Plat DG Daerah Mana? Cek Informasi Kendaraan Secara Online

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Mencari informasi mengenai plat nomor DG daerah mana? admin bakal membahasnya di artikel ini! Plat nomor merupakan ciri khas yang wajib dimiliki oleh semua kendaraan bermotor.

Fungsinya sebagai identitas kendaraan. Plat nomor berisi kombinasi huruf dan angka. Surat biasanya dipakai buat mengidentifikasi asal kendaraan. Nah buat kalian yang penasaran darimana asal plat DG, berikut ulasannya.

Asal Wilayah Plat DG Dari Daerah Mana?

Plat DG Daerah Mana

Kode plat wilayah Maluku terbagi menjadi 2, yaitu plat wilayah Maluku, dan plat wilayah Maluku Utara. Plat Maluku udah dibahas pada artikel sebelumnya, dan plat Maluku Utara bakal dibahas pada artikel ini.

Plat DG adalah plat nomor kendaraan yang berasal dari wilayah Maluku Utara, antara lain Ternate, Kepulauan Tidoe, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Utara, Kepulauan Sula, dan Pulau Morotai.

Pada pelat nomor tersebut terdapat kode huruf dan angka yang menunjukkan daerah asal kendaraan tersebut. Untuk mengetahui asal usul kendaraan plat nomor DG Kota/Kabupaten bisa dilihat dari kode di belakang huruf pada tabel berikut.

Asal Kota/KabupatenKode Huruf BelakangContoh
Kota TernateADG 5432 AF
Kota Tidore KepulauanBDG 5432 BL
Kab. Halmahera BaratMDG 5432 MT
Kab. Halmahera SelatanKDG 5432 KP
Kab. Kepulauan SulaEDG 5432 EB
Kab. Halmahera TengahLDG 5432 LR
Kab. Halmahera TimurDDG 5432 DT
Kab. Halmahera UtaraNDG 5432 NV
Kab. Pulau MorotaiUDG 5432 UE

Mengenal Wilayah Maluku Utara

Kesembilan wilayah yang disebutkan pada tabel di atas berada di Provinsi Maluku Utara, yang kendaraan bermotor aslinya memakai kode plat nomor DG. Maluku Utara terletak di sebelah timur Indonesia yang beribukota di Ternate.

Baca Juga :  MoU (Memorandum of Understanding)

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), diketahui jumlah kendaraan bermotor tahun 2021 di Maluku Utara sebanyak 20.954 unit mobil penumpang, 135 unit bus, 12.680 unit truk, 270.566 unit sepeda motor.

Jumlah kendaraan bermotor yang tercatat dalam data BPS tahun 2021 cuma berkisar 0,21% dari jumlah kendaraan bermotor di Indonesia pada tahun 2021.

Sedangkan menurut data ERI dari Korlantas Polri, jumlah kendaraan bermotor Maluku Utara sebanyak 315.510 unit. Dalam data ERI, jenis kendaraan bermotor yang tercatat antara lain mobil penumpang, bus, minibus, sepeda motor, dan kendaraan khusus.

Cara Cek Kendaraan Plat DG Online

Untuk mengetahui informasi kendaraan gak cuma lewat BPKB dan STNK aja, namun bisa dicari secara online lewat Aplikasi Cek Pajak Online.

Aplikasi ini membantu kalian nemuin informasi lengkap kendaraan, antara lain nama pemilik, alamat pemilik, identitas fisik kendaraan, dan tarif pajak.

Informasi yang diberikan dalam aplikasi ini sesuai dengan data pemerintah, dan aplikasi ini bisa dipakai oleh semua kendaraan dengan plat nomor Indonesia terdaftar di kepolisian.

Hal ini dikarenakan Aplikasi Cek Pajak Online terkoneksi dengan layanan E-Samsat di seluruh wilayah di Indonesia.

Tips: Silahkan kalian download aplikasinya dengan cara login / daftar di Terabox.com!

Sekian pembahasan seputar plat DG berasal dari daerah mana serta spesifikasi terkait plat nomor kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

Plat nomor lainnya: