Plat DA Daerah Mana? Disini Cek Kode Wilayah Kendaraan Online

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Plat nomor adalah identitas kendaraan bermotor yang menunjukkan kode area kendaraan kayak plat DA. Mungkin sebagian dari kalian penasaran daerah mana aja yang memakai plat DA ini. Namun sebelum tau kode plat ini, admin kasih informasi mengenai plat nomor tersebut.

Plat nomor merupakan komponen yang wajib dipasang pada setiap kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Bahannya terbuat dari plat logam yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan.

Plat nomor berisi kode area, kode nomor kendaraan, dan tanggal kadaluwarsa pajak kendaraan. Selain itu, plat nomor kendaraan juga menjadi bukti bahwa kendaraan tersebut udah mendapat izin beroperasi dan dipakai di jalan raya.

Dikutip dari laman resmi samsatkeliling.info pada plat nomor kendaraan, biasanya terdapat huruf di awalan nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan tersebut.

Selanjutnya adalah kode khusus buat daerah dimana di kabupaten/provinsi kendaraan tersebut berada. Dan yang terakhir angkat kode di plat nomor.

Daftar Isi :

Kode Plat DA dari Daerah Mana?

Plat DA Daerah Mana

Kode Plat DA adalah kode plat kendaraan yang berasal dari wilayah Kalimantan Selatan antara lain Banjarbaru, Banjarmasin, Banjar, Tanah Laut, Tapin, Tanah Bumbu, Tabalong, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Barito Kuala, dan Balangan.

Setiap rangkaian huruf di awal kode plat nomor menunjukkan daerah atau domisili kendaraan saat dinyalakan. Biasanya terdiri dari satu sampe dua huruf aja.

Kode area ini bisa mencakup beberapa wilayah atau kota. Bisa jadi satu kode plat nomor ditujukan buat 3 sampe 4 kota. buat plat nomor dengan kode wilayah “DA” yaitu wilayah Kalimantan Selatan.

Baca Juga :  Plat K Daerah Mana? Berikut Daftar Wilayah Kode Kendaraan

Setiap Kota dan Kabupaten di suatu daerah punya kode huruf terakhir yang berbeda. Di bawah ini adalah kode di belakang plat DA buat wilayah Kalimantan Selatan.

Asal Kota/KabKode Huruf BelakangContoh
Kota BanjarbaruP/RDA 1234 PN
Kota BanjarmasinA/C/I/J/N/O/S/T/V/W/XDA 1234 AV
Kab. BalanganYDA 1234 YU
Kab. BanjarB/QDA 1234 BC
Kab. Barito KualaMDA 1234 MX
Kab. Hulu Sungai SelatanDDA 1234 DI
Kab. Hulu Sungai TengahEDA 1234 EN
Kab. Huli Sungai UtaraFDA 1234 FG
Kab. Kota BaruGDA 1234 GZ
Kab. TabalongH/UDA 1234 HI
Kab. Tanah BumbuZDA 1234 ZT
Kab. Tanah LautLDA 1234 LH
Kab. TapinKDA 1234 KP

Cara Cek Kendaraan Online Lewat Aplikasi Android

Untuk tau informasi kendaraan secara lengkap, kalian bisa memakai Aplikasi Cek Pajak Online. Selain informasi pajak, aplikasi ini juga membantu kalian tau tarif pajak kendaraan cuma dengan memasukkan nomor plat kendaraan.

Semua informasi yang ditampilkan pada Aplikasi Cek Pajak Online ini bersumber dari data pemerintah provinsi, karena Aplikasi Cek Pajak Online ini terhubung langsung dengan layanan e-samsat setiap daerah di Indonesia.

Kalian bisa dapetin Aplikasi Cek Pajak Online ini secara gratis dengan mengunduhnya lewat tombol berikut.

Tips: Kalian harus daftar ke Terabox.com dulu buat bisa download aplikasinya!

Kesimpulan

Kendaraan bermotor asal Kalimantan Selatan punya kode plat tersendiri kayak yang udah dijelaskan pada artikel di atas. Letak Kalimantan Selatan berada di bagian selatan pulau Kalimantan. Dimana, bagian utara berbatasan dengan Kalimantan Timur.

Selain itu, di bagian barat kawasan ini berbatasan dengan Kalimantan Tengah, Laut Jawa (bagian selatan) dan Selat Makassar (bagian timur).

Baca Juga :  Pengertian Merek (Brand), Tingkatan, Kompetisi & Reputasi

Berdasarkan informasi yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan diketahui jumlah penduduk laki-laki dan perempuan pada tahun 2021 sebanyak 4.122.576 jiwa. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2020).

Karena belum adanya data jumlah kendaraan bermotor tahun 2021 dari BPS, diketahui jumlah kendaraan bermotor tahun 2017 di Kalimantan Selatan sebanyak 278.994 unit mobil penumpang, 138.268 unit bus, 280.868 unit mobil barang, dan 2.256.937 unit sepeda motor.

Plat nomor lainnya: