Plat DN Daerah Mana? Yuk Cek Informasi Plat Nomor Kendaraan

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Apakah kalian nyari informasi mengenai kode plat nomor DN dari daerah mana? Plat nomor merupakan komponen yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor.

Fungsinya sendiri sebagai identitas kendaraan bermotor. Berbentuk persegi panjang terbuat dari logam pelat datar dan dipasang di bagian depan dan belakang sepeda motor atau mobil.

Jangan lupa sertakan rangkaian huruf dan angka pada plat nomornya. Kode huruf dan angka ini dipakai sebagai “identitas” kendaraan bermotor.

Selanjutnya adalah kode khusus buat daerah dimana di kabupaten/provinsi kendaraan tersebut berada. Dan yang terakhir angkat kode di plat nomor.

Kode Plat Nomor DN Asal Daerah Mana?

Plat DN Daerah Mana

Plat DN merupakan plat kendaraan yang berasal dari wilayah Sulawesi Tengah antara lain Palu, Banggai, Buol, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali, Morowali Utara, Donggala, Parigi Moutong, Sigi, Poso, Toli – Toli, dan Tojo Una – Una.

Plat nomor kendaraan terdiri dari kode angka dan huruf yang ngasih informasi kendaraan. Gambar berikut menjelaskan fungsi dari kode yang tersusun pada pelat nomor kendaraan.

Sulawesi Tengah terdiri dari beberapa kabupaten dan 1 kota, buat memudahkan kalian tau dari kabupaten mana kendaraan tersebut berasal bisa dilihat pada kode huruf belakang.

Berikut daftar kode huruf belakang plat DN Sulteng.

Asal Kota/KabKode Huruf BelakangContoh
Kota PaluA/V/YDN 5432 AL
Kab. BanggaiC/RDN 5432 CK
Kab. Banggai KepulauanHDN 5432 HR
Kab. Banggai LautQDN 5432 QS
Kab. BuolFDN 5432 FN
Kab. DonggalaBDN 5432 BD
Kab. MorowaliGDN 5432 GZ
Kab. Morowali UtaraUDN 5432 UP
Kab. Parigi MoutongJ/KDN 5432 KG
Kab. PosoEDN 5432 EA
Kab. SigiMDN 5432 MK
Kab. Tojo Una – UnaLDN 5432 LP
Kab. Toli – ToliDDN 5432 DI

Mengenal Wilayah Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah atau Sulawesi Tengah berada di tengah Pulau Sulawesi. Provinsi ini punya 12 kabupaten dan 1 kota.

Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Kerja Bermaterai Terbaru

Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah terletak di Kota Palu. Letak kota Palu berdekatan dengan Kab. Sigi (sisi selatan), Kab. Parigi Moutong (timur), sedangkan di sebelah utara dan barat berbatasan dengan Kab. Donggala.

Berdasarkan data terakhir ERI Korlantas Polri, diketahui jumlah kendaraan di Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 1.228.563 unit. Jumlah tersebut meliputi jenis kendaraan khusus, sepeda motor, bus, mobil penumpang, dan minibus.

Berdasarkan data BPS Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2020 diketahui jumlah penduduk sebanyak 2.985.734 jiwa. Dari data BPS diketahui jumlah penduduk Kota Palu pada tahun 2020 sebesar 12,5% dari total penduduk Prov. Sulawesi Tengah.

Cara Cek Informasi Kendaraan Secara Online

Kalo sebelumnya buat tau informasi kendaraan mesti ngeliat BPKB atau STNK, kini bisa dilakukan secara online. kalian cuma perlu menginstal Aplikasi Cek Pajak Online di ponsel kalian.

Aplikasi Cek Pajak Online adalah aplikasi yang membantu kalian nemuin informasi kendaraan yang lengkap dan terpercaya. Aplikasi Cek Pajak Online terhubung dengan layanan e-samsat setiap daerah di Indonesia sehingga informasi yang diberikan sesuai dengan data pemerintah provinsi.

Informasi yang ditampilkan pada Aplikasi Cek Pajak Online adalah nama pemilik, identitas fisik kendaraan, dan tarif pajak.

Aplikasi ini bakal sangat membantu kalian dalam nyari informasi kendaraan. kalo kalian tertarik buat mencoba Cek Pajak Online, kalian bisa ngedownloadnya secara gratis dengan mengklik tombol berikut.

Tips: Kalian harus daftar ke Terabox.com dulu buat bisa download aplikasinya!

Sekian iformasi tentang Plat DN Daerah Mana yang bisa guruakuntansi.co.id bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

Plat nomor lainnya: