Plat BH Daerah Mana? Info Lengkap Kode Plat Nomor Kendaraan

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Plat BH daerah mana jadi salah satu pertanyaan yang mungkin menjadi pertimbangan utama bagi pengguna kendaraan sebagai akses utama buat mengetahui dari mana administrasi kendaraan tersebut berasal dan apa aja yang mesti dilengkapi.

Satu hal yang gak bisa dipungkiri adalah keberadaan plat nomor merupakan salah satu kriteria umum yang melekat pada setiap kendaraan. Setiap kendaraan tentunya punya plat nomor yang berbeda buat ngasih satu aspek karakteristik berkendara.

Adanya akses full service sebagai mediasi penting dalam berkendara di lalu lintas menjadi salah satu alasan utama mengapa setiap kendaraan mesti punya plat nomor yang berbeda. Dan itu juga yang menjadi asal mula pertanyaan lempeng BH daerah mana?

Pertanyaan mengenai hal ini tentunya banyak dilontarkan oleh banyak orang sebagai salah satu akses layanan yang bisa ngasih panduan awal buat beberapa kepentingan. Bahkan, itu bakal menjadi salah satu alasan utama yang bisa ngasih akses ke bukti administrasi terbaik.

Pertanyaan ini tentunya menjadi dasar utama dari banyak jawaban sebagai salah satu bentuk wilayah Indonesia yang punya banyak wilayah pemetaan. Sehingga tentunya ngasih spesifikasi yang sangat banyak dan tentunya plat nomor yang beragam.

Maka gak heran kalo kualitas penggunaan dan pelayanan mengenai keberadaan plat nomor seringkali gak sepenuhnya diketahui oleh banyak orang. Terutama plat BH!

Berikut penjelasan singkat asal usul plat nomor dan salah satu alasan penting buat diketahui sebagai mediasi awal bagi semua pihak buat mengetahui aspek tersebut.

Mengenal Sejarah Ditetapkannya Plat Nomor di Indonesia

Sejarah pemasangan plat nomor di Indonesia dimulai ketika pasukan Inggris pertama kali merebut Batavia dari pasukan Belanda pada tahun 1811, dimana saat itu Inggris mengirimkan sekitar 15.600 pasukan yang terdiri dari 26 batalyon dengan 150 kapal perang.

Setiap batalyon diberi kode huruf A – Z. sesudah menaklukkan Batavia, Inggris menerapkan peraturan mengemudi, yaitu menempelkan plakat yang ditandai dengan huruf “B” dan angka 5 angka serta diakhiri dengan huruf “A/C” pada setiap kuda -kereta ditarik.

Huruf “B” di awal plakat berarti pasukan dari Batalyon A berhasil menaklukkan Batavia, begitu juga buat daerah lain diterapkan hal yang sama, kayak Surabaya memakai huruf L karena ditaklukkan oleh Batalyon L .

Di akhir plakat berarti Lampiran (tambahan), huruf “C” berarti Kargo buat kereta kuda khusus buat pengangkutan barang. Aturan ini berlanjut pada tahun 1816 meskipun wilayah Hindia Belanda udah kembali ke tangan Belanda lagi

Bahkan aturan tersebut diterapkan di berbagai wilayah di pulau lain. Karena itulah plat nomor kendaraan udah dipasang di Indonesia sampe sekarang.

Sebenarnya Plat BH dari Daerah Mana?

Plat BH Daerah Mana

Sesudah mengetahui ulasan sebelumnya, kini tentunya kamu semakin paham tentang fungsi plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia.

Saat kamu sedang berkendara, terkadang kamu nemuin plat nomor kendaraan yang terlihat asing, misalnya plat nomor kendaraan yang punya kode huruf awalan BH

Mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak kabupaten dan kota, maka bakal sangat sulit buat menghafal setiap kode plat nomor yang ada di Indonesia. jadi bagian plat BH yang mana?

Ternyata kode plat BH tersebut merupakan kode plat kendaraan yang dipakai di Provinsi Jambi dan beberapa kabupaten lain di Provinsi Jambi yaitu :

  • Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Batanghari
  • Kecamatan Tebo
  • Kabupaten Kerinci
  • Kabupaten Tanjung Jabung Barat
  • Kecamatan Merang.
  • Kabupaten Muaro Jambi
  • Kabupaten Bungo
  • Kota Sungai Penuh
  • Kecamatan Sarolangun
Baca Juga :  Pengertian Marketing (Pemasaran)

Kumpulan Kode Plat Kendaraan “BH”

Berikut daftar kabupaten dan kota di Provinsi Jambi beserta kode plat nomor belakangnya:

Nama Kota / KabupatenKode Plat Nomor Belakang
Kota JambiA/M/ L / N / Q / Y
Kabupaten KerinciD
Kota Sungai PenuhR
Kabupaten BatanghariB
Kabupaten BungoK / U
Kabupaten SarolangunS
Kabupaten Jabung TimurT
Kabupaten Jabung BaratE
Kabupaten TeboC / W
Kabupaten MeranginF / P

Sesuai dengan peraturan pemerintah di Indonesia, kode plat ini wajib dipasang pada bagian depan dan belakang kendaraan bermotor saat lalu lintas di jalan raya.

Jenis-jenis Plat Nomor Kendaraan di Indonesia Sesuai Warna

Di Indonesia plat nomor kendaraan dibedakan berdasarkan warna tulisan dan warna dasar plat, masing-masing warna punya arti tersendiri sebagai berikut : Plat nomor kendaraan di Indonesia dibedakan berdasarkan warna plat dan warna platnya. menulis.

  • Plat dengan warna hitam dan tulisan putih, berarti kendaraan pribadi
  • Piring dengan warna kuning dan warna tulisan hitam berarti angkutan umum.
  • Plat dengan warna merah dan tulisan warna putih, artinya kendaraan pemerintah.
  • Plat dengan warna putih dan tulisan biru berarti kendaraan Korps Diplomatik dari negara asing.
  • Plat dengan warna putih dan tulisan hitam berarti kendaraan milik negara asing di Indonesia.
  • Plat dengan warna putih dan tulisan merah berarti kendaraan tersebut belum memperoleh STNK.
  • Plat dengan tulisan berwarna hitam putih terdiri dari 5 angka dan tercetak kode angka negara berarti kendaraan korps diplomatik negara asing.
  • Plat nomor dengan warna dasar hijau dan tulisan hitam, berarti kendaraan yang beroperasi di zona perdagangan bebas, yang punya fasilitas bebas masuk.
  • piring dengan warna dasar hijau dan tulisan hitam. adalah kendaraan di kawasan perdagangan bebas yang udah memperoleh fasilitas bebas bea masuk.
Baca Juga :  Pengertian Kapitalisme Dalam Ekonomi

Kenapa Kita Harus Tahu Plat BH Daerah Mana?

Ada beberapa alasan penting yang tentunya menjadi salah satu konsep awal mengenai beberapa hal yang berkaitan langsung dengan perbedaan kode plat nomor. Terutama penggunaan plat nomor dengan kode BH.

Alasan pertama tentunya buat mengetahui beberapa hal yang berkaitan langsung dengan jual beli kendaraan di berbagai daerah. Hal ini penting buat menjadi akses utama yang bisa ngasih kemudahan dan tentunya pengaruh yang lebih luas.

Pertimbangan beberapa hal yang berhubungan langsung dengan plat nomor tersebut tentunya mesti diketahui sebagai salah satu alasan buat membuktikan sistem administrasi pada kendaraan tersebut benar-benar orisinil dan orisinil.

Kayak diketahui, banyak penipuan yang bisa dilakukan lewat pemalsuan plat nomor sebagai salah satu modus utama plagiarisme dan penipuan, hal ini tentu menjadi alasan penting kenapa plat BH di daerah mana mesti diketahui.

Alasan kedua tentunya berasal dari beberapa hal yang berkaitan langsung dengan pengecekan keaslian kendaraan, baik itu motor atau mobil, misalnya dengan mengecek kondisi pajak mobil atau motor yang udah sampe di tempat. waktu pembayaran atau gak.

Semua aspek yang termasuk dalam ruang lingkup pertanyaan tentang pelt BH daerah mana yang tentu bisa ngasih satu akses utama karena berbagai alasan dan keterlibatan yang mesti dipertimbangkan lebih lanjut.

Download Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online

Pengen tau berapa biaya pajak yang harus dibayarkan buat kendaraan motor atau mobil kamu? Pajak kendaraan bermotor untuk setiap wilayah pasti berbeda-beda ya. Jadi silahkan kamu cek sendiri lewat aplikasinya yang bisa di download lewat link di bawah ini.

Tips: Untuk mendownload aplikasinya, kamu wajib login atau daftar dan membuat akun Terabox dulu ya! Daftarnya gratis kok.

Artikel lainnya: