Plat DD Daerah Mana? Berikut Informasi Kode Plat Kendaraan

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Pernahkah kalian ngeliat kendaraan dengan kode plat DD? Apakah kalian tahu plat DD ini asal daerah mana? kalo gak tau, admin akan memberikan informasinya. Namun sebelum itu, ketahuilah terlebih dahulu mengenai plat nomornya.

Plat nomor merupakan identitas kendaraan bermotor yang wajib dipasangkan, baik itu mobil maupun motor. Ini adalah sepotong plat logam atau plastik yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan.

Plat nomornya sendiri udah ditentukan oleh pihak Samsat, jadi kalian gak bisa sembarangan memakai plat nomor tersebut. Nomor polisi kendaraan juga menjadi bukti bahwa kendaraan tersebut udah mendapat izin buat beroperasi dan dipakai di jalan raya.

Dilansir dari berbagai sumber pada plat nomor kendaraan, biasanya terdapat huruf di awalan nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan tersebut.

Selanjutnya adalah kode khusus buat daerah dimana di kabupaten/provinsi kendaraan tersebut berada. Dan yang terakhir angkat kode di plat nomor.

Daftar Isi :

Kode Plat DD Asal Daerah Mana?

Plat DD Daerah Mana

Plat DD adalah plat yang dipakai oleh kendaraan di Sulawesi bagian selatan yang meliputi Makassar, Bantaeng, Bulukumba, Gowa, Janeponto, Maros, Kepulauan Pangkajene, Selayar dan Takalar.

Bagi kalian yang ingin mengetahui Kode di Balik Setiap Kota/Kabupaten di Sulawesi Selatan Bagian Selatan, kalian bisa ngeliat Daftar Kode Di Balik Plat DD berikut ini.

Asal Kota/KabKode Huruf BelakangContoh
Kota MakassarA/KDD 5432 AN
Kab. BantaengFDD 5432 FE
Kab. BulukumbaHDD 5432 HR
Kab. GowaB/LDD 5432 BI
Kab. JenepontoGDD 5432 GI
Kab. MarosDDD 5432 DE
Kab. Pangkajene KepulauanEDD 5432 ES
Kab. SelayarJDD 5432 JG
Kab. TakalarCDD 5432 CI

Cara Cek Informasi Kendaraan Secara Online

Kalo kalian ingin mencari informasi kendaraan berdasarkan nomor platnya, kalian bisa melakukannya lewat Aplikasi Cek Pajak Online.

Baca Juga :  Plat H Daerah Mana? Yuk Cari Tahu Informasinya Secara Lengkap

Aplikasi Cek Pajak Online akan membantu kalian menemukan informasi kendaraan yang lengkap dan sesuai dengan data pemerintah provinsi, karena aplikasi ini terhubung dengan e-samsat seluruh wilayah di Indonesia.

Kalian bisa mengunduh aplikasi Cek Pajak Online secara gratis lewat tombol di bawah ini.

Tips: Kalian harus daftar ke Terabox.com dulu buat bisa download aplikasinya!

Kesimpulan

Dengan ngeliat daftar plat nomor kendaraan bermotor yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan bagian selatan. Provinsi ini beribu kota Makassar yang berada di sebelah timur Kab. Maros, utara Kab. Pangkep, sebelah barat Selat Makassar, dan sebelah selatan Kab. Gowa.

Berdasarkan data BPS Provinsi Sulawesi Selatan diketahui bahwa pada tahun 2020 jumlah penduduk di kota atau kabupaten tersebut di atas sebagian besar berada di Kota Makassar yaitu 1.545.373 jiwa.

Sementara itu, jumlah penduduk Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2020 sebanyak 8.928.004 jiwa. Berdasarkan informasi yang diperoleh, jumlah kendaraan bermotor di Kota Makassar pada tahun 2020 sekitar 2 juta unit.

Plat nomor lainnya: