Plat DM Daerah Mana? Berikut Cara Cek Kendaraan Online

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Informasi mengenai plat DM daerah mana yang dibutuhkan saat ngeliat plat nomor ini karena penasaran dengan daerah asalnya. Mengetahui nomor plat sangat berguna buat mengetahui dari mana pengemudi berasal.

Kayak yang kita tau, plat nomor itu sendiri bukan sekedar angka. Namun, ada beberapa informasi mengenai asal kendaraan bermotor tersebut dan tentunya kapan pemilik kendaraan tersebut mesti membayar pajak.

Dikutip dari laman resmi samsatkeliling.info pada pelat nomor kendaraan, biasanya terdapat huruf di awalan nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan. Kode awalan atau huruf dipakai buat menentukan daerah.

Selanjutnya adalah kode khusus buat daerah dimana di kabupaten/provinsi kendaraan tersebut berada. Dan terakhir kode nomor di plat nomor. buat kalian yang pernah menjumpai DM plat nomor dan penasaran kode tersebut mencakup area mana aja, berikut informasinya.

Informasi Plat DM Asal Daerah Mana?

Plat DM Daerah Mana

Terdapat 34 provinsi di Indonesia, dimana setiap provinsi punya kode plat wilayah yang berbeda. kayak kode plat “DK” buat area Bali, “B” buat kode plat area Jakarta, “AB” buat kode plat area Yogyakarta, dan seterusnya. Lalu, dari mana asal kode plat DM?

Plat DM adalah plat kendaraan yang terdaftar di Polres Gorontalo, Boalemo, Gorontalo Utara, Bone Bolango dan Pohuwato.

Untuk kode huruf di belakang plat DM buat wilayah Gorontalo dan sekitarnya yang menunjukkan asal Kota/Kabupaten kendaraan bisa dilihat pada Daftar Kode Huruf Belakang Plat DM berikut ini.

Asal Kota/KabKode Huruf BelakangContoh
Kota GorontaloADM 5432 AD
Kab. BoalemoCDM 5432 CF
Kab. Bone BolangoEDM 5432 EX
Kab. GorontaloBDM 5432 BS
Kab. Gorontalo UtaraFDM 5432 FA
Kab. PohuwatoDDM 5432 DT

Mengenal Lebih Jauh Tentang Plat DM Wilayah Gorontalo

Di sebelah utara Pulau Sulawesi adalah Provinsi Gorontalo. Di kawasan ini terdapat 5 kabupaten dan 1 kota. Setiap kota dan kabupaten punya kode plat kendaraan bermotor masing-masing, kayak yang udah disebutkan pada tabel di atas.

Baca Juga :  Contoh Surat Undangan

Kota Gorontalo merupakan pusat pemerintahan, sekaligus ibu kota Provinsi Gorontalo. Berdasarkan informasi yang diperoleh, Gorontalo menjadi salah satu daerah yang jumlah kendaraannya paling sedikit pada tahun 2021, yakni 556.860 unit.

Sedangkan jumlah penduduk Provinsi Gorontalo pada tahun 2021 sebanyak 1.180.948 jiwa. Data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. Jumlah penduduk Gorontalo pada tahun 2021 bakal meningkat lebih banyak kalo dibandingkan dengan tahun 2020.

Cara Cek Informasi Kendaraan Online

Kalo kalian pengen mengetahui informasi lengkap sepeda motor atau mobil berdasarkan nomor platnya, kalian bisa memakai Aplikasi Cek Pajak Online.

Salah satu keunggulan Aplikasi Cek Pajak Online adalah informasi yang diberikan sesuai dengan data pemerintah provinsi, karena aplikasi ini terhubung langsung dengan e-samsat seluruh wilayah di Indonesia.

Aplikasi Cek Pajak Online ini sangat gampang dipakai, kalian cuma perlu menginstalnya di handphone kalian kemudian memasukan nomor plat kendaraan. Kalian bisa dapetin Aplikasi Cek Pajak Online ini secara gratis lewat tombol Download dibawah ini.

Tips: Silahkan kalian download aplikasinya dengan cara login / daftar di Terabox.com!

Sekian pembahasan seputar plat DM berasal dari daerah mana serta spesifikasi terkait plat nomor kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

Plat nomor lainnya: