Plat DT Daerah Mana? Yuk Cek Informasi Kode Selengkapnya

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Cari informasi plat nomor DT dari daerah mana? Berikut ulasannya buat kalian. Kayak yang kita tau, mengetahui plat nomor kendaraan sangat diperlukan biar bisa mengetahui identitas kendaraan bermotor dan dari mana asal kendaraan tersebut.

Plat nomor adalah komponen yang melekat pada kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil pada sisi depan dan belakang. Plat nomor sendiri punya huruf di awal nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan.

Iya, surat itu adalah kode khusus daerah tempat kendaraan berada di kabupaten/provinsi. Dan terakhir kode nomor di plat nomor. Bagi kalian yang menjumpai plat nomor “DT” di jalan raya dan penasaran dengan area mana aja yang tercakup dalam kode tersebut.

Berikut informasinya buat kalian.

Informasi Plat DT Asal Daerah Mana?

Plat DT Daerah Mana

Plat nomor tiap kendaraan berbeda-beda, karena disesuaikan dengan daerah asal dan nomor urut STNK. kayak di wilayah Sulawesi Tenggara yang terdiri dari satu kota dan beberapa kabupaten, masing-masing punya kode plat tersendiri.

Plat DT adalah plat nomor kendaraan yang terdaftar di Polda Sulawesi Tenggara antara lain Kendari, Bombana, Buton, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Wakatobi dan Muna.

Untuk mengetahui kode huruf terakhir di wilayah Sulawesi Tenggara bisa dilihat pada Daftar Kode Huruf Belakang Plat DT dibawah ini.

Asal Kota/KabupatenKode Huruf BelakangContoh
Kota KendariEDT 5432 ER
Kab. BombanaKDT 5432 KJ
Kab. ButonGDT 5432 GI
Kab. Buton UtaraFDT 5432 FT
Kab. KolakaJDT 5432 JY
Kab. Kolaka UtaraBDT 5432 BX
Kab. KonaweADT 5432 AL
Kab. Konawe SelatanHDT 5432 HF
Kab. Konawe UtaraMDT 5432 MK
Kab. MunaDDT 5432 DZ
Kab. WakatobiCDT 5432 CI

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara (Sultra) berada di bagian tenggara Pulau Sulawesi. Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan berada di Kota Kendari.

Baca Juga :  Plat N Daerah Mana? Lihat Informasinya Disini & Cara Cek Online

Letak Kota Kendari bagian utara berbatasan dengan Kab. Konawe, selatan dan barat berbatasan dengan Kab. Konawe Selatan, dan bagian timur berbatasan dengan Laut Kendari.

Melalui data terakhir ERI Korlantas Polri, jumlah kendaraan bermotor di Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 1.015.976 unit. buat data dengan unit terbanyak yaitu kendaraan jenis sepeda motor yaitu 792.400 unit.

Sedangkan pada data BPS Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2019, jumlah kendaraan bermotor di Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 793.939 unit.

Pada tahun 2019, Kota Kendari punya jumlah kendaraan bermotor terbanyak kalo dibandingkan dengan kota atau kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Cara Cek Informasi Kendaraan Online

Setiap kendaraan bermotor yang terdaftar di kepolisian wajib punya plat nomor. Dari plat nomor tersebut kita bisa mengetahui informasi kendaraan dengan gampang. Bagaimana caranya?

Caranya dengan memakai Aplikasi Cek Pajak Online. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa membantu kalian nyari informasi kendaraan secara online cuma dengan memasukan kode plat kendaraan.

Informasi yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak Online ini sesuai dengan data pemerintah provinsi, karena Aplikasi Cek Pajak Online terhubung langsung dengan E-Samsat di seluruh wilayah di Indonesia.

Kalo kalian pengen punya Aplikasi Cek Pajak Online, kalian bisa mengunduhnya secara gratis lewat tombol Download berikut ini.

Tips: Silahkan kalian download aplikasinya dengan cara login / daftar di Terabox.com!

Sekian pembahasa seputar plat DT berasal dari daerah mana serta spesifikasi terkait plat nomor kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

Plat nomor lainnya: