Plat BE Daerah Mana? Yuk Ketahui Informasi Kode Kendaraan

Posted on

Guruakuntansi.ci.id – Menemukan kendaraan dengan plat nomor BE mungkin tampak biasa buat sebagian orang. Namun, buat sebagian lainnya justru mengundang rasa penasaran dari arti dari kode huruf BE. dan kode plat BE dari daerah mana!

Tak heran, karena kode pada plat nomor kendaraan di Indonesia bukan sembarang kode tanpa arti. Tetapi ada kode-kode tertentu yang punya definisi tertentu. Lalu, apa arti kode BE pada pelat nomor kendaraan? Berikut informasinya.

Kode Plat Nomor BE Asal Daerah Mana? 

Plat BE Daerah Mana

Dikutip dari berbagai sumber, plat nomor dengan kode BE tersebut berasal dari daerah Lampung. Jadi, kalo kalian nemuin kendaraan dengan plat nomor memakai kode tersebut, maka dipastikan kendaraan tersebut berasal dari kota Bandar Lampung.

Baik buat wilayah kota maupun buat wilayah kabupaten. Terdapat 15 kota dan kabupaten di Bandar Lampung yang memakai plat nomor BE yaitu:

  • Kota Bandar Lampung,
  • Kabupaten Lampung Barat,
  • Kabupaten Lampung Selatan,
  • Kabupaten Lampung Timur,
  • Kabupaten Tulang Bawang,
  • Kabupaten Tulang Bawang Barat,
  • Kabupaten Pesawaran,
  • Kabupaten Tanggamus,
  • Kabupaten Pringsewu,
  • Kabupaten Way Kanan,
  • Kabupaten Pesisir Barat,
  • Kota Metro,
  • Kabupaten Lampung Tengah,
  • Kabupaten Utara,
  • serta Kabupaten Mesuji.

Setiap kota dan kabupaten punya kode belakang masing-masing, sehingga kode di belakang plat menjelaskan kabupaten kendaraan dari Bandar Lampung.

Mengenal Arti Kode Pada Plat Nomor BE

Plat nomor BE terdiri dari rangkaian huruf dan angka, contohnya kayak pada gambar diatas dengan plat nomor BE 1453 FG. Berikut arti kode tersebut

Baca Juga :  Passing Grade ISBI Bandung 2020/2021: Fakultas Jurusan

1. Kode Huruf Depan 

Kode depan pada contoh ini adalah BE yang menunjukkan asal kendaraan. Nah, mulai tahun 1800-an, pengaturan plat nomor dilakukan secara nasional saat Belanda masuk ke Indonesia yang berlaku sampe sekarang.

Setiap daerah punya kode depannya masing-masing, termasuk daerah Bandar Lampung.

2. Kode Angka

Sesudah kode depan, ada kode angka yang terdiri dari 4 angka acak. Nomor kode ini menunjukkan nomor registrasi kendaraan.

3. Kode Huruf Belakang Sesudah Angka

Terakhir adalah kode di belakang yang terdiri dari dua huruf kapital dan menandakan asal kota atau kabupaten di Lampung.

Jadi, kode depan menunjukkan provinsi Lampung sedangkan kode belakang menunjukkan kota atau kabupaten di provinsi Lampung.

Apa Fungsi Plat Nomor BE?

Fungsi pertama adalah sebagai identitas kendaraan sehingga dijamin udah terdaftar pada sistem samsat di wilayah lampung. Kedua, fungsinya buat menunjukkan asal daerah dan daerah di Lampung. Fungsi ketiga adalah membantu polisi nemuin kendaraan kalo hilang.

Informasi saat pengecekan plat nomor bisa diketahui asal kendaraan, nama pemilik, riwayat pembayaran pajak kendaraan, dan lain-lain.

Jadi, jangan heran ketika terjadi tabrak lari, saksi diminta mengingat dan mencatat plat nomor kendaraan pelaku. Karena polisi dengan plat modal ini bisa mengetahui pemilik yang menjadi tersangka.

Kode Wilayah Huruf Belakang Plat BE 

Biar gak bingung, kendaraan dengan plat nomor BE tersebut berasal dari kabupaten mana di Lampung. Kemudian kenali kode belakang yang menyertai kode depan pelat nomor. Berikut daftarnya di tabel:

Kota /KabupatenKode Belakang Contoh Plat 
Kota Bandar LampungA*/B*/C*/Y*BE 1234 AR
Kabupaten Lampung SelatanD*/E*/O*BE 1234 ET
Kabupaten Lampung BaratM*BE 1234 MN
Kabupaten Lampung TimurN*/P*BE 1234 NT
Kabupaten Tulang Bawang BaratQ*BE 1234 QN
Kabupaten PesawaranR*BE 1234 RQ
Kabupaten Tulang BawangS*/T*BE 1234 SR
Kabupaten TanggamusV*/Z*BE 1234 ZK
Kabupaten PringsewuU*BE 1234 UT
Kabupaten Way KananW*BE 1234 WP
Kabupaten Pesisir BaratX*BE 1234 XC
Kota MetroF*BE 1234 FG
Kabupaten Lampung TengahG*/H*/I*BE 1234 GP
Kabupaten Lampung UtaraJ*/K*BE 1234 KI
Kabupaten MesujiL*BE 1234 LN

Cara Cek Plat Nomor BE Secara Online

Cara pengecekan plat nomor BE bisa dilakukan secara online lewat aplikasi cek pajak online. sesudah masuk ke aplikasi tersebut, silahkan masukkan kode plat kendaraan pada kolom yang tersedia, contoh: BE 5432 NU.

Baca Juga :  Pengertian Marketing (Pemasaran)

Kemudian klik tombol “Periksa Sekarang” dan tunggu sistem menampilkan hasil pencarian terkait informasi dari kendaraan. Buat download aplikasinya bisa langsung klik tombol di bawah ini:

Tips: Kalian harus daftar ke Terabox.com dulu buat bisa download aplikasinya!

Sekian informasi lengkap tentang plat BE dari daerah mana yang bisa guruakuntansi.co.id sampein pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

Plat nomor lainnya: