Plat AB Daerah Mana? Ketahui Informasi Lengkapnya Disini

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Plat AB Daerah Mana? Plat nomor merupakan alat identitas kendaraan bermotor yang dipasang pada bagian depan dan belakang. Plat nomor ini diberikan oleh polisi saat pertama kali membeli kendaraan bermotor.

Plat nomor berisi rangkaian huruf dan angka. Seri tersebut merupakan identitas berupa kode area, kode nomor kendaraan, dan masa berlaku pajak kendaraan.

Selain itu, nomor STNK juga menjadi bukti bahwa kendaraan tersebut udah mendapat izin beroperasi dan dipakai di jalan raya.

Sesuai dengan peraturan pemerintah lewat Polri, plat nomor punya dua spesifikasi, yaitu spesifikasi warna dan spesifikasi teknis. Dikutip dari beberapa sumber, berikut informasi tentang plat AB dan spesifikasi plat nomor kendaraan.

Kode Plat AB dari Daerah Mana?

Plat AB Daerah Mana

Setiap rangkaian huruf di awal kode plat nomor menunjukkan wilayah atau domisili kendaraan yang dioperasikan. Biasanya terdiri dari satu sampai dua huruf aja.

Kode area ini bisa mencakup beberapa wilayah atau kota. Bisa jadi satu kode plat nomor ditujukan buat 3 sampai 4 kota. buat plat nomor dengan kode area “AB”, yang meliputi wilayah Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, dan Sleman.

Spesifikasi Teknis Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Ada beberapa informasi mengenai spesifikasi teknis dari plat nomor. Berikut daftarnya:

  • Plat nomor kendaraan bermotor kayak mobil punya lis putih di sekelilingnya.
  • Gak ada lagi pembatas garis putih antara nomor kendaraan bermotor dengan masa berlakunya
  • Masih ada dua baris di pelat nomor, baris pertama menunjukkan kode area kendaraan, nomor polisi, bersama dengan kode seri terakhir area. Kemudian baris kedua menunjukkan informasi masa berlaku plat nomor.
Baca Juga :  Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Spesifikasi Warna Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Selain itu, terdapat keterangan warna plat nomor berdasarkan penggunaannya menurut Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012 tentang Pendaftaran dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, dalam pasal 39 ayat 3:

  • Plat nomor kendaraan dengan dasar hitam dan tulisan putih: Plat jenis ini dipakai buat kendaraan bermotor pribadi dan sewa.
  • Plat nomor kendaraan dengan dasar kuning dan tulisan hitam: Plat jenis ini dipakai buat kendaraan bermotor umum.
  • Plat nomor kendaraan dengan dasar merah dengan tulisan putih: Plat jenis ini dipakai buat kendaraan dinas milik pemerintah.
  • Plat nomor kendaraan di dasar putih dengan tulisan biru: Plat jenis ini dipakai buat kendaraan bermotor Korps Diplomatik Asing.
  • Plat nomor dengan dasar hijau dengan tulisan hitam: Plat nomor jenis ini dipakai buat kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas atau (Free Trade Zone) yang dapetin fasilitas pembebasan bea masuk. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, kendaraan bermotor dengan plat ini gak bisa dioperasikan atau dipindahkan ke wilayah lain di Indonesia.

Ukuran Plat Nomor Kendaraan

Sesuai aturan Korps Lalu Lintas Mabes Polri yang dibuat per April 2011, ada perubahan desain pelat nomor kendaraan bermotor di Indonesia. Kini ukuran plat nomor lebih panjang 5 cm dari sebelumnya.

Alasannya adalah penambahan tiga huruf setelah angka. Sebelumnya, cuma ada dua huruf di belakang angka itu, tetapi sekarang ada satu huruf lagi yang ditambahkan sehingga totalnya menjadi tiga.

Download Aplikasi Cek Pajak Online

Buat kamu yang pengen bayar pajak kendaraan bermotor yang kamu punya, bisa cek dulu berapa biaya pokok plus denda pajak yang dikenakan apabila kamu telat membayar pajak. Kamu bisa download aplikasinya lewat link di bawah ini.

Tips: Kami menyimpan aplikasinya di Terabox, jadi buat download kamu harus login / daftar gartis di Terabox.com dulu ya!

Sekian informasi seputar pelat nomor dan kode wilayah pelat AB. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Contoh Penerapan Prinsip Ekonomi

Artikel lainnya: