Plat DL Daerah Mana? Cek Informasi Kode Kendaraan Disini

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Ketika kalian berada di jalan dan nemuin kendaraan dengan plat DL, kalian mungkin bertanya-tanya, plat DL merupakan kode asal daerah mana?

Plat nomor merupakan identitas kendaraan bermotor. Plat nomor adalah komponen yang melekat pada kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil pada sisi depan dan belakang.

Plat nomor berisi rangkaian angka dan huruf dengan kode tertentu. Dikutip dari laman resmi samsatkeliling.info pada plat nomor kendaraan, biasanya terdapat huruf di awalan nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan.

Selanjutnya adalah kode khusus buat daerah dimana di kabupaten/provinsi kendaraan tersebut berada. Dan terakhir kode nomor di plat nomor. buat kalian yang udah ngeliat plat nomor DL dan penasaran kode tersebut mencakup area mana aja, berikut informasinya.

Informasi Plat DL Asal Daerah Mana?

Plat DL Daerah Mana

Plat DL merupakan plat nomor kendaraan yang berasal dari wilayah Sulawesi Utara (Nusantara) yang meliputi Kab. Kepulauan Sangihe, Kab. Kepulauan Sitaro, dan Kab. Kepulauan Talaud.

Wilayah Sulawesi Utara terbagi menjadi 2 bagian, yaitu daratan dan kepulauan. kalo pada artikel sebelumnya kita udah membahas kode lempeng buat wilayah Daratan Sulawesi Utara, artikel ini bakal membahas tentang kode lempeng kepulauan Sulawesi Utara.

Di wilayah Sulawesi Utara (Nusantara) terdiri dari 3 kabupaten yang punya kode huruf belakang berbeda, sebagai berikut: Daftar Kode Belakang Plat DL Sulawesi Utara (Nusantara).

Asal Kota/KabKode Huruf BelakangContoh
Kab. Kepulauan SangiheADL 5432 AC
Kab. Kepulauan SitaroCDL 5432 CF
Kab. Kepulauan TalaudBDL 5432 BL

Mengenal Lebih Jauh Tentang Wilayah Sulawesi Utara

Pada artikel sebelumnya udah dibahas plat nomor kendaraan bermotor dari zona lain di Sulawesi Utara, sehingga pembahasan diatas udah ngasih informasi daerah asal kendaraan plat DL tersebut.

Baca Juga :  Passing Grade UNIMED 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Pada tabel di atas udah disebutkan bahwa cuma ada 3 daerah yang memakai plat nomor kendaraan dengan kode DL. Menurut data BPS Prov. Sulawesi Utara pada tahun 2021, diantara 3 pulau tersebut Kepulauan Sangihe punya jumlah penduduk yang besar yaitu 139.684 jiwa.

Sedangkan populasi terendah berada di Kepulauan Sitaro sebanyak 72.135 jiwa. Untuk jumlah kendaraan bermotor di seluruh Provinsi Sulut, menurut data terbaru ERI Korlantas Polri sebanyak 1.018.970 unit.

Kendaraan bermotor yang paling sedikit adalah 395 unit kendaraan khusus, dan 1.468 unit bus.

Cek Informasi Kendaraan Lewat Aplikasi

Perkembangan dunia teknologi, kini buat mengetahui informasi kendaraan bisa dengan gampang memakai Aplikasi Cek Pajak Online. Aplikasi Cek Pajak Online merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan buat memudahkan kalian dalam nyari informasi kendaraan.

Informasi yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak Online meliputi nama pemilik, alamat, jenis kendaraan, nomor mesin, nomor rangka, masa berlaku pajak, dan tarif pajak.

Aplikasi Cek Pajak Online terhubung dengan layanan e-samsat di seluruh Indonesia, sehingga informasi yang diberikan sesuai dengan data pemerintah. Kalian bisa dapetin aplikasi ini secara gratis lewat tombol Download di bawah ini.

    Tips: Silahkan kalian download aplikasinya dengan cara login / daftar di Terabox.com!

    Sekian pembahasa seputar plat DL berasal dari daerah mana serta spesifikasi terkait plat nomor kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

    Plat nomor lainnya: