Plat BD Daerah Mana? Cek Informasi Kode Wilayah Kendaraan

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Plat BD adalah salah satu kode plat nomor di Indonesia. Kode plat nomor kendaraan punya arti dalam mengidentifikasi kendaraan bermotor. Ada yang tau gak Plat BD dari daerah mana?

Plat nomor kendaraan merupakan perangkat penting dalam kendaraan bermotor. plat dipakai sebagai identitas kendaraan. Plat nomor berisi kombinasi huruf dan angka. Surat biasanya dipakai buat mengidentifikasi asal kendaraan.

Plat nomor juga menjadi bukti bahwa pemilik udah membayar pajak. Pajak kendaraan biasanya tercantum dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Plat BD merupakan salah satu kode buat menunjukkan asal usul kendaraan bermotor. Berikut ulasannya.

Kode Plat BD dari Daerah Mana?

Plat BD Daerah Mana

Kode plat BD dipakai buat kendaraan bermotor dari wilayah Bengkulu. Daerah tersebut meliputi daerah Bengkulu, Kaur, Lebong, Kepahiang, Rejang Lebong, Muko Muko dan Seluma.

Menurut situs Dinas Pendapatan, plat nomor kendaraan punya dua jenis kode, yakni kode angka dan kode huruf. Kode numerik menjelaskan nomor STNK, sedangkan kode huruf terbagi menjadi dua jenis.

Kode huruf pertama adalah kode huruf depan. Kode ini berfungsi buat memberikan informasi asal kendaraan. Kode ini berbeda-beda sesuai dengan kode wilayah yang ditentukan oleh Pemerintah Indonesia.

Kode huruf kedua adalah kode huruf di bagian belakang. Kode ini biasanya terdiri dari dua sampai tiga huruf. Kode huruf pertama memberikan informasi tentang wilayah kota atau kabupaten.

Kode huruf kedua biasanya dipakai buat menunjukkan kode jenis kendaraan. Kode jenis ini cuma berlaku buat kendaraan roda empat atau lebih. Sedangkan kode huruf ketiga cuma buat pembeda.

Baca Juga :  Pengertian Capital (Modal)

Setiap kendaraan dari Bengkulu memakai plat BD. Namun setiap kota atau kabupaten punya kode huruf yang berbeda sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kode huruf ini bakal ditempatkan di belakang kode huruf pertama.

  • Wilayah Kabupaten Kaur punya kode daerah W
  • Wilayah Kabupaten Muko-Muko punya kode daerah N
  • Wilayah Kabupaten Lebong punya kode daerah H
  • Wilayah Kabupaten Seluma punya kode daerah P
  • Wilayah Kabupaten Rejang Lebong punya kode daerah K
  • Wilayah Bengkulu Kota punya kode daerah A/C/E/L.
  • Wilayah Kabupaten Bengkulu Utara punya kode daerah D/S.
  • Wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan punya kode daerah B/M
  • Wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah punya kode daerah Y
  • Wilayah Kabupaten Kepahiang punya kode daerah G

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online

Sebagai warga negara yang baik, kita sudah sepatutnya taat membayar pajak. Nah, buat kamu yang mau cek pajak kendaraan bisa dilakukan secara online lewat aplikasi. Download aja aplikasinya di bawah ini.

Tips: Daftar dan buat akun Terabox dulu buat bisa download aplikasinya!

Begini Cara Mengecek Plat BD

Setiap orang atau badan yang punya kendaraan bermotor dikenai pajak atas kepemilikan dan atau penguasaan kendaraan bermotor sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Pajak dikenakan terhadap orang pribadi dan badan atau perusahaan yang punya kendaraan bermotor. Plat nomor juga punya masa berlaku lima tahun. Lalu, bagaimana cara mengecek nomor daerah yang punya kode plat BD?

Dilansir dari laman Bengkulupost, kamu bisa mengecek plat tersebut dengan memakai USS Code yang ada di ponsel kamu. kamu bisa melakukan panggilan dengan kode *368*1# atau bisa juga memakai layanan SMS premium ke nomor 8893.

Artikel lainnya: