Plat EA Daerah Mana? Yuk Cek Informasi Kode Kendaraan

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Plat EA Daerah Mana? Kode plat nomor kendaraan diberikan oleh pihak berwajib atau kepolisian. Plat nomor wajib dimiliki karena merupakan identitas kepemilikan selain STNK dan BPKB.

Selain itu, plat nomor juga wajib dipakai karena ngasih informasi bahwa mobil tersebut udah mendapat izin buat dipakai secara bebas di jalan raya. Untuk memudahkan identifikasi, kode plat kendaraan di Indonesia dibagi berdasarkan kota tempat diterbitkannya SIM kendaraan tersebut.

Plat nomor kendaraan dinas dimulai dengan huruf yang mewakili kota diikuti dengan kombinasi angka dan kemudian huruf wilayah administrasi tertentu.

Kode Plat EA Asal Daerah Mana?

Plat EA Daerah Mana

Pada pelat nomor tersebut terdapat kode yang menunjukkan daerah, kota dan kabupaten asal kendaraan tersebut. Di bawah ini adalah arti dari setiap kode plat kendaraan.

  • Kode Huruf Depan : buat mengetahui daerah asal kendaraan
  • Kode Huruf Terakhir : Terdapat 2 sampai 3 huruf, dimana huruf I menjelaskan kota & kabupaten asal kendaraan, huruf II ngasih keterangan jenis kendaraan (berlaku buat kendaraan roda empat ke atas), dan huruf III berfungsi sebagai pembeda.
  • Kode Nomor: Kode nomor pada plat adalah nomor polisi kendaraan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, buat kalian yang mau mengetahui kota dan kabupaten asal kendaraan plat EA bisa ngeliatnya pada tabel berikut ini.

Kota/Kabupaten AsalKode Huruf BelakangContoh
Kab. SumbawaAEA 1896 AAB
Kab. Sumbawa BaratHEA 1896 HF
Kab. DompuREA 1896 RJN
Kab. BimaX/YEA 1896 XC
Kota BimaSEA 1896 SQ

Cara Cek Kendaraan Plat EA Lewat Website

  1. Silahkan buka google.com
  2. Ketik alamat URL bappenda.ntbprov.go.id
  3. Pilih menu “Informasi” > “Info PKB”
  4. Kemudian, masukkan nomor plat kendaraan yang mau kalian ketahui informasinya
  5. Klik “info” buat mengetahui informasi data kendaraan
Baca Juga :  Akreditasi UNNES 2020/2021 Lengkap

Cara Cek Info Plat EA Lewat Aplikasi

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, mengetahui info kendaraan merupakan salah satu hal yang penting. buat memudahkan kalian mencari informasi tentang data kendaraan, pajak, bahkan pemilik kendaraan, kalian bisa memakai Aplikasi Cek Plat.

Aplikasi Cek Plat merupakan aplikasi yang bisa diakses secara online, dan bakal ngasih informasi kendaraan sesuai dengan nomor platnya. Selain itu, aplikasi ini juga punya layanan perhitungan pajak kendaraan yang baik dan progresif yang bisa diakses tanpa membayar biaya apapun.

Kalo kalian tertarik, dan mau mencoba Aplikasi Cek Plat ini, kalian bisa mendownloadnya secara gratis cuma dengan menekan tombol Download Aplikasi Cek Plat dibawah ini.

Tips: Kalian harus daftar ke Terabox.com dulu buat bisa download aplikasinya!

Sekian informasi lengkap tentang plat EA dari daerah mana yang bisa guruakuntansi.co.id sampein pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

Plat nomor lainnya: