Plat DE Daerah Mana? Cek Informasi Kendaraan Secara Online

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Saat kalian berada di jalan raya dan ngeliat kendaraan dengan plat nomor yang gak dikenal kayak plat DE, kalian mungkin bertanya-tanya. Plat DE daerah mana? Plat nomor bukan sembarang angka.

Namun, ada beberapa informasi mengenai asal kendaraan bermotor tersebut dan tentunya kapan pemilik kendaraan tersebut mesti membayar pajak. Pada pelat nomor kendaraan terdapat huruf di awal nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan.

Kode awalan atau huruf dipakai buat menentukan daerah. Berikutnya adalah kode area tertentu di mana kabupaten/provinsi tempat kendaraan tersebut berada. Dan terakhir kode nomor di plat nomor.

Buat kalian yang pernah menjumpai plat nomor DE dan penasaran kode tersebut mencakup area mana aja, berikut informasinya.

Informasi Plat DE Asal Daerah Mana?

Plat DE Daerah Mana

Plat DE adalah plat nomor kendaraan yang terdaftar di Polda Maluku yang meliputi Ambon, Buru, Tual, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Timur, dan Seram Barat.

Untuk mengetahui Kota/Kabupaten asal kendaraan di wilayah Maluku, lihat Daftar Kode Huruf Di Balik Plat DE dibawah ini.

Asal Kota/KabupatenKode Huruf BelakangContoh
Kota AmbonADE 5432 AS
Kota TualTDE 5432 TR
Kab. BuruDDE 5432 DT
Kab. Buru SelatanFDE 5432 FT
Kab. Kepulauan AruNDE 5432 NH
Kab. Maluku Barat DayaKDE 5432 KL
Kab. Maluku TengahBDE 5432 BN
Kab. Maluku TenggaraEDE 5432 EP
Kab. Mlauku Tenggara BaratJDE 5432 JK
Kab. Seram Bagian BaratODE 5432 OP
Kab. Sseram Bgaian TimurLDE 5432 LG

Mengenal Wilayah Maluku

Provinsi Maluku berbatasan dengan Laut Seram di utara, Laut Arafura dan Samudera Hindia di selatan, Sulawesi di barat, dan Papua di timur. Provinsi Maluku terbagi menjadi 2 kota dan 9 kabupaten.

Baca Juga :  Passing Grade UPN Veteran-Jakarta 2020/2021 : Fakultas

Dalam data terakhir ERI Korlantas Polri diketahui jumlah kendaraan bermotor di kawasan plat DE yang admin sebutkan di atas adalah 338.585 unit.

Jumlah tersebut terdiri dari mobil penumpang 26.104 unit, bus 468 unit, minibus 14.161 unit, sepeda motor 297.711 unit, dan kendaraan khusus 141 unit.

Sedangkan menurut data BPS, jumlah kendaraan bermotor pada tahun 2021 di Provinsi Maluku sebanyak 350.211 unit atau sekitar 0,24% dari total jumlah kendaraan di Indonesia yang tercatat oleh BPS.

Cek Kendaraan Lewat Aplikasi Secara Online

Informasi kendaraan roda dua atau empat bisa diperoleh secara online memakai Aplikasi Cek Pajak Online. Aplikasi Cek Pajak Online merupakan aplikasi yang dipakai buat nyari informasi kendaraan secara lengkap. Informasi yang diberikan sesuai dengan data pemerintah provinsi.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa dipakai oleh kendaraan bernomor polisi manapun asalkan terdaftar di kepolisian setempat, dan aplikasi ini terhubung dengan seluruh layanan E-Samsat daerah di Indonesia.

Kalian bisa mengunduh Aplikasi Cek Pajak Online gratis dengan mengklik tombol Unduh di bawah ini.

Tips: Silahkan kalian download aplikasinya dengan cara login / daftar di Terabox.com!

Sekian pembahasan seputar plat DE berasal dari daerah mana serta spesifikasi terkait plat nomor kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

Plat nomor lainnya: