atau gudang.

Baca Juga :  Macam - Macam Laporan Keuangan

Pada Umumnya, metode periodik atau fisik ini sering juga digunakan pada perusahaan yang dimana menjual barang-barang dagang yang mempunyai harga relatif murah, tetapi sangat sering terjadi.

2). Dalam rekening persediaan barang dagang

Pembelian barang dagang, biaya angkut pembelian barang dagang, retur, atau juga pengurangan harga pembelian yang akan dibeli oleh suatu perusahaan barang dagang akan dicatat dalam rekening ini.

Harga pokok penjualan

Harga pokok penjualan akan ditentukan dengan cara mendebit rekening harga pokok penjualan dan juga mengkredit rekening persediaan barang dagang.

Rekening Pengendali

Buku pembantu yang juga merupakan suatu rekening pengendali akan menyajikan data tentang kualitas dan harga dari tiap-tiap persediaan barang.

Pengaruh Pemilihan Metode Pembelajaran

1. Tujuan Pembelajaran atau Kompetensi Siswi

Tujuan pembelajaran atau juga akan kompetensi yang akan dicapai siswa merupakan suatu faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan suatu metode mengajar.

Ada beberapa tingkatan dalam tujuan pembelajaran, tujuan yang paling tinggi yaitu Tujuan Pendidikan Nasional (TPN),lalu kemudian akan dijabarkan pada Tujuan ini Satuan Pendidikan (institusional), Tujuan Bidang Studi/Mata Pelajaran, dan juga Tujuan Pembelajaran (Instruksional).

Tujuan ini akan suatu pembelajaran atau juga kompetensi dasar merupakan suatu pernyataan yang akan juga akan diharapkan dapat diketahui, disikapi maupun juga akan dilakukan siswa setelah dimana mengikuti proses pembelajaran.

Rumusan tersebut sebagai dasar acuan dalam melakukan suatu pembelajaran.

Oleh karena itu, pemilihan metode akan mengajar harus juga berdasarkan pada tujuan pembelajaran atau juga kompetensi yang akan dicapai siswa.

Tujuan institusional merupakan suatu tujuan yang ingin akan dicapai oleh suatu lembaga pendidikan, contohnya SD, SMP, SMA, SMK atau juga seterusnya.

Tujuan bidang studi merupakan tujuan yang harus dicapai oleh suatu mata pelajaran atau juga suatu bidang studi,lalu sedangkan tujuan pembelajaran yaki dimana tujuan yang akan harus dicapai dalam suatu pokok bahasa.

Baca Juga :  Contoh Segmentasi Pasar

2. Karakteristik Bahan Pelajaran/Materi Pelajaran

Salah satu faktor yang akan perlu dipertimbangkan dalam memilih suatu metode mengajar merupakan suatu karakteristik bahan pelajaran. Ada juga beberapa aspek yang terdapat dalam materi pelajaran, aspek tersebut terdiri atas yakni:

a. Aspek konsep

Merupakan dimana substansi isi pelajaran yang akan berhubungan dengan pengertian, atribut, karakteristik, label atau juga ide dan gagasan sesuatu.

Yang Artinya, guru akan memilih metode mana yang akan dianggap sesuai jika akan mengajarkan suatu tentang konsep, begitu juga dengan aspek pada yang lainnya.

b. Aspek fakta

Merupakan dimana substansi isi pelajaran yang akan berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang lalu, data-data yang mempunyai esensi objek atau juga waktu, seperti nama dan juga tahun yang akan berhubungan dengan peristiwa maupun juga sejarah.

c. Aspek prinsip (principle)

Merupakan substansi isi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan juga prosedur yang harus ditempuh. Aspek proses (process), merupakan dimana substansi akan mencari materi pelajaran yang berhubungan dengan rangkaian kegiatan, rangkaian peristiwa, dan juga rangkaian tindakan.

Waktu yang Digunakan

Pemilihan metode mengajar juga sangat harus memperhatikan alokasi waktu yang akan tersedia dalam jam pelajaran, ada juga beberapa metode mengajar yang akan dianggap relatif banyak menggunakan suatu waktu, seperti metode pemecahan masalah, dan juga inkuiri.

Penggunaan metode ini kurang tepat jika akan digunakan pada jam pelajaran yang alokasi pada waktunya relatif singkat sehingga penguasaan materi tidak akan juga optimal demikian pula dengan pembentukan kemampuan pada siswa.

Faktor Siswa(Peserta Didik)

Faktor siswa merupakan suatu salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam suatu pemilihan metode pada saat mengajar, selain faktor-faktor yang telah akan dikemukakan di atas.

Baca Juga :  Cara Perhitungan Uang Pesangon

Aspek yang akan berkaitan dengan faktor siswa terutama pada aspek kesegaran mental (faktor antusias dan kelelahan), jumlah siswa atau juga kemampuan siswa.

Guru harus bisa juga mengelola suatu pembelajaran berdasarkan jumlah siswa dan harus mengatur tempat duduk supaya sesuai dengan keadaan kondisi siswa dalam belajar.

Posisi tempat duduk tidak harus seperti kelas formal reguler lainnya, tetapi juga harus bersifat fleksibel dan juga akan mendukung terhadap proses pembelajaran. Demikian pula dengan kemampuan siswa dalam melakukan proses saat jam pembelajaran.

Baca Juga :

Demikianlah artikel tentang Pengertian Persediaan, Metode Pencatatan dan Pengaruh Pemilihan Metode dari kami, semoga bermanfaat.

Pengertian Persediaan
5 (100%) 1 vote[s]