Plat DC Daerah Mana? Cek Informasi Kode Wilayah Kendaraan

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Plat DC Daerah Mana? Plat DC adalah salah satu kode plat nomor di Indonesia. Kode pelat punya arti dalam mengidentifikasi kendaraan bermotor. Dilansir dari berbagai sumber, pelat nomor kendaraan merupakan perangkat penting dalam kendaraan bermotor.

Pelat dipakai sebagai identitas kendaraan. Plat nomor berisi kombinasi huruf dan angka. Surat biasanya dipakai buat mengidentifikasi asal kendaraan. Plat nomor juga menjadi bukti bahwa pemilik udah membayar pajak. Pajak kendaraan biasanya tercantum dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Plat nomor DC adalah salah satu kode buat menunjukkan asal kendaraan bermotor. Berikut ulasannya.

Asal Plat DC dari Daerah Mana?

Plat DC Daerah Mana

Plat kendaraan yang tersusun dari gabungan huruf dan angka punya arti sebagai berikut

  • Kode pertama berupa huruf yang dipakai sebagai daerah asal yang mengatur beberapa kota dan kabupaten
  • Kode kedua adalah nomor yang dipakai sebagai nomor urut kepolisian
  • Kode terakhir berupa huruf yang dipakai sebagai asal daerah, antara lain Kota dan Kabupaten

Kode huruf di belakang setiap Kabupaten Sulawesi Barat punya kode huruf yang berbeda-beda sebagai petunjuk asal daerah sebagai berikut

Wilayah Sulawesi BaratKode Huruf BelakangContoh
Mamuju Kab.ADC 1111 A
Mamuju Utara Kab.EDC 1111 ES
Polewali Mandar Kab.CDC 1111 CAN
Majene Kab.BDC 1111 BJT
Masama Kab.DDC 1111 D

Kode huruf belakang yang dipasang pada setiap kendaraan punya jumlah huruf mulai dari 1 sampe 3 huruf, namun perlahan akan diubah menjadi sama dengan angka tiga huruf.

Aturan baru tersebut dipakai buat membuat identitas kendaraan lebih lengkap dengan arti setiap digit sebagai berikut dan juga akan disertai dengan contoh plat DC 3 digit belakang.

  • Huruf pertama kode daerah asal Kabupaten di wilayah Sulawesi Barat, huruf C kode daerah Polewali Mandar
  • Huruf kedua merupakan kode kelas dan jenis kendaraan namun tetap diberlakukan buat kendaraan roda empat dan lebih, huruf A merupakan kode jenis kendaraan sedan
  • Huruf terakhir adalah kode pembeda yang dipakai buat membedakan setiap kendaraan dan disusun dalam pola tersendiri, huruf N sebagai kode pembeda
Baca Juga :  Pengertian Merger

Cara Cek Plat DC Lewat Aplikasi Online

Siapa pun bisa menemukan informasi tentang DC atau kendaraan plat lainnya dengan gampang cuma dengan Aplikasi Cek Pajak Online. Dengan aplikasi ini akan membantu kalian dapetin informasi pajak tahunan beserta detail pajak 5 tahun.

Cara pakainya, cukup download aplikasinya terlebih dahulu dan cuma perlu menuliskan nomor plat DC biar muncul hasil pencarian. Buat bisa dapetin hasil pencarian kayak diatas, download terlebih dahulu Aplikasi Cek Pajak Online dibawah ini:

Tips: Kalian harus daftar ke Terabox.com dulu buat bisa download aplikasinya!

Sekian iformasi tentang Plat DC Daerah Mana yang bisa guruakuntansi.co.id bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

Plat nomor lainnya: