Plat BB Daerah Mana? Yuk Cek Informasi Kode Kendaraan Disini

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Mungkin kamu pernah berpapasan dengan kendaraan plat BB tapi gak tahu asal platnya dari daerah mana! Nah penasaran kan plat BB nya dari mana?

Namun sebelum penulis memberikan informasi tentang plat BB, ketahui dulu kayak apa plat nomor dan beberapa kodenya. Plat nomor kendaraan diperlukan buat mengetahui identitas kendaraan bermotor.

Plat nomor adalah komponen yang melekat pada kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil pada sisi depan dan belakang. Plat nomor berisi rangkaian angka dan huruf dengan kode tertentu.

Dikutip dari laman resmi samsatkeliling.info pada plat nomor kendaraan, biasanya terdapat huruf di awalan nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan. Selanjutnya adalah kode khusus buat daerah dimana di kabupaten/provinsi kendaraan tersebut berada.

Dan terakhir kode nomor di plat nomor. Bagi kamu yang pernah menjumpai plat nomor “BB” dan penasaran dengan kode tersebut mencakup area mana saja, berikut informasinya.

Kode Plat BB dari Daerah Mana?

Plat BB Daerah Mana

Setiap rangkaian huruf di awal kode plat nomor menunjukkan daerah atau domisili kendaraan saat dinyalakan. Biasanya terdiri dari satu sampai dua huruf saja. Kode area ini bisa mencakup beberapa wilayah atau kota. Bisa jadi satu kode plat nomor buat 3 sampai 4 kota.

Buat plat nomor dengan kode wilayah “BB”, berasal dari Sumatera Utara (Barat) yang meliputi Gunungsitoli, Padang Sidempuan, Sibolga, Dairi, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Nias, Padang Lawas, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli dan Toba Samosir.

Sesuai aturan pemerintah melalui Polri, plat nomor punya dua spesifikasi, yakni spesifikasi warna dan spesifikasi teknis. Dikutip dari laman Auto2000, berikut spesifikasinya.

Baca Juga :  Sel Tumbuhan

Spesifikasi Warna Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Terdapat keterangan warna plat nomor berdasarkan penggunaannya menurut Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012 tentang Pendaftaran dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pada Pasal 39 Ayat 3:

  • Plat nomor kendaraan dengan latar belakang hitam dan tulisan putih: Jenis plat nomor ini dipakai buat kendaraan bermotor pribadi dan rental.
  • Plat nomor kendaraan dengan dasar warna kuning dan tulisan hitam: Plat nomor jenis ini dipakai buat kendaraan bermotor umum.
  • Plat nomor kendaraan dasar merah dengan tulisan putih: Jenis plat ini dipakai buat kendaraan dinas pemerintah.
  • Plat nomor kendaraan dengan dasar putih dengan tulisan biru: Plat nomor jenis ini dipakai buat kendaraan bermotor Korps Diplomatik Asing.
  • Plat nomor dasar hijau dengan tulisan hitam: Plat nomor jenis ini dipakai buat kendaraan bermotor di Kawasan Perdagangan Bebas yang mendapatkan pembebasan bea masuk. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, kendaraan bermotor dengan plat ini gak boleh dioperasikan atau dialihkan ke wilayah lain di Indonesia.

Spesifikasi Teknis Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Ada beberapa informasi mengenai spesifikasi teknis plat nomor tersebut. Berikut daftarnya:

  • Plat nomor kendaraan bermotor kayak mobil diberi lis putih di sekelilingnya.
  • Gak ada lagi pembatas white list antara nomor kendaraan bermotor dan masa berlakunya.
  • Plat nomornya masih dua baris, baris pertama menunjukkan kode area kendaraan, nomor polisi, beserta kode urut akhiran area. Kemudian baris kedua menunjukkan informasi tanggal kedaluwarsa plat nomor tersebut.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online

Buat kamu yang mau cek pajak kendaraan online, sekarang bisa langsung download aplikasinya lewat link di bawah ini. Cukup masukkan kode plat nomor kendaraan kamu dan semua informasinya bakal muncul.

Tips: Buat download aplikasinya kamu perlu daftar dan membuat akun Terabox dulu ya!

Sekian informasi tentang plat BB dari daerah mana yang bisa guruakuntansi.co.id sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Bunga Matahari

Artikel lainnya: